Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Serang > Artikel
Kuliner Nusantara Sate Bandeng Khas Banten
Ferdinandus Andreas
Selasa, 19 Oktober 2021   |   16406 kali

Banten adalah provinsi paling barat di Pulau Jawa dan merupakan provinsi termuda di Pulau Jawa yang sebelumnya bagian dari Provinsi Jawa Barat. Provinsi Banten merupakan wilayah kerja di bawah Kantor Wilayah DJKN Banten yang salah satu kantor pelayanannya adalah KPKNL Serang yang membawahi Kota Serang, Kota Cilegon, Kabupaten Serang, Kabupaten Lebak dan Kabupaten Pandeglang.

Wilayah kerja KPKNL Serang memiliki pesona alam, situs-situs bersejarah dan tentunya kuliner yang sangat terkenal seantero Nusantara. Salah satu kuliner yang sangat terkenal di Banten adalah Sate Bandeng. Sate biasanya terbuat dari daging sapi, kambing atau ayam, namun di kota Serang, Banten terdapat sate yang terbuat dari ikan bandeng yaitu sate bandeng. Salah satu yang terkenal di masyarakat kota Serang adalah sate bandeng Hj. Maryam. Dari sekian banyak penjual sate bandeng, sate bandeng Hj. Maryam banyak diburu para pencinta kuliner dari dalam maupun luar kota. Sate bandeng Hj. Maryam merupakan kuliner legendaris yang ada sejak tahun 1970 hingga saat ini yang dikelola oleh cucu dari Hj. Maryam bernama Dea Rahmat.

Keunikan dari sate bandeng Hj. Maryam adalah tidak mengandung duri. Hal tersebut tidak terlepas dari proses pembuatannya. Pertama, daging bandeng dikeluarkan dari kulitnya, kemudian dipisah dari durinya dan dicampur dengan bumbu-bumbu yang telah diracik secara khusus. Setelah itu dimasukkan kembali ke dalam kulitnya, lalu bandeng dibakar diatas arang. Oleh karena itu, para pecinta kuliner tidak perlu merasa waswas untuk mengonsumsi sate ikan bandeng ini.

Lalu bagaimana sate bandeng ini dari segi rasa? Dengan pengolahan menggunakan santan kelapa, tercipta rasa yang lezat dan gurih serta tekstur daging yang lembut. Selain itu, harga yang dipatok cukup terjangkau untuk para pecinta kuliner dari berbagai kalangan. Sate bandeng ini terdiri dari dua varian rasa yaitu rasa original dan rasa pedas.

Menurut informasi yang kami dapat, pada hari-hari biasa sebelum pandemi sate bandeng Hj. Maryam dapat memproduksi 250-280 buah sate bandeng, sedangkan pada hari libur mampu memproduksi 300 buah sate bandeng. Kemudian, saat peak season atau bulan Ramadhan sedikitnya 100 kilogram ikan bandeng yang bisa menghasilkan 350–400 buah sate bandeng.

Lokasi Sate Bandeng Hj Maryam beralamat di Jl. Kiuju Kaujon Tengah, No. 63 RT 03/02 Serang –  Banten. (Tim Humas KPKNL Serang)

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Foto Terkait Artikel
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini