Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Perayaan Imlek 2575 Kongzili di Kota Singkawang
Nita Kurnia Syahasiah
Selasa, 13 Februari 2024   |   122 kali

Kota Singkawang memiliki keberagaman etnis suku dengan tiga etnis besar utama, Tionghoa, Dayak dan Melayu atau disingkat Tidayu.  Tionghoa yang merupakan salah satu etnis suku mayoritas membuat Singkawang dijuluki sebagai kota dengan komunitas Tionghoa terbesar di Indonesia. Selain itu Singkawang juga terkenal dengan julukan kota Seribu Klenteng. Hal ini yang membuat perayaan tahun baru Imlek di Singkawang sangat meriah.

Perayaan Imlek 2024 bertepatan di Hari Sabtu, 10 Februari 2024. Menurut kalender China, tahun 2024 merupakan tahun Naga Kayu yang bermakna tahun penuh kekuatan, kebijaksanaan dan kesuksesan. Perayaan Imlek di Singkawang ditandai dengan hiasan lampion-lampion yang didominasi warna merah sepanjang jalan. Dilansir dari laman media center Kota Singkawang, terdapat 6.000 lampion yang menghiasi ruas jalan Kota Singkawang, termasuk yang memeriahkan suasana di Bundaran 1001 AI dan Beringin Corner dengan ornamen naga sesuai shio tahun ini. 

Salah satu kegiataan perayaan di hari raya Imlek adalah Cap Go Meh. Tradisi Cap Go Meh merupakan kegiatan pawai arak-arakan dengan pertunjukan Barongsai yang diiringi oleh lampion-lampion di sepanjang jalan. Perayaan Cap Go Meh dilaksanakan sebagai bentuk tanda syukur kepada Tuhan karena rezeki yang telah diberikan di tahun sebelumnya. Akan tetapi dikarenakan 2024 merupakan tahun pemilu sehingga perayaan Cap Go Meh akan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Tema yang diambil untuk perayaan Cap Go Meh di tahun ini adalah “ Budaya Pemersatu Bangsa”.  

Walaupun terdapat adaptasi perayaan Imlek dan Cap Go Meh yang disesuaikan dengan kondisi Pemilu, namun perayaan tersebut tetap terasa meriah.  Hal ini terbukti dengan padatnya pengunjung dari luar kota ke Kota Singkawang dan suasana kota yang meriah dengan kembang api yang tak henti-hentinya dinyalakan oleh warga dan kelenteng.

Perayaan Imlek dan Cap Go Meh tetap akan diiisi dengan rangkaian kegiatan Ritual Cuci Jalan yang dilaksanakan oleh masing-masing Tatung dan kelenteng pada tanggal 22-23 Februari 2024, Festival Kuliner Cap Go Meh pada tanggal 22-24 Februari 2024, Ritual Ket Sam Thoi tanggal 23 Februari 2024 (malam Cap Go Meh), dan puncaknya acara Cap Go Meh akan dilaksanakan pada tanggal 24 Februari 2024 oleh masing-masing kelenteng.

Penulis : Nita, Editor : Retno

Sumber : https://mediacenter.singkawangkota.go.id/berita/imlek-dan-cap-go-meh-pj-wako-harus-selaras-dan-harmonis-dengan-pemilu/



Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Foto Terkait Artikel
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini