Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Pematang Siantar > Berita
Sinergi dan Kolaborasi KPKNL Pematang Siantar dengan Kanwil DJP Sumut II Perkuat UMKM
Widya Aprilina Sinaga
Selasa, 28 Februari 2023   |   198 kali

Selasa (28/2) Menindaklanjuti rapat koordinasi yang sebelumnya telah dilaksanakan unit Kemenkeu Satu wilayah kerja Kota Pematang Siantar terkait rencana kolaborasi, sinergi, dan penguatan inovasi dalam rangka Penguatan dan Pemulihan Perekonomian Nasional melalui Optimalisasi Produk-Produk UMKM, Kepala KPKNL Pematang Siantar, Agus Setiyo Pambudi, didampingi oleh Tim KEDAI LELANG UMKM KPKNL Pematang Siantar Tahun 2023 yang terdiri : Ester Rini Kartika Simatupang (Kepala Sub Bagian Umum), Erni Hayati Nasution (Pejabat Lelang Ahli Muda), Elit Perdana Praptono (Pejabat Lelang Ahli Pertama), Nelli Marta Br Pangaribuan (Pelaksana pada Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara), serta Widya Aprilina Sinaga (Pelaksana pada Seksi Hukum dan Informasi) melakukan kunjungan dan melanjutkan koordinasi dengan Kepala Bidang P2 Humas Kanwil DJP Sumut II, Vivi Rosvika.

Mengawali agenda rapat, Kepala KPKNL Pematang Siantar, Agus Setiyo Pambudi menyampaikan informasi terkait hasil koordinasi yang sebelumnya telah dilaksanakan dengan Instansi Kementerian Keuangan (KEMENKEU SATU) Wilayah Kerja Kota Pematang Siantar, yaitu KPPBC TMP C Pematang Siantar, KPP Pratama Pematang Siantar, dan KPPN Pematang Siantar bahwa setiap unit sepakat untuk bersama-sama berkolaborasi dalam program Penguatan Para Pelaku UMKM di wilayah kerja Kota Pematang Siantar dan sekitarnya. “Semangatnya sama untuk kita bersama untuk menggerakan pelaku UMKM bisa naik kelas dengan disesuaikan pada masing-masing fokus tugasnya”, ucap Beliau. 

Beliau menjelaskan masing-masing unit akan melaksanakan program-program kinerja dengan disesuaikan pada tugas dan fungsi masing-masing (KPPBC TMP C Pematang Siantar memegang peeran di bidang Export and Training; KPP Pratama Pematang Siantar memegang peran di bidang Education and Training; KPPN Pematang Siantar memegang peran sebagai Regional Chief Economist; dan KPKNL Pematang Siantar memegang peran di bidang Digital Marketing melalui platform lelang.go.id).

Beliau juga menyampaikan terkait program KEDAI LELANG UMKM sebagai salah satu program atau inovasi unggulan Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) dalam mendorong dan mendukung Program Pemulihan dan Penguatan Perekonomian Indonesia. “Mulai tahun lalu, kami juga sudah merutinkan kegiatan lelang produk UMKM, seperti produk madu, keripik jamur, dan beberapa yang lain. Tahun ini, kami juga ditargetkan terkait produktivitas pelaksanaan lelang produk UMKM”, ucap Beliau.

Kepala Bidang P2 Humas Kanwil DJP Sumut II, Vivi Rosvika menyampaikan bahwa peran Kanwil DJP Sumut II dalam penguatan pelaku UMKM tidak jauh berbeda dengan yang telah dilaksanakan oleh KPP Pratama Pematang Siantar, yaitu hadir memberikan edukasi dan training kepada para pelaku UMKM. Beliau juga menyampaikan dukungan penuh dari Kanwil DJP Sumut II untuk berkolaborasi dalam program-program yang akan dilaksanakan.

Foto Terkait Berita
Kontak
Jl. Sisingamangaraja No.79 - Kota Pematangsiantar 21147
(0622) 435935
(0622) 435935
kpknlsiantar@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini