Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Pematang Siantar > Kilas Peristiwa
Kegiatan Asistensi dan Persiapan Lelang UMKM pada Peringatan 114 Tahun Lelang Indonesia
Widya Aprilina Sinaga
Kamis, 10 Maret 2022   |   178 kali

Pejabat Fungsional Pelelang Ahli Pertama, Muhammad Riza Aulia Matondang didampingi oleh Pelaksana pada Seksi Kepatuhan Internal, Firza Afifah dan Pelaksana pada Seksi Hukum dan Informasi, Widya Aprilina Sinaga melaksanakan kunjungan langsung pada beberapa para pelaku UMKM di wilayah Kota Pematangsiantar dalam rangka asistensi sekaligus pengumpulan dokumen persyaratan yang dibutuhkan, serta pengumpulan bahan foto/video yang dibutuhkan pada media sosial dan Kompetensi Kedai Lelang KPKNL Pematangsiantar Tahun 2022.

Kegiatan ini dilaksanakan sesuai dengan Nota Ninas Direktur Lelang Kekayaan Negara Nomor : ND- 94/KN.7/2022 tanggal 20 Januari 2022 perihal Dukungan Terhadap Kegiatan 114 Tahun Lelang Indonesia, yang pada intinya bermaksud untuk menyampaikan beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan dalam rangka memperingati 114 Tahun Lelang Indonesia, yang terdiri atas Kegiatan Bulan Sinergi dan Edukasi Lelang, Gebyar Lelang Produk UMKM Tahun 2022, dan Pencanangan Kompetensi dan Inovasi Lelang Produk UMKM (Kedai Lelang UMKM) Tahun 2022.

Berdasarkan Nota Dinas dimaksud, Kepala KPKNL Pematangsiantar telah menetapkan Surat Keputusan Nomor KEP-38/WKN.02/KNL.02/2022 tanggal 25 Februari 2022 tentang Tim Kompetisi dan Inovasi Lelang Produk UMKM (Kedai Lelang UMKM) Tahun 2022 pada Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Pematangsiantar.

Pelaksanaan Lelang UMKM merupakan salah satu langkah yang dilaksanakan Direktorat Jenderal Kekayaan Negara dalam mewujudkan lelang sebagai instrumen jual beli yang mampu mengakomodir kepentingan masyarakat, yang tentunya memerlukan inovasi, kreativitas, dan kerja sama yang baik demi tercapainya optimalisasi pada sektor lelang sukarela dengan objek produk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

KPKNL Pematangsiantar sebelumnya telah melaksanakan koordinasi awal dengan para pelaku UMKM di wilayah kerja KPKNL Pematangsiantar melalui telepon dan pesan whatsapp. Para pelaku UMKM tersebut menyambut baik dan bersedia untuk mengikuti lelang dimaksud.

Kunjungan dilaksanakan pada beberapa pelaku UMKM di Kota Pematangsiantar, yaitu :

  1. LPK Anugrah (Pengrajin tenun, Sarung, Selendang, Songket, Tas, Dompet, dan Sepatu Etnik) yang berlokasi di Jalan Halilintar Nomor 6, Siopat Suhu, Siantar Timur, Kota Pematangsiantar.
  2. RUPALA / Rumah Pala (Pengolah Manisan, Sirup, Jus, Selai, dan Dodol yang berbahankan Biji Pala) yang berlokasi di Jalan Melanthon Siregar Nomor 204, Marihat Jaya, Siantar Marimbun, Kota Pematangsiantar.
  3. Bah Pison (Pengrajin tenun, Tas, Topi, dan Kerajinan Tangan dengan motif etnik Batak) yang berlokasi di Jalan D.I.Panjaitan Nomor 78, Nagahuta Timur, Siantar Marimbun, Kota Pematangsiantar.
  4. Roti Ketawa Pelangi (Pengolah Snack berupa Roti Ketawa Khas Kota Pematangsiantar) yang berlokasi di Jalan Medan Pematang Siantar No. 38 Nagapitu, Sumber Jaya, Kec. Siantar Martoba, Kota Pematangsiantar.

Berdasarkan hasil koordinasi yang telah dilaksanakan, para pelaku UMKM bersedia untuk mengikuti lelang dimaksud dan telah melengkapi persyaratan yang dibutuhkan. Tim publikasi juga melaksanakan dokumentasi objek lelang, baik berupa foto maupun video, yang akan digunakan sebagai bahan dokumenter pelaksanaan lelang UMKM.

Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini