Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 150-991    ID | EN      Login Pegawai
KPKNL Singkawang
Artikel DJKN

Mindset dalam Belajar Bahasa Inggris

Kamis, 14 Oktober 2021   |   246 kali

Tidak bisa dipungkiri di era revolusi industri 4.0 ini bahasa asing menjadi salah satu kemampuan yang sangat mendukung kita dalam segala aspek kehidupan, salah satunya yaitu bahasa Inggris. Di era modern ini, bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang digunakan dan dipelajari hampir semua orang di penjuru dunia.  Namun demikian, tak jarang juga banyak orang yang kesulitan untuk mempelajarinya.

Bagi sebagian negara yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa sehari-hari pastinya sudah terbiasa dengan hal tersebut, namun bagi orang yang sejak lahir memiliki bahasa ibu (mother tongue) selain bahasa Inggris, pasti memiliki kendala dalam berbahasa Inggris.  Walaupun tidak bisa dipungkiri bahwa pelajaran bahasa Inggris sudah ada sejak sekolah dasar bahkan mungkin taman kanak-kanak, pada kenyataannya masih banyak yang sulit berbicara menggunakan bahasa Inggris. Selain karena masyarakat Indonesia bukan merupakan penutur asli bahasa Inggris, bahasa Inggris juga tidak digunakan sebagai bahasa sehari-hari sehingga banyak orang yang paham maksud dari sebuah kalimat dalam bahasa Inggris tetapi sulit untuk berbicara dalam bahasa Inggris.

Nah untuk memulai belajar atau mendalami sesuatu yang baru, dalam hal ini bahasa, ada tiga hal penting yang perlu dikuasai, yaitu tujuan, kemampuan, dan motivasi. Yang pertama pahami terlebih dahulu tujuan belajar bahasa Inggris untuk apa dan dampak apa yang akan dirasakan. Setiap orang pasti memiliki tujuan yang berbeda-beda dalam mempelajari bahasa Inggris.  Dengan mengetahui tujuannya pasti akan lebih maksimal dalam mempelajari bahasa Inggris tersebut. Misalnya belajar bahasa Inggris karena ingin melanjutkan pendidikan di luar negeri, maka kita akan mengerahkan energi yang lebih besar untuk mempelajarinya seperti lebih sering untuk latihan soal-soal TOEFL atau bisa juga dengan mengikuti bimbingan belajar.

Yang kedua pahami kemampuan diri kita sekarang, apakah kita benar-benar nol dalam bahasa Inggris atau sudah paham atau paham maksud dari sebuah kalimat bahasa Inggris tetapi terbata-bata dalam berbicara.  Nah ketika kita sudah mengenali kemampuan diri kita sejauh mana pemahaman dalam berbahasa Inggris, kita akan tahu apa yang kita butuhkan dalam mempelajarinya.

Selanjutnya, selain paham akan kemampuan diri, kita juga harus mempunyai motivasi yang kuat dalam belajar bahasa Inggris, karena pembelajaran yang baik didorong dengan motivasi yang kuat.  Motivasi ini ada dua jenis, yaitu motivasi karena tuntutan dari luar dan motivasi yang berasal dari diri sendiri.  Kedua motivasi ini sama-sama baik tapi motivasi dalam diri sendirilah yang jauh lebih kuat dalam mendorong kita mempelajari sesuatu, termasuk bahasa Inggris.  Motivasi dari dalam diri akan membuat kita mau belajar dan semangat datang dari diri kita sendiri bukan datang dari tuntutan orang lain. Ketika kita sudah mengetahui tujuan belajar bahasa Inggris dan sudah mempunyai motivasi yang kuat, keduanya akan mempermudah dalam menyusun strategi yang sesuai dengan apa yang kita butuhkan dalam mempelajari bahasa Inggris.

Penulis : Lunda Nine Aleva

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Peta Situs | Email Kemenkeu | FAQ | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami |