Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
RUMAH DINAS PADA KPPBC TMP C NANGA BADAU TEROPTIMALKAN DENGAN BAIK
Bernadeta Rosariana
Jum'at, 21 Mei 2021   |   416 kali

Kapuas Hulu (20/05) - Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara pada Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Pontianak melakukan survei/ peninjauan lapangan dalam rangka portofolio aset atau evaluasi kinerja Barang Milik Negara (BMN) pada Rumah Dinas Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) TMP C Nanga Badau pada hari Selasa-Kamis tanggal 18-20 Mei 2021.

Portofolio Aset dilakukan oleh Tim Evaluasi yang sudah ditetapkan oleh Kepala KPKNL Pontianak dengan jumlah anggota 3 (tiga) orang serta melibatkan pihak dari KPPBC TMP C Nanga Badau selaku Pengguna Barang sebagai supplier/pemberi data dan informasi serta pendampingan dalam melaksanakan pengukuran kinerja BMN berupa Rumah Dinas tersebut.

Survei/peninjauan lapangan dilakukan untuk mengumpulkan data sesuai dengan indikator dan dimensi yang telah ditetapkan sebagaimana termuat dalam formulir pendataan kinerja aset. Adapun indikator pengukuran kinerja BMN yang dimaksud adalah Indikator Kepentingan Umum, Indikator Manfaat Sosial, Indikator Tingkat Kepuasan Pengguna, Indikator Potensi Penggunaan Masa Depan, Indikator Kelayakan Finansial dan Indikator Kondisi Teknis.

Saat survei/peninjauan lapangan, Tim Evaluasi KPKNL Pontianak juga melakukan pengukuran fisik terhadap bangunan Rumah Dinas serta mengecek kelengkapan administrasi penghuni Rumah Dinas. Pihak KPPBC TMP C Nanga Badau yang diwakili oleh Ida Bagus Adi, Staf pada Subbagian Umum sangat kooperatif dan aktif dalam memberikan data dan informasi yang dibutuhkan untuk evaluasi kinerja BMN ini.

Berdasarkan hasil survei, terdapat 16 (enam belas) rumah dinas dengan 3 (tiga) tipe yang berbeda pada KPPBC TMP C Nanga Badau. Rumah Dinas tersebut dalam kondisi dan sudah teroptimalisasi dengan baik. Seluruhnya dihuni dan dimanfaatkan sebagaimana fungsinya. Ini menjadi catatan baik bagi KPPBC TMP C Nanga Badau mengingat sebaik-baiknya Aset adalah yang bermanfaat bagi penggunanya. Nampak Rumah Dinas juga dipelihara dengan baik oleh penghuninya. “Beberapa Rumah Dinas dicat sendiri oleh penghuninya, biar ga bosan katanya. Untuk kenyamanan juga tentu ada keinginan dari Penghuni untuk menjaga dan memelihara Aset ini” ujar Adi.

Menanggapi kegiatan survei yang dilaksanakan secara langsung oleh Tim Evaluasi KPKNL Pontianak, Guntur selaku Kasubbag Umum KPPBC TMP C Nanga Badau menyampaikan apresiasi dan harapan baik dalam pengelolaan aset BMN di masa depan. “Kami sedang menyusun RK-BMN, rencananya mau mengajukan pembangunan Kantor. Semoga evaluasi kinerja BMN ini dapat memberikan hasil analisis terhadap perencanaan strategis untuk memaksimalkan potensi aset agar lebih selaras dengan kebutuhan. Semoga sinergi dan kerja sama kita sebagai pengguna dan pengelola Aset tetap terjaga, khususnya terkait penggunaan dan pemanfaatan BMN yang ada di KPPBC TMP C Nanga Badau” harapnya.

Portofolio aset memberikan laporan yang merangkum kinerja BMN tertentu. Tindak lanjut dari portofolio aset ini akan menjadi bahan pertimbangan dalam mengambil keputusan untuk menentukan arah kebijakan dan tindakan yang dianggap perlu dalam mengelola aset BMN. Sehingga, sangat penting bagi pengelola dan pengguna Barang terlibat dalam penilaian dan memberikan informasi, masukan serta komentar selama proses portofolio aset berlangsung.

(Tim HI KPKNL Pontianak)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini