Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Purwakarta > Kilas Peristiwa
Aksi Bebersih Situbuled, Salah Satu Implementasi Nilai-Nilai Kementerian Keuangan
Sumedi
Selasa, 06 November 2018   |   399 kali

Kebersihan dan kesehatan lingkungan merupakan suatu kewajiban bagi setiap individu untuk menjaganya, karena dengan menjaga kebersihan lingkungan dapat menciptakan kehidupan yang aman, bersih, sejuk dan sehat. Adapun manfaat menjaga kebersihan lingkungan antara lain dapat terhindar dari penyakit yang disebabkan lingkungan yang tidak sehat, lingkungan menjadi lebih sejuk, bebas dari polusi udara, dan pada akhirnya dapat lebih nyaman dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Sesuai dengan salah satu hadis yang sering kita dengar bahwa kebersihan sebagian dari iman, maka tidak lengkaplah iman seseorang apabila tidak dapat menjaga kebersihan.

 Atas dasar itulah, pada hari Jumat tanggal 2 Nopember 2018 KPKNL Purwakarta berinisiatif untuk melakukan kegiatan bertema kebersihan lingkungan di sekitar kantor, yaitu di Taman Situ Buleud (Taman Air Mancur Sri Baduga), yang selain memang bertujuan untuk menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan, namun juga sekaligus kegiatan dalam rangka memperingati Hari Oeang RI ke-72 dan Hari Ulang Tahun ke-12 DJKN tahun 2018. Yang menarik dalam kegiatan kali ini adalah KPKNL Purwakarta menggandeng KPPN Purwakarta untuk bekerja sama dalam kegiatan postif ini yang disambut dengan sangat antusias, sebagai salah satu bentuk implementasi nilai nilai Kementerian Keuangan yaitu Sinergi.

Adapun Situ Buleud sendiri merupakan salah satu landmark di Kabupaten Purwakarta, di mana secara harfiah nama Situ Buleud sendiri berarti danau yang berbentuk bulat. Situ seluas empat hektar ini berada di jantung kota tepatnya di Jalan Kolonel Korner Singawinata, Kelurahan Nagri Kidul, Kecamatan Purwakarta Kota, Kabupaten Purwakarta.  Selain sebagai tempat wisata Situ Buleud pun dulunya diperuntukkan untuk cadangan air bagi kawasan pemerintahan dan masyarakat sekitar. Dengan keberadaan taman Situ Buleud yang memiliki arti penting bagi masyarakat Purwakarta, maka tentunya adalah kewajiban bagi KPKNL Purwakarta untuk turut berpartisipasi dalam menjaga keindahan dan kebersihan taman Situ Buleud.

                Kegiatan aksi bebersih taman Situ Buleud tersebut dimulai tepat pukul 06.40 yang diawali dengan doa bersama dengan dipimpin oleh Kepala KPKNL Purwakarta Tatang Maulana, sebagai bentuk wujud syukur atas berkah Allah Tuhan Yang Maha Esa dan untuk kelancaran pelaksanaan kegiatan. Kemudian para pegawai dibekali dengan sarung tangan plastik dan kantong sampah, dan mulai menyusuri taman sambil memunguti sampah yang ditemui sepanjang perjalanan. Antusiasme para pegawai yang terlibat baik dari KPKNL Purwakarta maupun dari KPPN Purwakarta sangat tinggi, terlihat dari banyaknya kantong sampah yang terkumpul. Cuaca yang cukup bersahabat sangat membantu kelancaran kegiatan sehingga berakhirnya kegiatan pada pukul 08.30. Harapannya ke depan kegiatan seperti ini dapat kembali dilakukan secara rutin sebagai bentuk kepedulian kepada lingkungan dan juga implementasi nilai-nilai Kementerian Keuangan.

Foto Terkait Kilas Peristiwa
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini