Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Semarang > Artikel
Move On Dari Pandemi, Yuk Vaksinasi!
Agus Kurniawan
Selasa, 13 Juli 2021   |   487 kali

Pemerintah memastikan menarik rem darurat akibat lonjakan covid-19 akhir-akhir ini, oleh karena itu Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberlakukan PPKM ( Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) untuk wilayah Jawa-Bali. Jokowi berharap pembatasan kali ini dapat dilakukan lebih ketat daripada sebelumnya, dimana PPKM ini diberlakukan dari tanggal 3-20 Juli 2021. Di sisi lain, saat ini Pemerintah tengah gencar-gencarnya melakukan program vaksinasi dimana program ini dirasa sangat efisien jika dilihat dari sisi ekonomi kesehatan dalam menekan berkembangnya Covid-19 di tanah air. Pemerintah juga bersinergi agar program vaksinasi ini dapat dilakukan secara cepat dan serentak untuk memulihkan kesehatan masyarakat, disamping tetap memastikan prokes  tetap dijalankan meski program vaksinasi sudah berjalan.


Secara umum, vaksin bekerja dengan merangsang pembentukan kekebalan tubuh secara spesifik terhadap bakteri atau virus penyebab penyakit tertentu. Sehingga apabila terpapar, seseorang akan bisa terhindar dari penularan ataupun sakit berat akibat penyakit tersebut. Indonesia memberikan vaksinasi Covid-19 gratis kepada seluruh masyarakat dengan tahapan sasaran kelompok prioritas. Dan yang harus ditekankan di sini adalah vaksin covid bukanlah obat. Vaksin covid adalah suatu upaya preventif untuk mengurangi risiko. Jika semua masyarakat tervaksin covid, maka kekebalan kelompok atau herd immunity akan terbentuk dengan baik. Ini akan menurunkan angka kematian akibat Covid-19. Tujuannya sama, untuk melindungi sistem kesehatan secara menyeluruh.


Dan dengan kondisi sekarang dimana program PPKM sedang dicanangkan dan dilaksanakan, Pemerintah juga menargetkan agar vaksinasi di bulan Juli dapat mencapai target 1 juta dosis vaksinasi per hari. Berdasarkan informasi vaksinasi dari Kementerian Kesehatan, Rabu (07/7/2021), sudah ada 40.349.049 orang dari berbagai kalangan yang mendapatkan vaksin Covid-19. Dari jumlah itu, 35.58 persen di antaranya atau 14.357.113 orang sudah mendapatkan vaksin dalam 2 dosis atau penuh. Sisanya, sebanyak 33.488.253 baru mendapatkan suntikan dosis pertama.


Selain program vaksinasi yang harus terus berjalan, kita sebagai masyarakat pun harus tetap sadar dan konsisten untuk menerapkan prinsip 5M (Memakai masker, Menjaga jarak aman, Mencuci tangan, Menjauhi kerumunan dan Mengurangi mobilitas) agar  setiap individu bisa menekan hospitalisasi (rawat inap) dan sebagai upaya untuk selalu menjaga kesehatan. (Penulis: Pujiati/Agus Kurniawan KPKNL Semarang)

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini