Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Serang > Artikel
Kegunaan Data dan Informasi Bagi Organisasi dan Perusahaan
Debora Putri Noventin Siburian
Kamis, 31 Maret 2022   |   22303 kali

              

Pada artikel sebelumnya, kita telah membahas mengenai perbedaan data analis dengan data scientist. Nah, sekarang kita mau tahu mengapa data dan informasi dibutuhkan dan penting bagi organisasi dan perusahaan.

Tanpa disadari sebenarnya kita telah hidup di tengah-tengah lautan data, mengolahnya dan mendapatkan informasi dari olahan data tersebut. Contohnya: data-data hasil pekerjaan yang kemudian dijadikan laporan bulanan. Dari laporan bulanan tersebut dapat diperoleh informasi lanjutan seperti potensi di suatu daerah. Pada contoh ini, data adalah angka-angka hasil pekerjaan di sebuah daerah, laporan bulanan adalah informasi yang diperoleh dari proses pengolahan data tersebut. Sampai sini sudah terbayang, ya, mengapa data dan informasi itu penting.

Untuk lebih jelasnya, saya akan menuliskan alasan mengapa data dan informasi penting ke dalam beberapa poin:

1.       Data speaks louder than tradition

Dunia bergerak maju. Dengan mengolah data, kita memperoleh informasi yang akan berbeda dari waktu ke waktu. Misalnya: potensi lelang daerah A pada tahun 2010 akan berbeda dengan potensinya pada tahun 2020, dan dapat dibuktikan dengan data. Maka dari itu, akan lebih tepat apabila ada tindakan adaptasi yang dilakukan setelah mendapatkan informasi baru tersebut. Dengan data, kita memiliki alasan tepat untuk mengubah sistem yang lama karena kita dapat membuktikan sistem yang baru akan lebih baik.

2.       Menentukan arah kebijakan

Informasi yang diperoleh dari mengolah data dapat membantu untuk membuat rencana dan tujuan jangka panjang, merumuskan strategi serta menyusun standar dan prosedur tertentu yang akan memajukan organisasi ataupun perusahaan.

3.       Efisiensi biaya

Melalui data, sebuah organisasi atau perusahaan dapat memprediksi tren kedepan dan/atau resiko yang akan dialami apabila sebuah keputusan diambil. Seringkali salah mengambil keputusan akan menimbulkan biaya atau kerugian yang besar. Pengambilan keputusan yang tepat setelah mengolah data dan menganalisanya dapat memberikan hasil keputusan yang kemudian akan mengantarkan pada keberhasilan.

4.       Memunculkan inovasi

Melalui data, kita tidak hanya dapat menganalisa kejadian di masa kini namun juga bisa memprediksi tren di masa depan. Berdasarkan hal ini, inovasi pun akan lebih mudah diwujudkan dengan dasar yang tepat.

5.       Evaluasi

Tidak hanya untuk inovasi di masa depan, data dan informasi juga berguna untuk mengevaluasi dan memperbaiki masalah-masalah yang ada saat ini.

Semoga cukup bisa dipahami, ya, mengapa data dan informasi sangat penting untuk keberlangsungan sebuah organisasi atau perusahaan. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Penulis: Debora Siburian, Subbagian Umum KPKNL Serang

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini