Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Pentingnya Mengisi Waktu bagi Diri Sendiri
Widya Aprilina Sinaga
Rabu, 29 Maret 2023   |   2626 kali

Di tengah kesibukan sehari-hari, sudahkah kita menyediakan waktu untuk diri sendiri? Pekerjaan dan aktivitas yang datang setiap harinya pasti telah menguras waktu, tenaga, dan pikiran kita masing-masing. Apabila sebagian besar waktu tersebut dihabiskan hanya untuk melaksanakan pekerjaan dan segala aktivitas yang tiada habisnya, pikiran akan rentan terhadap perasaan stres. Stres ini sendiri apabila dibiarkan secara terus menerus dapat menimbulkan berbagai masalah, tak hanya bagi kesehatan mental, tetapi juga bagi kesehatan fisik, seperti sakit kepala, penyakit asam lambung, sakit punggung, nyeri leher, hingga migrain. Maka dari itu, sangat penting bagi kita untuk rehat sejenak dari segala aktivitas yang beragam, meluangkan waktu sejenak untuk diri sendiri (me time) guna mengisi ulang tenaga dan pikiran dengan melakukan hal-hal yang kita sukai.

Dalam survei terhadap lebih dari 18.000 orang dari 134 negara, "menghabiskan waktu sendiri" atau me time adalah jawaban paling populer keempat ketika ditanya apa arti dari istirahat. Hal ini menunjukkan bahwa 18.000 orang tersebut memberikan pengertian dari kata istirahat adalah me time, yaitu ketika mereka bisa menghabiskan waktu untuk sendiri. Hal ini juga didukung dengan hasil penelitian para ilmuan di University of Buffalo yang mengatakan bahwa me time dapat secara aktif memperbaiki kesehatan mental dengan mendorong kreativitas. Bahkan sebagian besar para peserta studi di University of Buffalo yang memilih menghabiskan waktu sendiri dinyatakan lebih kreatif daripada peserta studi yang lain. Hal ini membuktikan kita tidak bisa memungkiri fakta bahwa setiap orang membutuhkan istirahat dari hiruk-pikuk ruang publik, termasuk kita pribadi.

Mungkin sebagian dari kita pernah berpikir bahwa terlalu memikirkan diri sendiri, terlebih dengan melakukan me time adalah pemikiran yang egois. Hal ini adalah pemikiran yang salah karena faktanya akan ada masa-masa di mana kita perlu melakukan hal-hal yang dapat memberikan energi positif pada mental, emosional, dan spiritual diri kita sendiri. Me time dapat menjadi salah satu cara yang akan membawa kita pada kesabaran yang lebih besar dan sikap yang lebih positif terhadap hubungan kita tentunya dengan diri kita sendiri, orang tua, pasangan, anak, bahkan lingkungan tempat kerja. Beberapa manfaat yang akan diterima ketika kita melakukan me time, yaitu :

1.      Me Time memungkinkan kita untuk dapat recharge pikiran

Me Time menjadi salah satu pilihan untuk bersantai karena terus menerus menjadi aktif akan membuat pikiran dan otak kita bekerja tanpa henti. Padahal setiap manusia pastinya membutuhkan waktu untuk istirahat. Jadi, kita harus menyediakan waktu untuk menjernihkan dan merevitalisasi pikiran dan tubuh secara bersamaan.

2.      Me Time membantu meningkatkan konsentrasi dan produktivitas

Kembalinya konsentrasi tentu bisa membantu kita dalam menyelesaikan lebih banyak pekerjaan dalam waktu yang lebih singkat, sehingga menjadi lebih efektif.

3.      Me Time memberi kesempatan bagi kita untuk dapat mendengar suara hati kita sendiri

Hal ini bukan berarti kita berbicara sendiri dan mendengarkan sendiri, tetapi lebih kepada suara hati kita sebagai manusia. Kita tidak bisa memastikan bahwa suara hati kita akan selalu sama dengan suara hati orang lain, mungkin orang tua, pimpinan di kantor, atau pasangan. Jadi me time dapat bermanfaat bagi kita dalam mengenali diri kita sendiri, tentang apa yang sebenarnya kita mau dan inginkan dari lubuk hati kita yang paling dalam. Jadi, apa tujuan atau muara yang diinginkan dari hal tersebut? Tentunya kita bisa lebih jujur kepada diri sendiri sehingga bisa mendapatkan kebahagiaan diri.

4.      Tidak bergantung pada orang lain

Hal ini menunjukkan bahwa untuk bisa memperoleh kebahagiaan, kita tidak perlu selalu bergantung pada orang lain. Ini bukan berarti kita tidak membutuhkan orang lain melainkan tentang bagaimana kita bisa menghargai hidup dan diri kita sendiri.

5.      Me Time membuat kita merasa cukup

Jika kita tidak bisa bahagia dengan diri sendiri, maka kita akan sulit untuk mencapai kebahagiaan yang sempurna. Bagaimana kita bisa menularkan kebahagiaan ke orang lain jika kita belum bisa bahagia terhadap diri sendiri? Me time ini akan membuat kita jauh lebih menghargai diri sendiri, sehingga kita lebih mudah untuk merasa cukup dan puas dengan apa yang sudah kita miliki dan raih hingga saat ini.

Selanjutnya adalah bagaimana cara kita mengisi waktu untuk sendiri atau me time? Banyak hal yang bisa kita lakukan untuk mengisi waktu sendiri, dimulai dengan hal yang paling sederhana sampai dengan hal yang membutuhkan sedikit effort tetapi tentunya sangat menyenangkan. Dimulai dengan hal yang paling sederhana, yaitu relaksasi 5 menit (bernapas). Relaksasi 5 menit dapat dilakukan dengan fokus mengambil napas secara perlahan. Hal ini dilakukan untuk menjernihkan pikiran kita kembali yang mungkin telah terpencar-pencar. Jadi, cobalah mengatur napas secara perlahan dan memikirkan segala sesuatu yang ada di dalam daftar tugas dan aktivitas kita. Kemudian kita bisa sejenak meregangkan badan. Bangunlah dari meja kerja dan berikan energi pada otot kita. Kita bisa berhenti sejenak dari segala aktivitas atau tidak melakukan apa pun, kemudian duduklah dengan tenang, tahan keinginan untuk bekerja, atau melakukan apa pun. Biarkan pikiran dan tubuh kita beristirahat sejenak.

Selain 2 (dua) hal di atas, berikut adalah beberapa ide yang dapat dilakukan untuk me time dan istirahat dari kesibukan :

  1. Pergi ke taman atau jalan-jalan pada saat istirahat makan siang
  2. Mendengarkan musik
  3. Membaca buku atau majalah
  4. Menonton film atau acara TV favorit
  5. Lakukan sesuatu yang kreatif (menulis, menggambar, memasak)
  6. Luangkan waktu lima menit sebelum tidur untuk berpikir positif
  7. Bangun pagi dan tuliskan sesuatu yang kamu nantikan
  8. Nikmati kopi di kebun
  9. Olahraga
  10. Memanjakan diri sendiri

Fakta sudah membuktikan bahwa memiliki waktu untuk sendiri dan sejenak terlepas dari interaksi dengan orang lain dapat membuat orang menemukan kreativitasnya. Ingat bahwa kualitas me time lebih penting daripada kuantitas. Jadi, kita tidak perlu melakukan 1000 aktivitas me time untuk menyenangkan diri sendiri, karena ketika kita masih bisa meluangkan waktu 5-10 menit saja untuk fokus pada sesuatu yang kita sukai, bahkan ditengah jadwal kita yang padat ternyata sudah bisa menyenangkan diri kita sendiri sehingga kualitas hidup menjadi lebih baik. Hal ini tentunya akan membuat kita lebih bahagia dan fresh sebelum melanjutkan aktivitas dan rutinitas kembali.

Kesendirian itu diberikan untuk membantu menemukan siapa diri kita dan berhenti mencari penghargaan dari luar diri, karena kita semua berharga.

 

Daftar Pustaka

  1. detik.com. (2022, 05 Agustus). Me Time Artinya Apa? Ini Kegiatan dan Manfaatnya. Diakses pada 28 Maret 2023, dari https://www.detik.com/jabar/berita/d-6216477/me-time-artinya-apa-ini-kegiatan-dan-manfaatnyaekrut.com. (2022, 14 November).
  2. Manfaat “me time” bagi kesehatan mental dan 7 kegiatan yang bisa untuk dilakukan. Diakses pada 27 Maret 2023, dari https://www.ekrut.com/media/me-time
  3. linovhr.com. (2022, 06 Agustus). Arti Me Time, Manfaat, dan Rekomendasi Kegiatan untuk Me Time. Diakses pada 28 Maret 2023, dari https://www.linovhr.com/me-time/
  4. merdeka.com. (2022, 06 Agustus). 7 Manfaat 'Me Time' yang Sering Diabaikan, Atasi Mental Lelah. Diakses pada 29 Maret 2023, dari https://www.merdeka.com/sumut/7-manfaat-me-time-yang-sering-diabaikan-sehatkan-mental-yang-lelah-kln.html
Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Foto Terkait Artikel
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini