Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Cara Komunikasi Yang Baik
Irfan Fanasafa
Selasa, 10 Mei 2022   |   22253 kali

Kemampuan berkomunikasi yang baik merupakan salah satu jalan kesuksesan. Komunikasi merupakan bagian penting dalam kehidupan manusia sebagai makhluk sosial agar dapat menjalin suatu hubungan baik antara satu dengan lainnya. Hidup adalah menjual ide atau gagasan karena setiap apa yang kita lakukan pasti dilakukan dengan adanya suatu ide atau gagasan dalam diri atau pikiran kita. Banyak sekali ide hebat yang tidak bisa tersampaikan karena tidak melalui komunikasi yang baik.

Suatu ilmu, skill, dan lain-lain jika tidak dikomunikasikan dengan baik maka tidak ada yang mau mendengarkan, mengikuti, membeli, serta membantu apa yang kita komunikasikan.

            Berikut jenis-jenis komunikasi yang perlu kita ketahui:

-       Verbal

Komunikasi verbal adalah penyampaian informasi yang dilakukan secara langsung dengan berbicara atau menggunakan bahasa isyarat. Komunikasi verbal tidak hanya berupa lisan saja, namun meliputi pula komunikasi tertulis. Komunikasi verbal dilakukan lebih dari satu orang dengan berbincang (lisan) atau bertukar pesan melalui online atau surat (tertulis).

-       Non-Verbal

Komunikasi non-verbal biasanya menyampaikan informasi dengan bahasa tubuh, penampilan, gestur dan ekspresi wajah. Komunikasi non-verbal lebih mengutamakan perasaan dan emosi, sehingga kita harus mengerti suasana hati lawan bicara. Contohnya adalah ketika lawan bicara menangis, maka kita tahu bahwa suasana hati lawan bicara sedih.

-       Tertulis

Komunikasi tertulis menggunakan media tulisan untuk menyampaikan pesan dan informasi. Komunikasi tertulis lebih bermanfaat karena ada catatan informasi dari komunikator yang bisa digunakan sebagai referensi di masa depan. Contohnya kita membaca suatu buku, blog, catatan dan lain-lain.

-       Visual

Tidak beda jauh dengan komunikasi tertulis, hanya saja komunikasi visual lebih menggunakan gambar atau barang untuk memahami interaksi. Contohnya ketika melakukan presentasi menggunakan suatu grafik tertentu atau rambu lalu lintas untuk menyampaikan kapan waktunya berhenti atau jalan.

Kemampuan komunikasi harus dipunyai setiap orang karena semua hal harus dikomunikasikan. Berikut beberapa tips pintar komunikasi, yaitu:

-       1. Menjadi opener

Menjadi opener atau pembuka pembicaraa yang baik adalah melakukan leveling atau menyamakan frekuensi dengan masuk kedalam latar belakang atau hal yang disukai lawan bicara. Menjadi opener juga harus berwawasan luas, alangkah baiknya melakukan research untuk membuka topik pembicaraan 

-       Menjadi listener

Pendengar yang baik adalah mendengarkan dengan seksama sekaligus untuk menunjukan bahwa kamu menghargainya. Tidak memotong pembicaraan juga merupakan bagian dari seorang pendengar yang baik.

-       2. Perhatikan tutur kata

Berfikirlah dahulu sebelum berbicara. Pastikan bahwa perkaataan yang kita akan ucapkan baik dan tidak akan menyinggung pihak manapun. 

-       3. Perhatikan waktu dan tempat berbicara

Terkadang beberapa hal yang kita bicarakan dapat menyinggung beberapa orang yang mendengarnya secara sengaja maupun tidak sengaja. Tidak semua topik pembicaraan dapat digunakan dibeberapa tempat. Kita juga harus tau waktu yang tepat untuk berbicara seperti menyelipkan candaan dalam pembicaraan atau tau kapan waktunya untuk bertanya ketika sedang mendengarkan suatu presentasi.

-       4. Berbicara langsung ke inti

Tanpa kita sadari banyak sekali perkataan yang seharusnya tidak dibahas dalam beberapa pembicaraan. Banyak interaksi dan berbicara dengan banyak orang, belum tentu menjadi komunikator yang baik. Komunikasi yang baik harus mampu menyampaikan inti pembicaraan secara lugas dan efektif.

-       5. Perhatikan bahasa tubuh

Bahasa tubuh yang paling umum dalam komunikasi adalah memperhatikan lawan berbicara. Perhatikan intonasi dalam berbicara agar tidak timbul kesalah pahaman.


Penulis : Mustika Retno Wardhani

Referensi :

  1. https://www.ekrut.com/media/cara-berkomunikasi-yang-baik
  2. https://www.ekrut.com/media/kemampuan-komunikasi
  3. https://youtu.be/thbBBzgkP8E




Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini