Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Sidoarjo > Kilas Peristiwa
Webinar - Design Thingking For Excellent Services Innovative Product and Powerful Selling
Retno Sri Astuti
Selasa, 15 Juni 2021   |   224 kali


      Sidoarjo (10/6/2021) –   Saat ini  tengah  didengung-dengungkan pentingnya pemberian pelayanan yang baik kepada  pelanggan atau stekholder. Pemberian pelayanan yang baik adalah kunci kesuksesan  menjual suatu produk., seperti halnya tema  Webinar yang diselenggarakan oleh Kanwil DJKN Sumatra Selatan,Jambi Dan Bangka Belitung  “ Design Thingking For Exceleent Sevices Innovative Product and Powerful Selling ”. Bagaimana kita  selalu berfikir untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi pelanggan,  jangan pernah  berfikir stekholderlah yang membutuhkan kita, bahwa kita juga membutuhkan stekholder  sehingga kita bisa memberikan pelayanan yang terbaik , tulus dan iklas mau mengerti apa yang diinginkan oleh costomer,  karena produk yang kita jual adalah memberikan pelayanan .

 Webinar  ini  mengundang narasumber  Widodo Dorojatun,SPi,MBA dari BSI  Head Office, dalam materinya  dodo , demikian panggilan akrabnya, memberikan kiat kiat dalam memberikan pelayanan yang baik, inovatf dan kompetitif. Kontruksi dalam memberikan pelayanan yang baik diantaranya tingkat pertama 1. Extrame Performan, 2. Design Thingking, 3. Jobs to be done

1.       1.Extrame Performan : berarti kita harus membuat lompatan kinerja 10 kali lebih baik dari hasil   kerja yang lalu serta perbaikan kerja yag baru, percepatan proses dan perbaikan.

2.     2.  Design Thingking : Dalam memberikan layanan kita harus melakukan pendekatan alamiah/human centric artinya kita harus mengedepankan sifat alami manusia yaitu rasa dan empaty. Menggali kebutuhan dasar manusia dan mencari apa yang diinginkan oleh costumer/stekholder.

3.      3.  Job to be Done : yang berarti kita harus menggali informasi dan mengevaluasi kebijakan terobosan/product yang kita ciptakan apakah ada kendala atau problem baru  yang muncul bagi costumer sehingga  memerlukan penyelesaian. Dari masalah atau problem  biasanya akan muncul inovasi , Inovasi berawal dari masalah.dengan menggali permasalahan akan tercipta penyelesaian atau solusi.

Salah satu bagian dari  Good Governance adalah memberikan layanan publik yang memiliki unsur efektifitas. Pelayanan diartikan sebagai suatu cara  untuk melayani, menyikapi, membantu, mengurus dan menyelesaikan keperluan atau kepentingan seseorang maupun sekelompok orang, sehingga kegiatan pelayanan identik dengan pemenuhan suatu hak.

Dari ilmu dan materi yang didapat bisa diterapkan dalam pemberian layanan product pada KPKNL seperti halnya  layanan permohonan lelang, permohonan kutipan risalah lelang, permohonan pemberian kwitansi pembayaran, permohonan penilaian dan yang lainnya harus dilayani dengan cepat, tepat, efekif dan inovatif , tentunya dengan iklas.  Pelayanan yang baik,  cepat dan efektif menjadi tolak ukur keberhasilan kinerja kita, keprofesionalan suatu kantor diukur dari cara kita memberikan layanan yang baik  dan memberi kepuasan pada pengguna layanan.

 

(by.onter/Tim HI)

Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini