Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Sidoarjo > Kilas Peristiwa
Upacara Peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia Ke 76 “ INDONESIA TANGGUH, INDONESIA TUMBUH “
Retno Sri Astuti
Rabu, 18 Agustus 2021   |   1500 kali

Sidoarjo 17/8/2021  -    Kami Bangsa Indonesia dengan ini menyatakan Kemerdekaan Indonesia, demikian naskah awal teks Proklamasi yang dibacakan oleh Puan Maharani, Ketua DPR RI dalam  upacara peringatan Kemerdekan RI Ke 76 yang digelar di halaman Istana Merdeka Jakarta pada selasa 17 Agustus 2021. Sebanyak 17 dentuman meriam disertai bunyi sirene panjang menandai dimulainya Peringatan detik detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia.

Presiden Joko Widodo bertindak selaku Inspektur Upacara , mengenakan pakaian adat Lampung memimpin jalannya upacara. Peringatan Hari Ulang Tahun RI ke-76 kali ini mengusung tema : INDONESIA TANGGUH, INDONESIA TUMBUH” yang mengandung nilai-nilai ketangguhan, semangat  pantang menyerah untuk terus maju bersama dalam menempuh jalan penuh tantangan agar dapat mencapai masa depan yang baik. Presiden juga menyampaikan pesan penting di peringatan HUT RI Ke -76 mengajak semua pihak bergotong royong melewati berbagai cobaan. INDONESIA TANGGUH, INDONESIA TUMBUH” bisa kita capai dengan bahu-membahu, saling bergandeng tangan, dan bergotong royong dalam satu tujuan.Tangguh dalam menghadapi pandemik, Tangguh melalui berbagai ujian, dan terus Tumbuh dalam menggapai cita-cita Bangsa, demikian pesan Jokowi.

Pemerintah mengharapkan pada seluruh  masyarakat agar menghentikan sejenak semua kegiatan  untuk menjaga kekhidmatan acara dan menghormati peringatan tersebut dengan mengambil sikap sempurna untuk  memberikan penghormatan pada detik-detik Proklamasi tepat pukul 10.17 WIB.  sebagai bentuk penghormatan pada jasa para pahlawan dan rasa cinta tanah air dan Bangsa. 

Demikian pula dengan Pegawai  KPKNL Sidoarjo  wajib mengikuti upacara Peringatan Hari Kemerdekaan RI ke 76 melalui media televisi, atau lewat jaringan (online). Upacara HUT Kemerdekaan RI ke-76 dimulai pukul.10.00 WIB saat  Pengibaran Bendera  dan saat dikumandangkan lagu Indonesia Raya kita berdiri tegak dan memberikan penghormatan pada sang Saka Merah Putih, dan pada sore harinya dilanjukan dengan mengikuti upacara penurunan bendera. Pelaksanaan Upacara Peringatan HUT  Ke-76 berpedoman pada Surat Edaran Sekretaris Jenderal Kementerian Keuangan Nomor : SE-4/SJ/2021 Tentang Penyelenggaraan Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI Ke-76 Tahun 2021 di  Lingkungan Kementerian Keuangan.

Peringatan  HUT RI ke-76 Tahun 2021 digelar dengan lebih sederhana dan terbatas untuk menyesuaikan dan menjalankan protokol kesehatan di tengah pandemic Covit-19 tanpa mengurangi kekhidmatan peringatan tersebut. Para tamu undangan serta masyarakat yang mengikuti jalannya upacara secara virtual dan latar belakang yang beragam juga antusias mengikuti jalannya prosesi upacara.

 

DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA

NEGERI PANCASILA!  MERDEKA ...!!!


(By.onter/tim hukum)

 



Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini