Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Surabaya > Artikel
Tugu Pahlawan
Khoirul Muslihah
Rabu, 10 November 2021   |   4850 kali

Bangunan berbentuk lingga atau paku terbalik setinggi 41,15m terletak tidak begitu jauh dari KPKNL Surabaya. Monumen bersejarah peristiwa pertempuran terbesar setelah kemerdekaan pada tanggal 10 Nopember 1945 antara arek-arek Suroboyo melawan tentara sekutu bersama Belanda yang hendak menjajah kembali bangsa Indonesia.  Tak kurang 16 ribu arek-arek Suroboyo gugur sebagai pahlawan.

Tugu Pahlawan dibangun bertujuan untuk mengenang perstiwa bersejarah tersebut. Namun tidak hanya untuk dikenang, diperingati  dengan seremonial upacara serta pengibaran bendera, tetapi yang lebih utama untuk selalu menggetarkan jiwa kepahlawanan demi mewujudkan karakter kepahlawanan kepada generasi penerus bangsa.

Karakter kepahlawanan tidak langsung ada dalam diri, melainkan dari hasil proses aktualisasi diri secara bertahap. Dengan kita membaca biografi pahlwan-pahlawan, mengambil nilai-nilai positif dan merefleksikan ke dalam kehidupan kita.

Kondisi yang tidak biasa, tantangan-tantangan yang besar dengan segala keterbatasan,  akan mampu mengantarkan seseorang menjadi besar melalui caranya dia menangani kondisi tersebut.  Hal ini akan menuntun seseorang menemukan karakter pahlawan dalam dirinya, sehingga masing-masing individu dari kita bisa menjadi pahlawan dengan memberikan usaha yang maksimal dalam mengisi kemerdekaan.

Setiap zaman punya tantangan masing-masing, untuk itu setiap zamanpun memiliki pahlawannya masing-masing. Mari melangkah bersama menjadi pahlawan masa kini dari bidang uang kita tekuni, dengan memberikan kontribusi terbaik kepada masyarakat melalui aktifitas bermanfaat untuk Indonesia yang lebih baik. (tes/ft:ir/w)

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Foto Terkait Artikel
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini