Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Kemenkeu Mengajar 8, Satu Hari Mengajar, Selamanya Memberi Arti
Widya Aprilina Sinaga
Rabu, 25 Oktober 2023   |   318 kali

Pematang Siantar, 23/10/2023 - Kementerian Keuangan kembali melaksanakan kegiatan Kemenkeu Mengajar secara serentak di seluruh Indonesia yang pada tahun 2023 ini menjadi tahun ke-8. Kemenkeu Mengajar hadir memberikan edukasi kepada siswa/i tentang bagaimana peran Kementerian Keuangan dalam upaya menjaga ekonomi negeri, serta memperkenalkan profesi, nilai-nilai kebaikan, dan semangat yang ada di Kementerian Keuangan. Kemenkeu Mengajar merupakan kegiatan mengajar yang dilakukan oleh Pegawai Kementerian Keuangan secara sukarela dan tidak membebani Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara. Kemenkeu Mengajar dilaksanakan sekaligus sebagai bagian dari rangkaian peringatan Hari Oeang Ke-77 Republik Indonesia sekaligus bentuk bakti dan pengabdian insan Kementerian Keuangan kepada masyarakat, khususnya di dunia pendidikan.

Adapun para relawan terbagi dalam 4 (empat) bagian besar, yaitu Panitia Daerah, Relawan Pengajar, Relawan Fasilitator, dan Relawan Dokumentator yang berasal dari instansi di bawah Kementerian Keuangan. KPKNL Pematang Siantar juga turut berkontribusi dengan hadirnya 3 (tiga) relawan yang terbagi dalam 2 (dua) wilayah, yaitu Kota Medan dan Kota Pematang Siantar. Erni Hayati Nasution, Pejabat Fungsional Pelelang Ahli Muda beserta Dwinda Ayuni Lubis, pelaksana pada Seksi Kepatuhan Internal pada KPKNL Pematang Siantar berkontribusi dengan menjadi relawan pengajar di SMP Kemala Bhayangkari, Kota Medan, sedangkan Widya Aprilina Sinaga, Pelaksana pada Seksi Hukum dan Informasi turut serta bergabung menjadi salah satu relawan dokumentator Kemenkeu Mengajar di SMA Seminari Menengah Christus Sacerdos, di Kota Pematang Siantar.

Materi yang disampaikan oleh para pengajar adalah terkait peran Kementerian Keuangan dalam mengelola APBN, peran APBN dalam dunia pendidikan masa kini, berbagai Proyek Strategis Nasional, pengenalan profesi yang ada di Kementerian Keuangan, serta cerita inspirasi untuk menjaga semangat belajar para siswa/i di masing-masing sekolah.

Kemeriahan pelaksanaan kegiatan Kemenkeu Mengajar di SMA Seminari Menengah Christus Sacerdos Pematang Siantar disempurnakan dengan kehadiran Direktur Transformasi dan Sistem Informasi, Direktorat Jenderal Kekayaan Negara, Edward U.P. Nainggolan yang turut berperan menjadi salah satu relawan pengajar. Beliau yang juga merupakan alumni SMA Seminari Menengah Christus Sacerdos menyampaikan bahwa selain menjadi salah satu tools yang dapat digunakan untuk mengedukasi siswa/i dan para guru terkait dengan APBN dan peran Kementerian Keuangan di dalamnya, Kemenkeu Mengajar hadir untuk menjalin silaturahmi dengan sekolah-sekolah di Indonesia. “Menjadi sebuah keuntungan apabila SDM di Indonesia mampu mengelola keuangan dengan baik, sebaliknya SDM dengan kualitas yang kurang baik tentunya juga akan menghasilkan kualitas keuangan yang tidak cukup baik”, tambah Beliau. Kegiatan Kemenkeu Mengajar ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pengetahuan para siswa/i khususnya dalam mengelola keuangan.

Rangkaian kegiatan Kemenkeu Mengajar di SMA Seminari Menengah Christus Sacerdos tidak hanya diisi oleh para relawan Kementerian Keuangan. Para siswa/i juga turut memeriahkan kegiatan Kemenkeu Mengajar dengan menyuguhkan beberapa penampilan, diantaranya tarian daerah dan musik akustik. Sedangkan kegiatan Kemenkeu Mengajar di SMP Kemala Bhayangkari, Kota Medan diawali dengan pelaksanaan upacara bendera, kemudian dilanjutkan dengan pertunjukan beberapa reaksi kimia yang disuguhkan oleh relawan Kantor Bea dan Cukai.

Dalam sambutannya, Kepala Sekolah SMA Seminari Menengah Christus Sacerdos, Suster Henrita Tambunan mengucapkan terima kasih kepada seluruh relawan Kementerian Keuangan yang telah memberikan waktu dan tenaga untuk berkunjung ke SMA Seminari Menengah Christus Sacerdos memberikan edukasi. Beliau menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat membantu menambah pengetahuan mengenai bagaimana pengelolaan keuangan negara khususnya bagi para siswa seminari. “Mungkin nanti kedepannya bisa saja kami atau mereka terlibat di sana, dan ini sangat membantu kami untuk mengerti tentang apa yang harus kami lakukan, sehingga untuk melihat kemajuan Indonesia pada saat ini, kami tidak hanya berperan sebagai penonton, tetapi dapat berperan dalam memberikan masukan-masukan.”, tambah Beliau. Beliau juga mengharapkan kegiatan Kemenkeu Mengajar ini tidak berhenti di sini, bahkan diharapkan dapat mengunjungi sekolah-sekolah lain di kesempatan berikutnya.

Para relawan yang mewakili KPKNL Pematang Siantar menyampaikan bahwa kegiatan Kemenkeu Mengajar ini disambut dengan begitu antusias oleh para guru, terlebih bagi para siswa/i.

Kemenkeu Mengajar 8, Dari Kami Untuk Negeri. Satu hari Mengajar, Selamanya akan Memberi Arti.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini