Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Singaraja > Berita
“Kemenkeu Bersinergi Membangun Negeri”
Muhammad Ary Hendrawan
Jum'at, 03 Desember 2021   |   265 kali

Singaraja – Rabu (01/12) Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Singaraja kembali mengadakan Focus Group Discussion (FGD) bertema “Kemenkeu Bersinergi Membangun Negeri”       di Triwulan IV Tahun 2021 kali ini. Kegiatan yang dilaksanakan di gedung KPKNL Singaraja tersebut, diikuti oleh seluruh jajaran pegawai dan pejabat KPKNL Singaraja secara daring melalui gadget maupun Personal Computer Pegawai. Kegiatan lanjutan atas pelaksanaan Preliminary FGD dan FGD Pejabat Administrator Triwulan IV Tahun 2021 ini dilakukan sesuai protokol kesehatan serta ketentuan yang berlaku pada waktu kegiatan berlangsung. FGD ini disampaikan oleh Kepala KPKNL Singaraja, Saiful hadi dengan menyampaikan 3 pokok pembahasan. 1) Kemenkeu Bersinergi Membangun Negeri, 2) Presidensi G20 Indonesia 2022: Recover Together, Recover Stronger (Pulih Bersama, Pulih Lebih Kuat), dan 3) Ruang Kerja Kolaboratif oleh Kemenkeu.

Saiful Hadi menjelaskan, dunia kini menghadapi berbagai macam perubahan besar, seperti Covid-19, milineliasasi maupun digitalisasi, sehingga diperlukan perubahan dalam segala aspek untuk menjaga eksistensi organisasi termasuk pada sektor pemerintah. Maka untuk menjaga eksistensi tersebut dibutuhkanlah cara kerja baru berbasis output dan outcome dengan mengkombinasikan kolaborasi tanpa sekat dan fleksibel dengan memanfaatkan teknologi dalam bekerja. Terciptalah program baru yang bernama “Ruang Kerja Masa Depan” yang terdiri dari: 1) Activity Base Workplace, 2) Ruang Kerja Bersama, 3) Ruang Rapat Bersama, dan 4) Ruang Layanan Bersama. Kemenkeu terus menyempurnakan cara kerja baru melalui RKMD dengan menggabungkan ruang kerja fisik dengan ruang kerja digital, sehingga mencangkup jangkauan yang lebih luas. Program RKMD juga sejalan dengan arahan Presiden RI untuk mendorong percepatan birokrasi nasional dan perkembangan menuju era digital. Maka RKMD dijadikan sebagai cara baru dalam mencapai Kemenkeu Goverment 4.0 untuk Kemenkeu Satu Kemenkeu Terpercaya.

Selanjutnya topik Kemenkeu Bersinergi Membangun Negeri pun dibahas, joint program terkait dengan penerimaan Negara yang akan dilaksanakan pada tahun 2022. Dijelaskan bahwa konsep tersebut akan semakin ditingkatkan, sebab masing-masing dari Ditjen Pajak, DJKN, maupun Ditjen Perbendaharaan memiliki program terkait UMKM.  Tahun depan program masing-masing kantor yang sejalan direncanakan untuk disinergikan, dan juga ditambahkan joint program dengan dukungan Kemenkeu terhadap UMKM, sehingga Kemenkeu bisa dengan mudah berinteraksi langsung dengan pelaku UMKM.

FGD kali ini ditutup dengan topik terakhir mengenai presidensi G20 Indonesia. Pada Presidensi G20 Indonesia di tahun 2022, kita mengedepankan pemulihan ekonomi secara bersama dan lebih kuat dilakukan secara berkoordinasi. “Recover Together” diartikan pemulihan kesehatan dan ekonomi dalam jangka pendek. “Recover Stronger” lebih mengedepankan melakukan pemikiran kembali mengenai peningkatan produktifitas, investasi, dan ekonomi yang lebih kuat dalam jangka panjang. Presidensi atas sebuah forum yang beranggotakan negara-negara dengan perekonomian besar ini dinilai sangat bermanfaat untuk menunjukkan keberhasilan Indonesia dalam menangani covid, maupun dalam hal lain seperti ETM (Energy Trantition Mechanism). Sistem pergantian energi dari non-green menjadi green ini dirasa dapat menarik negara-negara untuk menjalin kerjasama dengan Negara Indonesia.

Harapannya semua topik pembahasan tersebut mampu mengubah cara kerja organisasi yang sektoral menjadi kolaboratif, mendorong komunikasi yang lebih mudah, efisiensi ruang kantor, mendorong kreasi, ide, dan inovasi, optimalisasi dan sentralisasi penggunaan asset, work-life balance, dan meningkatkan kinerja pegawai.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini