Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Semarang > Artikel
Manfaat Donor Darah bagi Kesehatan yang Harus Diketahui
Dwito Joko Priyono
Kamis, 27 Oktober 2022   |   22953 kali

Setiap memperingati Hari Oeang Republik Indonesia (HORI), salah satu kegiatan sosial yang dilakukan Kementerian Keuangan secara rutin adalah melakukan donor darah.  Donor darah merupakan kegiatan pengambilan darah dari Pendonor secara sukarela yang nantinya akan disalurkan kepada orang yang membutuhkan. Donor darah dinilai sebagai kegiatan yang baik serta menyehatkan. Selain dapat membantu sesama dan menyelamatkan banyak nyawa, kegiatan donor darah juga dapat membuat tubuh menjadi lebih sehat.

Lantas apa sajakah manfaat dari donor darah yang dapat kita rasakan.  Berikut ini manfaat positif dari kegiatan donor darah:

1.   Dapat Mencegah Penyakit Kanker

Manfaat yang pertama dari kegiatan donor darah adalah dapat munurunkan resiko kanker. Hal ini karena zat besi yang berlebihan di dalam tubuh dapat menimbulkan radikal bebas yang lebih tinggi dimana tingginya radikal bebas dapat memicu tumbuhnya kanker. Dan dengan mendonorkan darah, zat besi di dalam tubuh akan berkurang dan tidak melebihi yang semestinya.

 2.   Dapat Mencegah Penyakit Jantung

Manfaat donor darah yang kedua adalah dapat mengurangi resiko penyakit jantung. Hal ini karena zat gizi dalam darah akan bertambah setelah donor darah. Selain itu, penyumbatan darah di dalam jantung akan ikut berkurang dan alirah darah menjadi lancar. Detak jantung akan lebih stabil setelah mendonorkan darah.

 3.   Dapat Menurunkan Berat Badan

Manfaat donor darah yang ketiga adalah dapat membantu menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan saat donor darah berlangsung, 450 mililiter darah yang disalurkan dapat membakar kalori di dalam tubuh sebesar 650 kalori. Hal tersebut tentu membuat badan jadi lebih sehat dan terasa lebih ringan.

 4.   Dapat Membantu Mendeteksi Suatu Penyakit

Manfaat donor darah keempat yaitu dapat mendeteksi suatu penyakit. Hal ini dikarenakan sebelum disalurkan kepada orang lain, darah yang telah didonorkan otomatis akan diperiksa terlebih dahulu. Darah yang telah didonorkan harus memasuki laboratorium terlebih dahulu untuk memastikan apakah darah tersebut didalamnya terdapat penyakit tertentu atau tidak. Jika darah terbebas dari hasil penyakit, maka darah dapat disalurkan kepada yang membutuhkan. Namun jika terdeteksi suatu penyakit, maka petugas akan segera memberitahukan hal tersebut kepada Si Pendonor.

 5.   Dapat Membantu Meningkatkan Produksi Sel Darah Merah

Manfaat donor darah yang kelima yaitu dapat membantu menstimulasi produksi sel darah merah. Hal ini dikarenakan setelah dilakukan donor darah, sumsum tulang belakang akan segera memproduksi sel darah merah yang baru untuk menggantikan darah yang telah berkurang. Darah pun akan tergantikan menjadi darah yang lebih segar dan sehat.

Dengan mengetahui manfaat donor darah diatas, tidak ada lagi alasan bagi kita untuk enggan melakukan donor darah. Sebelum melakukan donor, calon pendonor akan dilakukan seragkaian pemeriksaan kesehatan terlebih dahulu oleh petugas, seperti kondisi fisik dalam keadaan sehat, usia, suhu tubuh, tekanan darah, dan kadar hemoglobin (Hb) sesuai standar yang ditetapkan. Tidak kalah penting, sebelum melakukan donor darah, pastikan asupan gizi dalam tubuh terutama zat besi telah terpenuhi, istirahat yang cukup, serta minum air yang cukup agar tubuh dalam keadaan prima dan siap melakukan donor.

Penulis: Kamsidah dan Yulfa Aulia Pramita Putri

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Foto Terkait Artikel
Peta Situs | Email Kemenkeu | FAQ | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini