Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Mana Yang Paling Cepat dan Aman, Jaringan via Kabel atau Nirkabel?
Irfan Fanasafa
Jum'at, 23 Juli 2021   |   47363 kali

Tuntunan teknologi jaringan komputer yang makin handal terutama segi kecepatan dan keamanan semakin dibutuhkan. Bukan hanya pengguna korporat atau instansi pemerintah saja tetapi bisnis perorangan bahkan pengguna rumahan semakin membutuhkannya.

Di masa pandemi ini demi menjaga resiko paparan virus kebutuhan untuk menjalankan aktivitas baik kebutuhan rumah tangga, sekolah/kuliah dan aktivitas profesi semakin dituntut dengan sistem tanpa tatap muka langsung. Bahkan aktivitas bisnis dan dunia usaha perlahan sudah mulai bergeser ke konsep perdagangan online atau dikenal dengan marketplace seperti tokopedia, shopee, jd.id, lazada dan lain lain, di masa pandemi ini aktivitas tersebut mengalami kenaikan yang lebih signifikan. Bahkan absensi kehadiran dengan perangkat keras sudah bisa diadopsi via online seperti aplikasi dianas DJKN dan e-Kemenkeu Kementerian Keuangan.

Sebuah keniscayaan baik bagi penyedia ataupun pengguna jasa, kecepatan dan keamanan jaringan internet yang digunakan adalah hal krusial.

Dengan berkembangnya teknologi nirkabel yang pesat kecepatan traffic data kabel mulai tersaingi dengan kecepatan nirkabel. Namun kembali ke kebutuhan dasar, manakah yang paling cepat dan aman?

Bersumber dari artikel Perusahaan Jasa Keamanan Jaringan Inggris, Aberdeen Cyber Security melalui situsnya https://aberdeencybersecurity.co.uk berikut uraian singkat untuk memberikan pemahaman kepada kita manakah jaringan intra/internet yang paling aman.

 

Jaringan Kabel

Kinerja – Jaringan kabel berkinerja lebih baik daripada jaringan nirkabel. Ini karena gangguan yang lebih sedikit daripada yang biasanya dihadapi jaringan nirkabel. Memiliki jaringan kabel memungkinkan jaringan yang lebih stabil secara keseluruhan. Kami sangat menyarankan menginstal jaringan kabel untuk mesin penting seperti server dan router. Ini akan menghindari gangguan layanan yang biasanya disebabkan oleh jaringan nirkabel.

Keamanan – Jaringan kabel lebih aman daripada jaringan nirkabel. Ini karena fakta bahwa jaringan Anda hanya dapat diakses dengan koneksi kabel fisik. Dengan jaringan nirkabel, sinyal Wi-Fi disiarkan di luar gedung, membiarkannya terbuka untuk umum dan calon peretas.

Instalasi - Yang ini tergantung pada situasi Anda. Banyak tempat bisnis dan rumah modern telah dibangun di kabel jaringan yang berjalan di belakang dinding dan di bawah lantai yang disebut kabel terstruktur. Jika ini masalahnya, maka sebagian besar pekerjaan sulit telah selesai dan sisanya harus langsung dipasang.

 

Jaringan nirkabel

Kinerja – Sebagai aturan umum, kinerja jaringan nirkabel lebih buruk daripada jaringan kabel karena faktor-faktor seperti jangkauan sinyal, jumlah perangkat yang terhubung, perangkat kantor, dan fitur bangunan seperti lift dan pipa. Namun, jaringan Wi-Fi meningkatkan kemampuannya dengan kemajuan modern seperti 802.11ax. Kami mengawasi ruang ini saat industri bergerak menuju tempat kerja yang terhubung secara nirkabel.

Keamanan – Jaringan nirkabel kurang aman dibandingkan jaringan kabel. Jaringan nirkabel harus diamankan dengan benar karena mengakses jaringan nirkabel dapat dilakukan secara diam-diam dan tidak memerlukan akses fisik ke gedung. Jaringan nirkabel dapat diamankan untuk mencegah serangan berbahaya dengan proses otentikasi tingkat lanjut seperti WPA2 perusahaan dengan 802.1X.

Instalasi – Jaringan nirkabel sebagian besar mudah dipasang. Mereka tidak memerlukan sejumlah besar kabel fisik untuk dipasang dan memungkinkan komputer dan tablet Anda untuk dipindahkan.

 

Kesimpulan

Sebaiknya gunakan jaringan kabel jika memungkinkan. Perangkat seperti smartphone dan beberapa laptop tidak memiliki kemampuan untuk terhubung ke jaringan Anda dengan kabel. Jika ini masalahnya, maka koneksi nirkabel yang jelas adalah satu-satunya solusi yang mungkin. Manfaat memiliki jaringan kabel jauh lebih besar daripada memiliki jaringan nirkabel. Selain itu, memang dimungkinkan untuk memiliki jaringan campuran yang menyatukan perangkat kabel dan nirkabel untuk memaksimalkan produktivitas dan kinerja bisnis sepenuhnya. (foto/narasi : Irfan Fanasafa, referensi : https://aberdeencybersecurity.co.uk/wired-vs-wireless-networking/)

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini