Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Singkawang > Berita
KPKNL Singkawang turut hadiri Penerbangan Kalibrasi/Flight Commissioning di Bandar Udara Singkawang
Nita Kurnia Syahasiah
Senin, 29 Januari 2024   |   75 kali

Kepala Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Singkawang, Andri Dwinanto yang didampingi oleh Plt. Kepala Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara (PKN), Andri Dian Prastyawan, turut menghadiri undangan Kegiatan Penerbangan Kalibrasi/Flight Commissioning oleh Balai Besar Kalibrasi Fasilitas Penerbangan (BBKFF) Kementerian Perhubungan dan seremonial penyambutan pendaratan perdana di Bandar Udara Singkawang dalam rangka persiapan operasi minimal. 

Kegiatan yang bertempat di Terminal Penumpang CSR Bandar Udara Singkawang Kelurahan Pangmilang tersebut dilaksanakan pada hari Rabu, 24 Januari 2024. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Pj. Walikota Singkawang Sumastro, Kepala Unit Penyelenggara Bandar Tebelian Sintang Patah Atabri, Ketua Team Leader Pembangunan Bandara Singkawang Tjhai Chui Mie, pengusaha lokal sekaligus donatur Bandara Singkawang Pui Sudarto, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), dan berbagai tokoh masyarakat di wilayah Singkawang, Bengkayang, dan Sambas.

Pembangunan Bandara Singkawang yang sudah dimulai sejak tahun 2019 ini merupakan kerja sama dari beberapa pihak diantaranya oleh pemerintah dan badan usaha (KPBU) dengan Coorporate Social Responsibility (CSR) dari pengusaha lokal. Runway sepanjang 1400 meter x 30 meter, taxiway 200 meter x 18 meter, apron 100 meter x 50 meter dan terminal cargo 312 meter persegi dibangun menggunakan APBN. Sedangkan gedung terminal penumpang seluas 8.000 meter dan perpanjangan runway dari 1.400 meter menjadi 2.000 meter dibangun menggunakan dana dari pengusaha swasta.

Acara dimulai dengan mendaratnya pesawat komersial PK-CAN B200GT Super King Air dari Bandara Supadio yang dipiloti oleh Captain Wirman menuju landasan Bandara Singkawang. Mendaratnya pesawat ini merupakan simbol dan tahap awal dari kesiapan pengoperasian Bandar Udara Singkawang yang diperkirakan akan segera beroperasi pada bulan April 2024. Dilanjutkan dengan kata sambutan dari Ketua Team Leader Pembangunan Bandara Singkawang Tjhai Chui Mie dan beberapa pihak. Setelah itu acara ditutup dengan foto, doa bersama, dan peninjauan ke lapangan.

Foto Terkait Berita
Kontak
Jl. Alianyang No. 02, Singkawang Kalimantan Barat - 79123
(0562) 634803
(0562) 632342
kpknlsingkawang@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini