KPKNL Serang
Kilas Peristiwa DJKN

TARHIB RAMADHAN 1440 H DI KPKNL SERANG

Rabu, 08 Mei 2019   |   0 kali


Dalam rangka menyambut Bulan Suci Ramadhan 1440 H, KPKNL Serang mengadakan kegiatan Tarhib Ramadhan 1440 H (Jum’at, 03 Mei 2019/28 Sya’ban 1440 H). Bertempat di Aula Lantai 2 KPKNL Serang, kegiatan dilaksanakan seusai Sholat Jum’at yang dihadiri oleh Kepala KPKNL Serang Abdul Manaf beserta jajaran di lingkungan KPKNL Serang. Kegiatan Tarhib Ramadhan diisi dengan Tausiyah.


Sebagai pembuka dari kegiatan, Kepala KPKNL Serang Abdul Manaf  menyampaikan kata sambutannya bahwa kegiatan seperti ini merupakan kegiatan rutin dilingkungan KPKNL Serang tiap tahun menjelang Bulan Ramadhan. Selain itu, Abdul Manaf juga berpesan bagi seluruh jajaran di lingkungan KPKNL Serang, selama bulan Ramadhan agar menjauhkan diri dari hal-hal yang bisa mengurangi nilai ibadah puasa seperti membicarakan keburukan orang lain dan untuk tetap bersemangat dalam bekerja meskipun sedang dalam kondisi menjalankan ibadah puasa. Setelah sambutan dari Kepala Kantor, acara dilanjutkan dengan tausiyah oleh Ustad Maslah.


 Ustad Maslah menyampaikan dalam tausiyahnya bahwa secara terminologis (istilah), kata tarhib Ramadhan berarti menyambut kedatangan bulan Ramadhan dengan segala kesiapan, keluasan, kelapangan, keterbukaan dan kelebaran yang dimiliki, baik materiil maupun sprituil, jiwa dan raga serta segala apa yang ada dalam diri kita. Salah satu tanda keimanan adalah seorang muslim bergembira dengan akan datangnya bulan Ramadhan. Ibarat akan menyambut tamu agung yang ia nanti-nantikan. Kenapa harus bergembira menyambut Ramadhan? Kegembiraan tersebut adalah karena banyaknya kemuliaan, keutamaan, dan berkah pada bulan Ramadhan, sebagaimana disebutkan dalam hadits shahih riwayat Ahmad  dan Nasai, Dari Abu Hurairah radhiyallahu’anhu, Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam bersabda “Telah datang kepada kalian Ramadhan, bulan yang penuh berkah. Allah wajibkan kepada kalian puasa di bulan ini. Di bulan ini, akan dibukakan pintu-pintu langit, dan ditutup pintu-pintu neraka, serta setan-setan nakal akan dibelenggu. Demi Allah, di bulan ini terdapat satu malam yang lebih baik daripada 1000 bulan. Siapa yang terhalangi untuk mendulang banyak pahala di malam itu, berarti dia terhalangi mendapatkan kebaikan.” Dari hadits ini dijelaskan bahwa di bulan Ramadhan, Allah telah siapkan banyak kebaikan bagi para hamba-Nya, yang merupakan sebab untuk menggapai ampunan dan ridha-Nya.


Kegiatan Tarhib Ramadhan 1440 H ditutup dengan pembacaan doa oleh Ustad Maslah dan dilanjutkan dengan berjabat tangan sebagai wujud persaudaraan untuk selalu memaafkan.  


Penulis : TEGUH AGUNG AMANUYOSO
Tanggal ditulis : Rabu, 08 Mei 2019
Terakhir diedit : Rabu, 08 Mei 2019
Foto Terkait Kilas Peristiwa
Pengumuman
Kontak
Jalan Raya Serang - Cilegon Km. 3, Kelurahan Drangong, Kecamatan Taktakan, Kota Serang Kode Pos 42162
(0254) 216361
(0254) 216331
kpknl.serang@gmail.com