Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Singkawang > Artikel
Kawasan Wisata Gunung Roban
Retno Nur Indah
Jum'at, 03 Desember 2021   |   3738 kali

Kota Singkawang yang memiliki topografi unik karena berbatasan langsung dengan Laut Natuna serta terdapat pegunungan dan sungai memiliki banyak potensi wisata yang cukup lengkap.  Salah satu potensi wisata tersebut adalah bukit yang disebut dengan Gunung Roban yang menurut portal Kota Singkawang memiliki tinggi 212m.  Untuk mencapai Gunung Roban cukup mudah karena jalan menuju kawasan tersebut cukup memadai serta terletak tidak jauh dari pusat Kota Singkawang, yakni sekitar 8km sebelah timur Kota Singkawang.

Kawasan Gunung Roban telah ditetapkan sebagai hutan kota Ruang Terbuka Hijau (RTH) sesuai dengan Peraturan Daerah (Perda) Kota Singkawang Nomor 2 Tahun 2012.  Kawasan Gunung Roban juga memiliki daya tarik lain seperti keindahan alam, vegetasi yang masih hijau dengan dominasi pohon durian, dan terdapat Pekong atau tempat ibadah umat Konghucu tepat sebelum jalur hiking/trekking/jogging track dimulai.  Jalan masuk kawasan ini bahkan terletak tepat di samping Vihara Tri Dharma Bumi Raya Kulor atau dikenal dengan sebutan klenteng Thai Pak Kung, vihara terbesar di Kota Singkawang.

Masyarakat yang berwisata ke Gunung Roban biasanya mencoba mendaki jalur hiking menuju puncak yang cukup terjal namun terpelihara dengan adanya anak tangga yang disemen.  Untuk mereka yang tidak terbiasa berolah raga mungkin harus sedikit berjuang untuk dapat mencapai puncak Gunung Roban ini.  Namun ketika sampai di puncak, rasa lelah seakan terbayar dengan suguhan pemandangan indah Kota Singkawang dan laut yang membentang dari atas gunung.

Kawasan wisata ini cukup terpelihara kebersihannya dengan disediakannya karung di beberapa tempat untuk menampung sampah yang biasanya berupa botol bekas air kemasan.  Wisatawan yang berkunjung dapat membuang sampahnya di karung tersebut, sehingga tidak mengotori Gunung Roban.  Kesadaran yang cukup tinggi dari para wisatawan cukup membantu agar kawasan Gunung Roban tetap terjaga kebersihannya mengingat Gunung Roban merupakan hulu dari Sungai Singkawang.

(Penulis : Retno, Foto : Velient, Bary & Arifa)

Referensi:

https://portal.singkawangkota.go.id/geografis/

https://lh.singkawangkota.go.id/arsip/978

https://pontianak.tribunnews.com/2019/01/16/cobain-jogging-track-bukit-roban-tak-jauh-dari-pusat-kota

https://media.neliti.com/media/publications/10407-ID-potensi-wisata-alam-gunung-roban-di-kelurahan-pajintan-kecamatan-singkawang-timu.pdf

http://www.triptrus.com/destination/1395/gunung-roban 


Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Foto Terkait Artikel
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini