Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Puluhan Mahasiswa Analis Keuangan Polines Berkunjung ke KPKNL Semarang
Deny Ariyanto
Jum'at, 02 Agustus 2019   |   692 kali

SEMARANG Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Semarang menyambut kedatangan mahasiswa Diploma IV Analis Keuangan Politeknik Negeri Semarang (Polines) dalam rangka mengikuti Kuliah Kerja Lapangan (KKL) pada Senin 29 Juli 2019. Kepala Subbagian Umum Budi Hartanto sebagai Pelaksana Harian (Plh) Kepala KPKNL Semarang menyambut para mahasiswa di Aula Gedung Keuangan Negara Semarang II Lantai 7, Jalan Imam Bonjol Semarang. Budi menjelaskan bahwa KPKNL Semarang merupakan salah satu unit vertikal Kementerian Keuangan di bawah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) yang mempunyai beberapa tugas dan fungsi antara lain melaksanakan pelayanan di bidang kekayaan negara, penilaian, piutang negara dan lelang. “Kalian selaku generasi muda harus dapat memaknai peran sebagai penerus bangsa Indonesia. Bangun ekonomi kreatif sebagai pilar perekonomian masa depan,” tambahnya.

Kunjungan KKL dengan tema “Explore The Economy For The Better Future” kali ini dimulai dengan penjelasan oleh Agung Purnama selaku staf seksi Pengelolaan Kekayaan Negara (PKN). Agung memaparkan mengenai Peran Pengelolaan Barang Milik Negara (BMN) dalam mewujudkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang efisien, efektif, dan optimal. Dilanjutkan oleh Kepala Seksi Pelayanan Penilaian, Suprapno yang menceritakan mengenai kegiatan Revaluasi Aset yang sedang dilakukan saat ini, serta memperkenalkan profesi Penilai Pemerintah sebagai supporting dari seksi PKN dan Piutang Negara (PN) dalam melaksanakan permohonan penilaian. Untuk menambah keseruan, diadakan games ringan yang berisi mengenai tugas dan fungsi KPKNL Semarang.

Kemudian Kepala Seksi Piutang Negara, Achmakrishna Himawan mengajak para mahasiswa  untuk menganalisis Neraca Pemerintah Republik Indonesia pada Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) tahun 2018 dari sisi piutang, karena piutang menjadi hal yang tak terpisahkan dalam suatu Laporan Keuangan. Seksi Pelayanan Lelang mendapatkan giliran terakhir untuk mempresentasikan mengenai prosedur dan persyaratan lelang. Pelelang Ahli Madya, Dany Kuryanto memberikan pengalaman baru kepada mahasiswa dalam kegiatan Simulasi Lelang yang diikuti oleh seluruh mahasiswa yang hadir.

Di ujung acara, Tyas Listyani sebagai dosen pendamping memberikan plakat kepada Plh. Kepala KPKNL Semarang. “Terima kasih banyak telah memberikan pengalaman dan wawasan kepada para mahasiswa kami. Dengan adanya pengalaman belajar ini, akan meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam mempersiapkan diri menghadapi dunia kerja yang sesungguhnya,” pungkasnya. (dnyHI)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini