Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Forum SERASI KPKNL Singkawang Pekan Kedua September 2022
Retno Nur Indah
Senin, 19 September 2022   |   108 kali

Senin (12/09) SERASI, forum diskusi internal yang diikuti oleh seluruh pegawai KPKNL Singkawang, pekan kedua bulan September diisi dengan penyampaian materi oleh Ahmad Taufiq Ramadlan. Pelaksana pada Seksi PKN ini menyampaikan materi mengenai Bahasa Khek.  Bahasa Khek pada dasarnya memang bahasa yang berasal dari daratan China, tetapi ia berbeda dengan bahasa Mandarin, yang menjadi salah satu bahasa internasional walau terdapat kosakata yang terdengar mirip. Pemateri berujar bahwa bahasa Khek saat ini menjadi bahasa yang sehari-hari digunakan oleh warga Tionghoa khususnya yang ada di Kalimantan Barat. Dalam penjelasannya yang dibantu slide presentasi powerpoint, pemateri menyampaikan beberapa kosakata dan percakapan dasar dalam bahasa Khek sebagai pemantik bagi audiens untuk sama-sama mulai memahami Bahasa Khek ini. Pemateri kemudian berujar bahwa penguasaan Bahasa Khek sangat baik dalam menunjang pelayanan optimal oleh pegawai KPKNL Singkawang utamanya mempermudah dalam hal komunikasi kepada stakeholder karena Singkawang adalah kota yang mayoritas dihuni oleh warga Tionghoa yang menggunakan bahasa Khek dalam kesehariannya.

Rabu (14/09) adalah giliran Granthis menjadi pemateri pada forum diskusi SERASI. Pelaksana pada Seksi PN ini menyampaikan materi dengan judul “7 Manfaat Kesehatan Rutin Minum Air Rendaman Buah Nanas Setiap Hari”. Buah nanas dikenal karena rasanya yang lezat dan menyegarkan. Terlebih lagi, nanas juga merupakan buah serbaguna yang dapat dinikmati dengan banyak cara. Selain rasanya yang enak, nanas juga mengandung banyak vitamin dan nutrisi penting yang dibutuhkan bagi kesehatan tubuh. Pemateri menyampaikan bahwa buah nanas dapat diolah menjadi minuman dengan cara direndam buahnya yang apabila diminum dapat memberikan manfaat bagi kesehatan, diantaranya : (1) Membantu menjaga sistem kekebalan tubuh tetap sehat, (2) Mengurangi peradangan pada persendian dan otot, (3) Meningkatkan kesehatan mental, (4) Membantu meningkatkan kekuatan tulang, (5) Mencegah berbagai macam kanker, (6) Memperbaiki pencernaan tubuh, dan (7) Mengobati batuk dan pilek.

Kamis (15/09) SERASI diisi dengan penyampaian materi oleh Ayu Seger Miranda Pamungkas. Pelaksana pada Seksi KI ini menyampaikan materi motivasi dengan judul “Filosofi Jam Dinding”. Pemateri dalam uraian materinya menyampaikan bahwa dalam melakukan setiap hal atau pekerjaan kita pasti akan berusaha untuk meminimalisir kesalahan dan memberikan hal terbaik. Walaupun kita sudah berusaha maksimal namun terkadang tetap saja gagal dan bahkan dianggap sepele dan tidak dihargai. Sikap yang harus kita tunjukkan adalah sikap menerima kritik dan saran dari orang lain sebagai salah satu proses pendewasaan dan perbaikan terus menerus. Maka dikaitakan jam dinding dimana salah satu komponen penting pada jam dinding adalah jarum jam sebagai penunjuk angka yang bekerja secara berputar terus-menerus baik dilihat orang atau tidak, dihargai orang atau tidak, ia tetap berdenting walaupun tak seorangpun mengucapkan terima kasih, ia tetap bekerja. Maka, menurut pemateri, belajar dari filosofi jam dinding kita harus terus bekerja memberikan manfaat yang terbaik bagi lingkungan kita walaupun tak dilihat apalagi dihargai oleh orang lain.

Penulis : Gusti Juliansyah

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini