Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Mahasiswa Akuntansi Polines, Kuliah Kerja Lapangan ke KPKNL Semarang
Deny Ariyanto
Rabu, 21 Februari 2018   |   1373 kali

SEMARANG - Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Semarang menyambut kedatangan mahasiswa/i Diploma 3 Politeknik Negeri Semarang Jurusan Akuntansi di Aula Gedung Keuangan Negara Semarang II, Senin, 12 Februari 2018. Kunjungan ini untuk mengikuti Kuliah Kerja Lapangan.

Kepala KPKNL Semarang, Wildan Ahmad Fananto, menyambut dengan suka cita. “Merekalah generasi penerus kita, yang kelak akan memberikan kontribusi untuk kemajuan bangsa. Selamat belajar, selamat mengenal Kementerian Keuangan melalui KPKNL Semarang,” sambut Wildan.

Kepala Seksi PKN, Indah Murniati, menjabarkan tugas dan fungsi PKN dalam Pengelolaan BMN/D. Dilanjutkan Kepala Seksi Pelayanan Penilaian, Joko Juwianto yang memperkenalkan profesi Penilai Pemerintah dan peranan pentingnya dalam Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) serta Pemanfaatan dan Pemindahtanganan BMN.

Mahasiswa/i jurusan Akuntansi tentu tidak asing dengan Laporan Keuangan. ‘Piutang' menjadi hal yang tak terpisahkan jika kita membaca suatu Laporan Keuangan. Kepala Seksi Piutang Negara, Achmakrisna Himawan, membahas mengenai Piutang Negara dan Piutang Daerah dan menjelaskan proses pengurusan piutang dengan runtut.

Di sela-sela perkuliahan, disisipkan games online seru untuk para peserta. Sorak-sorai bergemuruh ketika hasil games diumumkan.

Sementara itu di bidang layanan lelang, Kepala Seksi Pelayanan Lelang, Achmad Mulyono, mempresentasikan mengenai prosedur dan persyaratan lelang. Dari lelang Eksekusi, Non Eksekusi Wajib, sampai lelang Non Eksekusi Sukarela dipresentasikannya.

Selain diberikan pengenalan mengenai tugas dan fungsi KPKNL, mahasiswa/i yang hadir juga mendapat pengalaman yang berharga dengan dilaksanakannya Simulasi Lelang yang diikuti oleh seluruh peserta dengan antusiasme yang tinggi.

Pada akhir acara, Dosen Pendamping dari Polines memberikan plakat kepada Kepala KPKNL Semarang dengan ucapan terima kasih. “Terima kasih banyak kita telah diterima dengan baik di sini, dan semoga ilmu yang disampaikan hari ini bermanfaat untuk kita semua,” pungkasnya. (Foto: danang, Teks: dnyHI)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini