Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Service Excellent Bagi Frontliners
Retno Sri Astuti
Rabu, 16 Desember 2020   |   494 kali

Sidoarjo – Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) melalui Pusat Pendidikan dan Pelatihan PPSDM  beberapa hari yang lalu mengadakan pelatihan  Service Excellent bagi Frontliners DJKN  secara daring melalui kanal Zoom, kegiatan tersebut menghadirkan pemateri dari perbankan dan pengajar dari  Pusdiklat  PSDM.

 

Membuka kegiatan tersebut, Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Annies Said Basalamah menjelaskan bahwa pelatihan Service Excellence Bagi Frontliners di Lingkungan Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) dimaksudkan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap para pegawai Kementerian Keuangan yang tugas fungsinya berada di garis terdepan organisasi dan secara langsung berhubungan dengan pihak luar dalam memberikan pelayanan prima terkait kehumasan, layanan informasi dan pengaduan, layanan administratif, dan penerimaan tamu di frontliners. Pelatihan ini adalah pelatihan yang diselenggarakan dengan teknis pembelajaran secara tatap muka virtual (synchronous learning) yang diharapkan meningkatkan kinerja pelayanan dengan menjelaskan dasar service excellent, konsep pengenalan diri, menumbuhkan motivasi dan rasa percaya diri serta dapat menerapkan komunikasi efektif sehingga tercipta penguatan hubungan dengan stakeholder.

 

Service excellent atau pelayanan prima dapat diartikan “sebagai pelayanan yang sangat baik atau pelayanan terbaik yang diberikan oleh suatu entitas Badan Publik yang memenuhi standart layanan, baik dalam lingkup tata cara dalam melayani, prosedur layanan yang diciptakan, serta infrastruktur layanan yang memadai sehingga mampu memenuhi harapan-harapan para pihak yangb terlibat, baik secara internal maupun ekternal, baik langsung maupun tidak langsung“. Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk terwujudnya petugas frontliners yang meningkat kompetensi pelayanannya sesuai harapan pemangku kepentingan, menerapkan  konsep  dasar  pelayanan  publik  yang  berfokus  pada  kualitas layanan  terhadap stakeholder, menerapkan komunikasi interpersonal dan komunikasi persuasif dalam melaksanakan pelayanan prima, menerapkan pelayanan di era digital dan protokol kesehatan di era pandemi.

 

Dalam paparannya, narasumber dan pengajar memberikan materi prinsip-prinsip  pelayanan publik dan aspek aspek dalam memberikan pelayanan yang prima. Prinsip-prinsip pelayanan publik dalam memberikan layanan kepada stakeholder antara lain : partisipatif transparan, responsive, tidak diskriminatif, mudah dan murah, efektif dan efisien, aksesibel, akuntabel dan berkeadilan. Sedangkan aspek-aspek dalam memberikan layanan yang pertama : aspek penampilan, aspek penampilan ini sangat penting dan paling utama untuk diperhatikan, karena penampilan petugas layanan maupun  tatanan service area menunjukkan citra/image kantor kita  dan profesinalitas petugas layanan, penampilan, pribadi ramah yang ramah, rapi, serasi dan harmonis serta memberikan layanan dalam kondisi tubuh yang sehat. Aspek yang kedua : aspek mengawali pelayanan dengan memberi, senyum, salam, sapa,  Aspek ketiga : Memproses pelayanan, fokus  dalam melayanani stakeholder dengan sigap, cepat serta terukur. Aspek keempat : Aspek mengahiri layanan, dengan mengucapkan terima kasih dan mengucapkan salam.

 

Dengan mengikuti pelatihan service excellent ini diharapkan agar petugas layanan / frontliners  dapat memberikan pelayanan yang prima, dapat memenuhi dan memuaskan stakeholder atau masyarakat serta memberikan fokus pelayanan kepada  stakeholder.

 

 

((By.onter/foto.dokomen)

 

 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini