Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Sidoarjo > Artikel
Jenis - Jenis dan Cara Penulisan Artikel
Retno Sri Astuti
Rabu, 02 November 2022   |   280672 kali

Bagi kamu yang senang menulis, karya tulis artikel berbeda dengan karya tulis fiksi, puisi, makalah, dan ilmiah.  Nah, spesifik mengenai artikel, tulisan ini merupakan jenis karya tulis yang berisi pendapat, gagasan, kritik dan saran terhadap suatu topik, peristiwa, atau persoalan yang sedang dibahas yang bahkan memerlukan cek fakta. Artikel bersifat faktual dan informatif, artinya, artikel yang ditulis harus berdasarkan fakta dan memberikan pengetahuan kepada pembaca.  Artikel yang baik memiliki tiga struktur, yang pertama tesis atau gagasan utama dari tulisan yang kamu buat. Kedua, argumentasi atau pendapat yang kamu sampaikan pada tulisan kamu, lalu yang terakhir adalah penegasan ulang, yang dibuat dengan tujuan memperkuat argumentasi yang sebelumnya telah ditulis. 

Artikel bisa dibuat secara singkat dan padat ataupun artikel panjang yang mendalam. Panjang artikel biasanya berbeda-beda, tergantung seberapa banyak informasi yang ingin kamu sampaikan dan diperlukan. Untuk artikel singkat biasanya hanya terdiri dari 300 sampai 500 kata. Agar kalian tidak bingung, inilah jenis artikel singkat yang baik dan benar beserta contohnya.

  1. Artikel Deskripsi

Artikel deskripsi, menjelaskan mengenai suatu kejadian, peristiwa, atau suatu persoalan yang dapat diamati secara langsung. Artikel deskripsi bertujuan memberikan gambaran secara nyata berdasarkan fakta terkait topik yang kamu bahas. Kamu dapat mulai menulis artikel deskripsi dari sesuatu yang umum ke khusus. Pada paragraf awal, kamu dapat menulis pengenalan mengenai topik yang akan dibahas, kemudian semakin mengerucut ke topik pembahasan. - ari baraaksara.my.id, inilah contoh artikel deskripsi ;

Kota Malang

Kota Malang merupakan salah satu kota tujuan wisata di dan kota terbesar kedua di Jawa  Timur setelah Surabaya. Kota Malang dikenal dengan julukan kota pelajar, atau banyak juga yang menjuluki sebagai kota bunga atau kota apel. Potensi alam yang dimiliki Kota Malang yaitu letaknya yang cukup tinggi berada di 440-667 mdpl.  Kota Malang dikenal baik sebagai kota pendidikan. Kota ini memiliki berbagai perguruan tinggi terbaik seperti  Universitas Brawijaya Universitas Negeri MalangUIN Maulana Malik Ibrahim Malang, dan Politeknik Negeri Malang. Selain itu, kota ini merupakan kota pariwisata karena alamnya yang menawan yang dikelilingi oleh pegunungan serta udaranya yang sejuk. Malang pun terkenal sebagai kota bunga karena banyaknya bunga yang menghiasi kota. Kota Malang juga merupakan kota seni karena banyaknya kesenian khas dari kota ini, mulai dari tarian hingga pertunjukan. 

2. Artikel Narasi

Jenis artikel selanjutnya, adalah artikel narasi, yang biasanya ditulis untuk menyampaikan suatu rangkaian peristiwa yang terjadi dalam satu kesatuan waktu. Artikel narasi dibuat untuk memberikan informasi secara mendalam kepada pembaca, faktual, informatif serta mudah dipahami. Artikel narasi memiliki empat bentuk, yaitu narasi informatif, narasi ekspositorik, narasi artistik dan narasi sugestif. contoh paragraf pembuka untuk artikel narasi.

Pendidikan merupakan hal yang esensial dalam kehidupan manusia. Pendidikan  membuat seseorang memiliki bekal untuk menjalani kehidupan dan mewujudkan impiannya. Pendidikan tidak hanya tentang materi ilmiah saja tetapi termasuk tata krama, etika kerja, hingga cara bersosialisasi dalam kehidupan bermasyarakat. Selain menjadi bekal bagi kehidupan pribadi, pendidikan juga menjadi bekal bagi generasi penerus bangsa.  

3. Artikel Eksposisi

Jenis dan contoh artikel yang selanjutnya dibahas adalah artikel eksposisi. Artikel ini menjelaskan mengenai suatu peristiwa atau topik disertai bukti pendukung. Bukti diperkuat dengan analisis yang menghubungkan berbagai benang merah, sehingga menjadi tulisan yang runut. Tujuan dari artikel eksposisi adalah untuk mengklarifikasi, menjelaskan, serta mengevaluasi persoalan yang sedang dibahas. inilah contoh artikel eksposisi singkat ;

Jumlah sampah di Kota Malang yang masuk ke tempat pembuangan akhir (TPA) dalam sehari sekitar 485 ton, di dalamnya termasuk sampah plastik. Dari jumlah tersebut, dilakukan penyortiran dan pengolahan sehingga sampah yang murni menjadi residu adalah 400 ton per hari. Sebanyak 98,02 persen dari total sampah yang dihasilkan warga Kota Malang sudah berhasil diolah dengan metode reduce, reuse, dan recycle (3R). Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Malang, mengatakan pemerintah terus mengembangkan berbagai metode pengolahan sampah, salah satunya pembangunan tempat pengolahan sampah reduce, reuse, and recycle (TPS 3R) sehingga sampah di Kota Malang sudah 98,02 persen tertangani. “TPS 3R ini adalah sistem pengolahan sampah yang menggunakan inovasi teknologi mesin pencacah sampah dan pengayak kompos yang efektif dan efisien,” katanya di Malang.

4. Artikel Persuasi

Kata persuasi berarti ajakan atau bujukan, maka artikel persuasi adalah karangan yang bertujuan mengajak atau membujuk pembaca untuk melakukan sesuatu. Agar mencapai tujuan tersebut, di dalam artikel persuasi dituliskan alasan-alasan logis yang mendorong kamu agar mengikutinya. Mengutip dari kompas.com, inilah contoh teks persuasi ;

Persaingan di dunia kerja semakin ketat. Sistem ketenagakerjaan menuntut sumber daya dengan lulusan dan prestasi terbaik. Sebagai pelajar, kita harus mempersiapkan diri sejak dini. Ayo kita berlomba-lomba meningkatkan prestasi. Prestasi akademik tentu baik. Namun prestasi tidak dibatasi hanya dari nilai dalam raport saja, Kita bisa berprestasi di bidang olahraga, kesenian, sastra, dan teknologi. Tidak perlu kecil hati karena setiap pelajar memiliki kelemahan dan kelebihan masing-masing. Kita hanya perlu menggali dan mengembangkan kelebihan kita. Maka dari itu, ayo kembangkan prestasimu. Ikuti lomba-lomba di bidang yang kamu minati. Bergabung dalam pelatihan dan kegiatan yang dapat menunjang prestasimu. Mari meraih masa depan dengan persaingan yang sehat

5. Artikel Argumentasi

Artikel argumentasi, adalah artikel yang berisi gagasan atau teori mengenai sebab akibat suatu peristiwa. Artikel argumentasi, bertujuan meyakinkan pembaca mengenai suatu topik atau fenomena, dengan menyampaikan fakta yang logis dan objektif. Dalam artikel argumentasi, biasanya penulis mengambil satu sikap, antara mendukung atau tidak, untuk menanggapi suatu topik atau fenomena. Inilah contoh artikel argumentasi yang dikutip dari baraaksara.my.id. Semburan lumpur panas yang terjadi di Porong, kecamatan Sidoarjo, merupakan bencana alam akibat kelalaian yang begitu menyeramkan bagi masyarakat sekitar. Semburan lumpur ini terjadi pada 27 mei, 2006. Hasil penelitian menunjukkan dampak sosial dari luapan lumpur lapindo antara lain: 

-       Menurunnya tingkat kesejahteraan petani tambak bandeng

-       Berkurangnya lapangan pekerjaan.

-       Terjadinya mobilitas penduduk.

-       Menimbulkan konflik pada hubungan petani dan keluarganya.

-       Menurunnya pendapatan petani tambak bandeng.

 

Kerugian materiil yang diderita masyarakat pun tak main-main berupa: 

-      Tambak yang hilang dan rusak

-      Penurunan harga jual tanah, tambak dan rumah

-      Menenggelamkan ribuan rumah penduduk dan kawasan  persawahan. 

6. Artikel Ilmiah populer

Jenis dan contoh artikel berikutnya, adalah artikel ilmiah populer yang biasanya ditulis dengan bahasa media atau jurnalistik, karena akan dimuat di media massa, majalah, tabloid, serta media digital lainnya. Panjang artikel ilmiah populer berkisar 600 - 700 kata, dengan karakter tulisan yang lugas, logis, efektif, efisien dan objektif. Agar kamu tidak bingung, inilah contoh penggalan untuk artikel ilmiah populer yang dikutip penulis.

 Bahaya Gatget pada anak-anak

Tiada hari tanpa gawai (gadget), terutama  smartphone baik itu  handphone  ataupun tablet. Bahkan sebagian anak sudah kecanduan  smartphone  dalam menjalani harinya  sampai tak bisa lepas tanpa perangkat digital yang satu ini. mulai dari bangun tidur hingga tidur lagi,. Gadget  memang ibarat pisau bermata dua. Di satu sisi sangat berguna, tapi di sisi lain juga merugikan jika tidak digunakan secara arif. Tanpa disadari penggunaan gadget secara terus menerus mengakibatkan berbagai masalah, salah satunya merusak mata. Ada beberapa bahaya gatget pada anak diantaranya.

  • Bahaya gadget bagi anak dapat menimbulkan masalah kesehatan mental dan perubahan perilaku, hingga depresi.
  • Anak menjadi agresif dan mudah tersinggung jika orang tua tidak memberi mereka akses menggunakan ponsel atau tablet. Iritabilitas juga akan mempengaruhi keterampilan lainnya, khususnya dalam hal menahan diri, berpikir, dan mengendalikan emosi. padahal, keterampilan ini membentuk dasar untuk kesuksesan di masa depan.
  • Anak-anak dapat mengembangkan berbagai masalah mental, seperti kecemasan, kesepian, rasa bersalah, isolasi diri, depresi, dan perubahan suasana hati. Paparan terhadap gadget juga dapat meningkatkan risiko ADHD dan autisme pada anak-anak. 

7. Artikel  Opini

Artikel opini, adalah jenis artikel yang bersifat subjektif karena tiap individu memiliki pandangannya masing-masing terhadap suatu topik, persoalan, atau peristiwa yang sedang dibahas. Hal yang perlu kamu perhatikan saat menulis artikel opini adalah, kebenaran data dan fakta yang kamu sajikan. inilah contoh penggalan artikel opini.

Sebab-sebab berakhirnya Kepailitan  serta Konflik Norma UU Hak Tanggungan  dan UU Kepailitan.

     Kepailitan ialah sebagai suatu proses yang didalamnya terdapat runtutan-runtutan langkah yang telah diatur undang-undang. Proses yang diatur tersebut dari mulai permohonan putusan sampai dengan adanya putusan pailit. Praktik pemberesan harta pailit sering terjadi tarik menarik kepentingan antara Kurator dan pemegang Hak Tanggungan dalam penjualan harta pailit yang terkait dengan obyek hak tanggungan, hal ini karena ada konflik norma dalam UU Hak Tanggungan dan UU Kepailitan. Menurut penjelasan Dr. M Hadi Subhan,SH.MH,CN bahwa keputusan Pailit  Menderogasi/menghapus  Kompetensi Pengadilan lain, alis degorat lex generalis berarti aturan yang bersifat khusus (specialismaka aturan yang bersifat umum itu tidak lagi sebagai hukum ketika telah ada aturan yang bersifat khusus mengesampingkan aturan yang bersifat umum (generalis). Dengan adanya putusan Penetapan Pailit maka segala akibat hukum atas pernyataan pailit baik bagi debitor pailit maupun kreditornya adalah tunduk pada ketentuan-ketentuan kepailitan, Dijelaskan  bahwa tugas Kurator adalah hanya mengurusi harta debitur pailit saja bukan mengurus hutang debitur pailit . Dengan adanya putusan pailit maka berlaku 1. Demi Hukum Serta Merta. 2. Sita umum atas semua harta kekayaan heart kekayaan.3. Perikatan yang dilakukan setelah pailit tidak mengikat harta pailit,perikatan yang belum selesai, maka berhenti, kecuali dilanjutkan oleh kurator.  

8. Artikel Ulasan 

Artikel ulasan atau review biasanya bersifat subjektif dari kacamata si penulis, karena merupakan ringkasan penilaian atau evaluasi yang sudah dibaca, tonton atau dengar si penulis. Artikel ulasan umumnya berkisar 300 hingga 500 kata saja, namun sudah menampung segala informasi yang dibutuhkan. Contoh artikel ulasan singkat seperti ini.

     Train to Busan adalah film buatan Korea Selatan yang mengangkat cerita tentang penyebaran zombie. Cerita diawali dengan  seorang  anak  bernama Soo An yang kesepian karena ayahnya yang bernama Seok Woo selalu sibuk bekerja dan hanya ditemani oleh  neneknya. Pada  ulang tahun Soo An, Seok Woo  mengabulkan permintaan Soo An  untuk mengunjungi  Ibunya ke Busan. Seok Woo dan Soo An  menaiki kereta yang  membawa mereka ke Busan. Namun  ternyata wabah zombie sudah mulai menyebar di Korea. Seorang wanita yang sudah terkena virus zombie masuk ke dalam kereta dan mulai menyerang penumpang lainnya secara beringas.  

Itulah jenis jenis  artikel  singkat  yang baik dan benar berikut dengan contohnya. Kini  kamu dapat lebih mudah menentukan jenis artikel mana yang akan kamu buat. Semoga bermanfaat. (By. Onter/ HI- Sidoarjo)

 Referensi :

 https://www.popbela.com/career/working-life/aisyah-banowati/jenis-artikel-singkat-dan-contohnya/4

 

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini