Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Forum SERASI KPKNL Singkawang Periode Minggu Kedua November 2022
Retno Nur Indah
Senin, 14 November 2022   |   49 kali

Senin (07/11/2022) Serasi, diskusi internal seluruh jajaran di KPKNL Singkawang, diadakan secara luring dengan pemateri Granthis. Pelaksana pada Seksi Piutang Negara KPKNL Singkawang ini menyampaikan materi informatif dengan juudul “8 Kebaikan Kentos Kelapa yang Sayang Dilewatkan”. Kelapa muda memang menjadi favorit makanan sebagian orang karena kesegaran terdapat pada air dan dagingnya yang memang tiada tandingannya. Namun ternyata dalam buah kelapa terdapat bagian yang disebut kentos alias tembong kelapa ternyata memiliki kandungan nutrisi yang baik apabila dikonsumsi. Bagian yang menjadi cikal bakan pembentukan tunas kelapa ini berbentuk bulat dan terletak di dalam daging buah kelapa yang sudah tua. Pemateri dalam penyampaiannya menyampaikan sejumlah kandungan positif yang terdapat di dalam kentos kelapa diantaranya karbohidrat, serat, kalium, mangan, kalsium, fosfor dan magnesium. Selanjutnya disampaikan pula beberapa manfaat bagi tubuh dari mengkonsumsi kentos buah kelapa diantaranya : (1) Membantu menghasilkan energi, (2) Melawan radikal bebas, (3) Menjaga kesehatan jantung, (4) Sebagai makanan alternatif penderita intoleransi laktosa, (5) Membantu melancarkan pencernaan, (6) Mengontrol kadar gula, (7) Meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan (8) Membantu menjaga kesehatan tulang.

Selasa (08/11/2022) Serasi hari kedua diisi dengan penyampaian materi oleh Diajeng Kayana Puspamaya. Pelaksana pada Seksi HI ini menyampaikan materi dengan judul “ASMR”. ASMR atau Autonomous Sensory Meridian Response) adalah sebuah teknik auditori yang bertujuan merangsang sensasi tertentu. ASMR sering dijadikan sebagai ungkapan dari sebuah sensasi spontan seseorang yang dipicu oleh suara tertentu. Pemateri menceritakan awal mula istilah ASMR diciptakan pada tahun 2010 oleh Jeniffer Allen yang membahas kegiatan sehari-hari seperti berbisik, mengunyah makanan/buah-buahan yang renyah, melakukan gerakan tangan seperti mengusap atau mengetuk benda keras, dan masih banyak lagi. Selanjutnya pemateri menyebutkan dan menjelaskan manfaat ASMR diantaranya mampu merilekskan tubuh dan mengatasi problem sulit tidur

Rabu (09/11/2022) hari ketiga pelaksanaan diskusi Serasi Bulan November 2022 diisi dengan penyampaian materi oleh Iwan Zuardi, pelaksana pada Sub Bagian Umum KPKNL Singkawang dengan judul materi “Glossophobia, Penyebab Orang Kesulitan Berbicara di Depan Umum”. Pemateri berujar bahwa rasa grogi maupun gugup sering kali menjadi masalah serius bagi sebagian orang tatkala harus tampil ataupun berbicara didepan umum. Meskipun rasa grogi dan gugup, menurut pemateri, sebenarnya merupakan hal yang lumrah akan tetapi dapat menyebabkan penyampaian pesan kepada khalayak menjadi berantakan dan tidak beraturan, problem ini yang disebut penateri sebagai gejala Glossophobia. Gejalanya seperti : gemetar, detak jantung sangat cepat, pusing, keringat berlebihan, merasa mual, otot tegang, sesak napas, dan sering buang air kecil. Pembahasan kemudian berlanjut ke cara mengatasi Glossophobia, yakni dengan mengelola pikiran-pikiran negatif, dan bisa dengan melakukan atau menjalani psikoterapi yakni dengan meminta saran maupun melakukan sejumlah teknik relaksasi ketika mengalami serangan panik, seperti latihan pernapasan, cara menenangkan diri sebelum berbicara di depan banyak orang, dan sebagainya.

Penulis : Gusti Juliansyah

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini