Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Hal-Hal yang Bisa Memicu Hancurnya Keuangan Negara
Dhyan Virawan Suhendra
Kamis, 14 Juli 2022   |   6802 kali

Hal-Hal yang Bisa Memicu Hancurnya Keuangan Negara

Keuangan negara merupakan salah satu syarat utama terlaksananya pemerintahan. Dengan keuangan negara yang mapan, sebuah negara bisa berdiri kokoh dan mensejahterakan rakyatnya. Tentu saja diperlukan sumber pendapatan yang melimpah untuk membangun perekonomian negara yang kuat seperti ini.

Negara berkembang seperti Indonesia sebenarnya memiliki potensi untuk meningkatkan taraf perekonomian dalam waktu singkat. Namun begitu juga sebaliknya, ada risiko besar yang mengintai jika kebijakan ekonomi yang diambil ternyata salah. Bisa jadi keuangan negara terancam hancur.

Tidak hanya untuk negara berkembang saja, ternyata negara maju juga memiliki risiko yang sama besarnya. Bukan karena salah kebijakan saja, ternyata ada beberapa risiko lain yang bisa memicu hancurnya stabilitas keuangan sebuah negara, antara lain:

Inflasi Karena Salah Kebijakan Ekonomi

Hal pertama yang menjadi penyebab utama hancurnya perekonomian sebuah negara adalah inflasi atau turunnya nilai mata uang yang mereka miliki. Biasanya hal ini tidak terjadi secara otomatis melainkan karena kesalahan dalam pengambilan kebijakan.

Kesalahan kebijakan ini bisa mengancam posisi sebuah negara di mata internasional. Contoh negara yang mengalami hal ini adalah Venezuela. Karena kesalahan dalam pengambilan kebijakan ini Venezuela bahkan mengalami hiperinflasi sehingga memaksa pemerintah untuk mengeluarkan mata uang baru.

Hal Lain yang Memicu, Perang yang Berkepanjangan

Hal lain yang juga memicu hancurnya keuangan negara adalah perang berkepanjangan. Negara yang terlibat perang berkepanjangan tentu mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Sumber dana yang digunakan tentunya berasal dari APBN.

Kebutuhan dana perang yang besar membuat pemerintah harus mengambil alokasi APBN sektor lain untuk berperang. Tentu saja hal ini akan menyebabkan kemunduran besar bagi perekonomian negara tersebut. Bisa jadi pendapatan negara akan menurun drastis dan kelumpuhan ekonomi akan terjadi.

Terjadinya Kudeta dan Pemberontakan yang Menyebabkan Kekacauan

Tidak hanya kedua hal tersebut di atas saja, hal lain yang juga memicu hancurnya keuangan negara adalah kudeta dan pemberontakan. Negara yang mengalami kudeta akan mengalami kelumpuhan ekonomi akibat kekosongan kekuasaan yang terjadi.

Hal ini sudah jelas akan memicu terjadinya kekacauan dimana-mana. Perekonomian sulit untuk berkembang. Parahnya, butuh waktu lama untuk mengembalikan stabilitas perekonomian akibat kudeta dan pemberontakan seperti ini.

Terjadinya Bencana Alam di Suatu wilayah

Terjadinya bencana alam juga menjadi salah satu pemicu ambruknya keuangan sebuah negara. Terlebih untuk negara kecil. Bencana alam skala besar akan berdampak sangat parah terhadap perekonomian negara tersebut akibat sentralisasi ekonomi karena luas wilayahnya yang sempit.

Pada saat negara berukuran kecil mengalami bencana alam dalam skala besar, tentu ada banyak sekali kerusakan yang akan didapatkan dan hal ini akan berpengaruh besar pada pelaksanaan pemerintahan di negara tersebut.

Karenanya kita yang tinggal di Indonesia harus bersyukur karena negeri ini merupakan negeri yang luas dengan bentuk kepulauan. Hampir tidak mungkin ada sentralisasi ekonomi di Indonesia mengingat luasnya wilayah yang dimiliki.

Terjadinya Wabah Berkepanjangan di Negara

Tidak bisa disangkal, wabah yang berkepanjangan menjadi salah satu penyebab terjadinya kelumpuhan ekonomi sebuah negara. Contohnya seperti wabah corona yang sudah lebih dari dua tahun meliputi permukaan bumi ini. Ada banyak negara yang lumpuh perekonomiannya akibat wabah tersebut.

Tidak hanya negara kecil saja, negara maju juga mendapatkan dampak yang tidak kalah besar. Aset-aset pemerintah menurun drastis dan pengembangan investasi bisa dibilang terhenti. Dunia ekspor impor juga menjadi lesu akibat sulitnya prosedur yang harus ditempuh.

Sebagai warga negara yang baik, tentunya kita harus bisa memberikan yang terbaik bagi negeri ini. Tidak harus selalu di sektor perekonomian, apapun yang menjadi kemampuan utama kita bisa sangat berarti untuk meningkatkan ketahanan negara di berbagai sektor.

 

Deskripsi: Keuangan negara merupakan salah satu syarat utama terlaksananya pemerintahan. Dengan keuangan negara yang mapan, sebuah negara bisa berdiri kokoh dan mensejahterakan rakyatnya.



Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini