Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Memerangi Narkoba, KPKNL Singaraja adakan Sosialisasi P4GN dan Tes Urin
Muhammad Ary Hendrawan
Senin, 03 Oktober 2022   |   102 kali

Singaraja – Jumat (30/09) kegiatan bertema “Memerangi Narkoba” diselenggarakan pada pagi hari tersebut di Aula Kepala Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Singaraja. Acara yang dipimpin oleh Lucillus Wenang Cailendra Hidajat sebagai Kepala KPKNL Singaraja tersebut menghadirkan I Gede Astawa sebagai Kepala Badan Narkotika Nasional Kabupaten Buleleng beserta beberapa pegawainya untuk memperlancar acara tersebut. Kegiatan yang dilaksanakan secara langsung atau tatap muka tersebut diikuti oleh seluruh Pegawai KPKNL Singaraja. Kegiatan yang meriah tersebut dibagi menjadi dua yaitu sosialisasi Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) dan Prekursor Narkotika serta tes urin yang dilaksanakan secara berurutan.

Sosialisasi pun dimulai dengan penjelasan Narkoba, jenis-jenisnya dan efeknya secara teori dan fakta di lapangannya. Narkoba, singkatan dari Narkotika, Psikotropika, dan Bahan adiktif lainnya, merupakan zat yang dapat merusak Kesehatan dan juga dapat bermanfaat jika menggunakannya sesuai resep dokter. Dalam pemaparannya, Astawa menjelaskan “Narkoba memiliki 3 tingkatan, tingkat pertama yaitu bahan adiktif yang menyebabkan kecanduan, tingkat kedua yaitu psikotropika yang menyebabkan ketergantungan dan ketenangan, serta tingkat terakhir yaitu narkotika yang menyebabkan ketergantungan dan merusak tubuh.” “Ketika sudah mencoba alkohol atau rokok disarankan untuk dikurangi, sebab bahan adiktif memberikan dampak penggunanya yang awal-awal cuma 1 hari 1 batang, menjadi 1 hari 10 batang, dan bertambah terus hingga minimal 1 hari 1 bungkus. Seperti halnya rokok, minuman keras juga lama-lama tubuh akan lebih kuat untuk menoleransi minuman keras dan berujung pada oplosan dari bahan-bahan bukan makanan yang dapat membahayakan tubuh,” tambah astawa. Setelah merasakan bahan adiktif, seseorang akan lebih berkemungkinan untuk merasakan tingkatan yang kedua yaitu psikotropika. Psikotropika yang seharusnya memberikan dapat bermanfaat untuk memberikan ketenangan sebagai obat resep dokter, dapat disalahgunakan dengan memberikan ketergantungan penggunanya untuk menenangkan diri. Ketergantungan ini akan membahayakan diri pengguna disebabkan oleh setiap kali stress atau menemui masalah, pengguna akan membiasakan diri untuk menggunakannya tanpa membatasi diri.

Kegiatan pun dilanjutkan dengan tes urin pada pegawai KPKNL Singaraja. Tes urin yang menggunakan 7 parameter tersebut, dilaksanakan sebagai bukti nyata integritas KPKNL Singaraja dalam gerakan mencegah dan melawan penyalahgunaan narkoba.

Dengan berjalannya tes urin yang tertib dan kooperatif serta hasil tes urin yang menunjukkan negatif, acara pada pagi hari tersebut pun ditutup dengan meriah. Harapan dari kegiatan ini adalah Para Pegawai diharapkan dapat memberikan teladan dalam memerangi penyalahgunaan narkoba, dan dapat menunjukkan integritasnya dalam mengabdi demi bangsa dan negara tercinta.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini