Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Pematang Siantar Laksanakan Gebyar Lelang UMKM Tahun 2023
Widya Aprilina Sinaga
Senin, 23 Oktober 2023   |   212 kali

Jumat (20/10) KPKNL Pematang Siantar melaksanakan kegiatan Gebyar Lelang Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) bertempat di taman KPKNL Pematang Siantar. Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Kemenkeu Satu di wilayah Kota Pematang Siantar, yaitu jajaran pada Kanwil DJP Sumut II, KPP Pratama Pematang Siantar, KPPBC TMP C Pematang Siantar, KPPN Pematang Siantar, juga dihadiri oleh pihak Perbankan, yaitu PT. Bank Mandiri Kantor Cabang Pematang Siantar, PT. Bank BNI Kantor Cabang Pematang Siantar, PT. Bank BSI Kantor Cabang Pematang Siantar, dan PT. Bank BRI Kantor Cabang Pematang Siantar.

KPKNL Pematang Siantar juga turut menghadirkan 7 (tujuh) pelaku UMKM yang terdapat di Kota Pematang Siantar, yaitu Rumah Jamur Qorry, Rupala (Rumah Pala), Stik Keju Abiyyu, Raja Murku, LPK Anugrah, Jose Craft Siantar, dan Dapoer Unedo. Seluruh pelaku UMKM turut memeriahkan kegiatan Gebyar Lelang dengan menyediakan berbagai produk yang dijajakan pada setiap stand yang telah disediakan.

Kegiatan Gebyar Lelang diawali dengan penyampaian sambutan oleh Kepala KPKNL Pematang Siantar yang diwakili oleh Kepala Sub Bagian Umum KPKNL Pematang Siantar, Ester Rini Kartika Simatupang. “Kami rasa ini menjadi momentum yang tepat untuk menyelenggarakan kegiatan sembari melakukan pemberdayaan UMKM dimana Kemenkeu merupakan salah satu pilar yang memiliki program dan kegiatan masing-masing dalam menggerakan roda perekonomian negeri”, ucap Beliau. Beliau berharap agar kegiatan ini dapat memberikan manfaat bagi para pelaku UMKM dengan upaya pemasaran dan penjualan secara lelang, sehingga setiap produk UMKM yang ada dapat lebih dikenal, khususnya di wilayah Kota Pematang Siantar.

Acara dilanjutkan dengan perkenalan oleh masing-masing pelaku UMKM dengan menyampaikan nama UMKM, nama produk, lokasi penjualan, dan informasi terkait berbagai produk yang disajikan. Seluruh pelaku UMKM menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat khususnya dalam proses pengenalan masing-masing produk.

Setelah perkenalan oleh masing-masing pelaku UMKM, Pejabat Lelang melaksanakan lelang secara online melalui lelang.go.id. Produk yang dilelang berupa fashion (pakaian dan aksesoris), makanan dan minuman, ataupun produk kreatif (produk buatan sendiri). Lelang berbagai produk UMKM nyatanya banyak diminati oleh masyarakat, terbukti nyata bahwa produk-produk tersebut laku terjual, baik melalui lelang maupun pembelian secara langsung pada stand yang telah tersedia. Para pemenang lelang diberikan kesempatan selama 5 (lima) hari kerja untuk melakukan pelunasan.

Pelaksanaan Gebyar Lelang ini terbukti menstimulus dan mewarnai perekonomian nasional melalui penjualan barang yang mencerminkan fungsi publik dan privat. Lelang selalu mendukung visi dan misi DJKN dalam mengumpulkan penerimaan negara. Lelang yang efisien, transparan, akuntabel, adil, dan kompetitif melalui Portal Lelang Indonesia, lelang.go.id lahir menjadi salah satu sarana jual beli yang dapat mengakomodasi kepentingan masyarakat, khususnya bagi para pelaku UMKM.

Kegiatan ini juga telah diliput oleh surat kabar Harian Waspada dan telah diterbitkan di Surat Kabar pada hari Senin, 23 Oktober 2023.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini