Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Forum SERASI KPKNL Singkawang Pekan Ketiga November 2021
Retno Nur Indah
Jum'at, 19 November 2021   |   87 kali

SERASI atau Sepekan Informasi dan Inspirasi, sebuah forum diskusi yang diadakan melalui media Zoom pada pagi hari dimulai pukul 08.00 WIB setiap hari kerja di KPKNL Singkawang pada bulan November tahun 2021 memasuki pekan ketiga.

Hari pertama pekan ketiga yang jatuh pada Senin 15 November 2021, diisi dengan SERASI berupa pemaparan materi oleh Eko Budi Haryanto, Kepala Sub Bagian Umum KPKNL Singkawang yang menyampaikan sosialisasi Surat Edaran Menteri Keuangan dengan nomor SE-16/MK.1/2021 tentang Pengusulan Kenaikan Pangkat Bagi Pegawai Negeri Sipil Kementerian Keuangan yang Menunjukkan Prestasi Kerja Luar Biasa Baiknya. Pemateri mengawali pemaparan dengan menyampaikan definisi dan jenis kenaikan pangkat untuk selanjutnya menekankan sekaligus mendorong para pegawai untuk mendapatkan kenaikan pangkat dengan menunjukkan prestasi kerja luar biasa baiknya disamping kenaikan pangkat reguler empat tahunan. Motivasi diberikan karena kenaikan pangkat jenis tersebut memiliki banyak keistimewaan diantaranya tidak mengenal pangkat puncak, dapat diberikan lebih dari satu kali, bisa melampaui pangkat atasan langsung, dan dapat diberikan satu tahun dari pangkat terakhir.

Hari kedua, Selasa 16 November 2021 adalah giliran Regina Ria Karolina mengisi materi SERASI dengan  tema ringan namun berbobot yaitu “Hidup Minimalis Ala Orang Jepang”. Materi yang disampaikan merupakan sari pati dari buku Fumio Sasaki yang diterbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama. Minimalis dalam perspektif penulis, sebagaimana yang disampaikan oleh pemateri, adalah gaya hidup yang berarti kita mengurangi jumlah barang yang dimiliki sampai tingkat minimum. Orang yang minimalis adalah orang yang tahu persis hal-hal apa saja yang bersifat pokok bagi dirinya, dan mengurangi jumlah kepemilikan barang demi memberi ruang bagi hal-hal utama itu.

Hari ketiga, Rabu 17 November 2021 giliran Domas Meida Budianto sebagai pemateri. Kepala Seksi Kepatuhan Internal KPKNL Singkawang ini mengangkat tema informatif “Radiasi Ponsel”. Di tengah gandrungnya penggunaan teknologi di kalangan masyarakat yang salah satunya ditandai dengan aktivitas individu yang tidak pernah lepas dengan penggunaan ponsel, maka perlu diketahui pula potensi bahaya yang mempengaruhi kesehatan bagi penggunanya. Bahaya itu datang salah satunya dari radiasi yang dipancarkan oleh ponsel saat digunakan. Setelah menyampaikan sejumlah penelitian dari para ahli perihal radiasi ponsel, pemateri juga mendemokan secara langsung cara mengukur tingkat radiasi ponsel yang dapat langsung dilakukan oleh setiap audience dan terakhir pemateri membagikan sejumlah tips bagaimana meminimalisir paparan radiasi pada ponsel sehingga tidak berdampak buruk bagi kesehatan.

Pada SERASI hari berikutnya, Kamis 18 November 2021, Retno Nur Indah bertindak sebagai pemateri. Kepala Seksi Hukum dan Informasi sekaligus Plt. Kepala Seksi Piutang Negara pada KPKNL Singkawang ini menyampaikan materi dengan tema “English Time”. Melalui tema tersebut pemateri berbagi tips belajar Bahasa Inggris kepada pegawai KPKNL Singkawang. Pemateri mengawali materi dengan penjelasan struktur dan pola kalimat yang biasa digunakan dalam Bahasa Inggris (normal sentence) yang terdiri dari subject (pelaku), verb (kata kerja), complement (pelengkap) dan modifier (keterangan). Dengan memahami struktur dan pola kalimat tersebut akan mempermudah merangkai kalimat dalam Bahasa Inggris. Penyampaian materi dilengkapi dengan sharing dan tanya jawab sejumlah pegawai yang memang beragam tingkat penguasaannya dalam Bahasa Inggris. Sebagian yang mengaku masih pemula dan sebagian yang sudah dalam tahap lanjut.

Penulis : Gusti Juliansyah

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini