Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Menjadi Generasi Melek Keamanan Informasi
Arifatul Faizah
Senin, 19 September 2022   |   419 kali

Saat ini pertumbuhan penggunaan internet dan teknologi di Indonesia sangat pesat. Hampir setiap lapisan masyarakat akrab dengan dunia maya dan perangkat teknologi informasi. Namun sangat disayangkan bahwa pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab menggunakannya untuk memperoleh keuntungan dengan memanfaatkan data-data yang seharusnya bukan untuk publik. Akibatnya penggunaan internet dan perangkat teknologi sangat riskan serta berpotensi terjadinya kejahatan dan serangan yang bisa merugikan masyarakat. Keadaan ini juga tidak diimbangi dengan kesadaran masyarakat terhadap keamanan informasi. Kenyataannya kesadaran (awareness) masyarakat Indonesia masih sangat rendah akan keamanan informasi.

Lalu apa itu keamanan informasi? dan Mengapa kita harus sadar akan keamanan informasi?

Keamanan informasi merupakan suatu perlindungan informasi dari akses, penggunaan, pengungkapan, gangguan, modifikasi, atau penghancuran yang tidak sah untuk memberikan kerahasiaan, integritas, dan ketersediaan informasi. 3 aspek dalam keamanan informasi yaitu : Confidentiality (Kerahasiaan) artinya keamanan informasi menjamin hanya orang-orang yang memiliki kewenangan terhadap informasi saja yang dapat mengakses informasi. Integrity (Integritas) artinya keamanan informasi menjamin kelengkapan informasi dan menjaga dari kerusakan atau ancaman lain yang dapat mengakibatkan adanya perubahan informasi dari aslinya. Melindungi keutuhan data dan informasi organisasi dari modifikasi yang tidak sah. Availability (Ketersediaan) keamanan informasi menjamin pengguna atau pihak berwenang dapat mengakses dan menggunakan informasi kapanpun, dimanapun tanpa adanya gangguan kegagalan akses informasi..

Tren ancaman keamanan informasi yang terus meningkat, tingginya nilai transaksi keuangan, tingginya tingkat ketergantungan proses bisnis terhadap TIK, Perkembangan teknologi yang semakin pesat, dan masih terdapat system informasi yang belum sesuai standar keamanan mengharuskan kita untuk selalu meningkatkan kesadaran akan keamanan penggunaan internet dalam kehidupan sehari-hari kita. Hal tersebut karena manusia adalah titik terlemah dalam keamanan informasi ini. Kita bisa menjadi generasi yang paham atau aware akan keamanan informasi dengan cara meningkatkan kesadaran dalam penggunaan internet dan penggunaan perangkat elektronik pada saat ini.

Keamanan informasi bukan hanya menjadi tanggung jawab tim keamanan informasi atau orang-orang tertentu saja, namun merupakan tanggung jawab seluruh elemen masyarakat. Apabila kita lengah mengabaikan hal tersebut, dapat menyebabkan kerugian ataupun gangguan yang sangat besar dampaknya. Kerugian tersebut seperti kerugian finansial, terganggunya kegiatan operasional, rusaknya reputasi, kebocoran informasi, hilangnya trust dari masyarakat, dan kehilangan kekayaan intelektual

Lalu apa yang bisa kita lakukan untuk mencegah dan mengurangi dampak dari keamanan informasi tersebut?

Cara yang bisa dilakukan yaitu dengan menggunakan internet yang aman dan sehat, meningkatkan literasi digital termasuk etika dalam berinternet, menggunakan perangkat mobile device secara aman seperti menggunakan akun dan kata sandi yang kuat, tidak membagi sandi kepada orang lain, mengunci perangkat elektronik saat ditinggalkan, menginstal aplikasi yang aman, dan menggunakan perangkat dan akses jaringan secara aman, tidak menyebar rumor/hoax dan beretika dalam bermedia sosial. Mari bersama menjadi generasi yang sadar akan keamanan informasi pribadi dan organisasi kita.

Penulis : Arifatul Faizah

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Foto Terkait Artikel
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini