Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Bimtek Kearsipan untuk Penatausahaan Arsip yang Andal, Autentik, dan Terpercaya
Rahayu Ningsih Sijabat
Kamis, 10 Oktober 2019   |   504 kali

Kantor Wilayah DJKN Sumatera Utara melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelolaan Kearsipan bagi unit vertikal di wilayah Kanwil  DJKN Sumatera Utara yaitu: KPKNL  Medan, KPKNL Pematangsiantar, KPKNL  Kisaran, dan KPKNL Padang Sidempuan dengan narasumber dari Bagian Umum Sekretariat Kantor Pusat DJKN. Acara ini dilaksanakan pada Rabu,  9 Oktober 2019 di KPKNL  Pematangsiantar, yang bertempat di di  aula KPKNL  Pematangsiantar.  

Kegiatan Bimtek Kearsipan ini dihadiri dan di buka oleh Kepala Kanwil DJKN Sumatera Utara, Tedy Syandriadi. Dalam sambutannya beliau  menyampaikan bahwa kegiatan Bimtek Pengelolaan  Kearsipan  dilaksankan dalam rangka mengimplementasikan PMK No.276/PMK.01/2014 tentang Pedoman Kearsipan di Lingkungan Kementerian Keuangan yang mengamanatkan tentang penyelenggaraan kearsipan yang meliputi penyusunan kebijakan, pembinaan dan pengelolaan arsip. Pembinaan dilaksanakan antara lain melalui  Bimtek  Kearsipan. Tujuanya adalah agar para peserta dapat mengaplikasikan ilmu yang diperoleh selama Bimtek  sehingga dapat meng-cover pekerjaan Arsiparis yang ada di  lingkungan Kementerian Keuangan. Selan itu Tedy meminta agar pengelolaan arsip tidak semata hanya merupakan tugas khusus saja secara  pribadi tetapi juga menjadi tugas bersama.  Dengan adanya bimtek ini,  beliau berharap seluruh jajaran lingkungan Kanwil DJKN Sumatera Utara segera memahami kategori-kategori  arsip, dapat bertukar pikiran terkait hal tersebut, dan mampu bersikap terhadap arsip-arsip yang sudah lampau.

"Kearsipan memegang peranan penting bagi kelancaran jalannya organisasi, yaitu sebagai sumber dan pusat rekaman informasi bagi suatu organisasi agar terkelola secara sistematis dan terpelihara dengan baik, sehingga Arsip itu akan menolong kita suatu saat jika terjadi suatu masalah. Oleh karena itu harus diperhatikan.” ungkap Beliau. 

Setelah sambutan dari Kakanwil DJKN Sumatera Utara, sambutan selanjutnya disampaikan oleh Kepala Bagian Umum Sekretariat DJKN, Bapak Wahyu Setiadi. Beliau menyampaikan bahwa Arsip merupakan sumber informasi  yang sangat penting, dimulai dari Pemberkasan, Pengusulan sampai Pemusnahan. Mengingat arahan dari Menteri Keuangan, Sri Mulyani mengenai Penguatan Budaya Kementerian Keuangan “New Thingking Of Working” antara lain Open Space yang terkandung didalamnya tentang tata tertib arsip dan akan merdampak pada  Efisiensi Kertas.

Mengawali kegiatan Bimbingan Teknis dilakukan pre-test berbentuk quiz untuk menguji pengetahuan awal para peserta terkait kearsipan. Usai pelaksanaan quiz, acara dilanjutkan pemaparan oleh Novy Adji Widjajanti selaku Kasubbag TURT Sekretariat Kantor Pusat DJKN yang juga merupakan narasumber Bimbingan Teknis ini. Beliau memberikan paparan materi singkat sebagai pengantar di Bidang Kearsipan yakni terkait Arsip Inaktif, Arsip Aktif, dan Arsip Vital berikut dengan Proses kegiatan Arsip, Pembuatan Arsip dan Penerimaan Arsip. Narasumber selanjutnya yakni, Hendro Darpito yang memimpin jalannya proses Bimbingan Teknis dengan paparan materi yang lebih mendalam di bidang kearsipan, serta mengajak peserta untuk menonton video tentang kearsipan. Pada kesempatan ini juga, Hendro mempraktikkan langsung secara teknis cara-cara penyusunan dan penyimpan arsip. 

    Sesuai dengan materi yang disampaikan, kedepannya dapat meningkatkan pengetahuan, keahlian, ketrampilan, sikap dalam melaksanakan tugas di bidang kearsipan, menciptakan sumber daya manusia kearsipan yang memenuhi persyaratan kompetensi di bidang kearsipan dan menciptakan kesamaan visi dan dinamika pola pikir dalam melaksanakan tugas.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini