Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Semarang > Artikel
Tips Menabung Untuk Anak Gen-Z
Kamsidah
Jum'at, 17 November 2023   |   282 kali

Mungkin teman-teman termasuk yang masih percaya dengan pepatah lama, seperti “hemat pangkal kaya” dan “menabung agar beruntung dan tidak buntung”. Percaya atau tidak, dua pepatah tersebut masih benar sampai sekarang. Namun, di jaman sekarang tidak sekadar menyimpan uang dalam tabungan di bank, namun lebih dari itu. Karena jika yang Anda andalkan hanya itu, terutama pada saat ini, teman-teman hanya mentok pada strategi bertahan hidup secara finansial’ tidak untuk masa depan. Nah ini nih tips-tips Nabung yang bisa dilakukan Gen-Z.

 1. Berinvestasi dalam pasar modal

Salah satu tips menabung untuk jadi kaya di masa depan yang dapat teman-teman coba adalah dengan berinvestasi di pasar modal. Terdengar rumit? Tidak juga, selama Anda tahu caranya dan mau terus belajar. Beberapa jenis investasi yang dapat teman-teman coba adalah valuta asing, saham, investasi emas, deposito, atau reksa dana (yang terakhir ini dapat Anda coba bila merasa penghasilan teman-teman belum cukup besar untuk mencoba pilihan lainnya)

2.   Gunakan uang simpanan untuk membeli aset yang nilai jualnya bisa lebih tinggi daripada saat dibeli

Bila penghasilan teman-teman sudah lebih dari cukup, saaatnya teman-teman menggunakan uang simpanan untuk membeli aset yang nilai jualnya bisa lebih tinggi daripada saat diberli. misalnya, tanah atau bangunan (rumah). Terutama di daerah perkotaan, nilai tanah dan properti selalu meningkat setiap tahun, teman-teman juga dapat membeli emas batangan yang dapat dijual ketika harganya naik nanti. 

3.  Diversifikasi investasi dalam beberapa pos berbeda

Sekilas, tips menabung untuk jadi kaya di masa depan ini mengingatkan teman-teman pada pepatah “jangan kumpulkan semua telurmu di dalam satu keranjang”. Daripada berisiko kehilangan semua uang, jangan simpan di satu tempat yang sama. Mungkin ada yang tetap teman-teman tabung, sementara sisanya bisa teman-teman dapat gunakan untuk investasi atau biaya asuransi. Anggap saja yang teman-teman lakukan adalah mempersiapkan dana cadangan untuk kondisi darurat.

 

4.  Jangan menunggu tua dulu baru berinvestasi

Kapankah sebaiknya memulai investasi? Sekarang. Bahkan, kalau bisa dari kemarin. Jangan menunggu tua dulu baru berinvestasi, karena sedini mungkin jauh lebih baik. Sayangi diri sendiri dan keluarga sebelum terlambat.

 

5.  Gaya hidup hemat, tapi jangan sampai menyiksa diri

Ini salah satu tips menabung untuk jadi kaya di masa depan yang masih berlaku, meski tidak berarti teman-teman harus pelit dengan diri sendiri. Menghemat mati-matian setiap hari dengan membeli dan makan makanan instan yang memang murah tapi tidak bergizi amat tidak disarankan. Bukannya tambah kaya, teman-teman bisa jatuh sakit dan malah harus membayar mahal biaya ke dokter dan obat-obatan.

 

Penulis : Ama Himalatus Sholichah

Sumber: sahabat.pegadaian.co.id

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini