Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Pekalongan > Berita
Sharing Ilmu Pengurusan Piutang Negara, KPKNL Pekalongan Jadi Narasumber Kegiatan Optimalisasi Pengembalian Fasilitas Dana Bergulir
Ely Sri Mardiyani
Jum'at, 23 September 2022   |   104 kali

Pekalongan -- kamis (22/9/2022), KPKNL Pekalongan memenuhi undangan Direktur Utama Badan Pengelola Dana Lingkungan Hidup (BPDLH) untuk menjadi narasumber dalam kegiatan Optimalisasi Pengembalian Fasilitas Dana Bergulir yang selenggarakan di Balai Desa Rogoselo, Kecamatan Doro, Kabupaten Pekalongan.  Kegiatan ini melibatkan aparat Pemerintah Daerah yang berada di Kecamatan Doro, BPDLH, KPKNL Pekalongan dan para penerima Fasilitas Dana Bergulir (FDB) yang berada diwilayah Kecamatan Doro.

Pandemi Covid-19 telah menyebabkan banyak pelaku usaha terpuruk, tak terkecuali penerima FDB yang mengakibatkan pengembalian kewajibannya menjadi tidak lancar.  Salah  satu stategi yang digunakan oleh BPDLH dalam upaya  meningkatkan nilai  pengembalian dana bergulir tahun 2022 yaitu dengan melakukan optimalisasi kegiatan penagihan yang melibatkan instansi terkait seperti Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang.

Dalam kegiatan tersebut, KPKNL Pekalongan yang diwakili oleh Noor El Hasani selaku Kepala Seksi Hukum dan Informasi didampingi oleh seorang staf Totok Murdiyanto menyampaikan informasi terkait dengan tugas dan fungsi KPKNL khususnya di bidang piutang negara tentang tata cara pengurusan dan penagihan piutang negara. "Salah satu kewenangan KPKNL adalah menangani piutang negara penyerahan dari instansi pemerintah, Kementerian/Lembaga, BLU, dan BLUD termasuk salah satunya piutang dana bergulir," ujarnya.

Melalui kegiatan optimalisasi pengembalian FDB ini diharapkan para penerima FDB dapat memahami pentingnya melakukan pembayaran dengan lancar untuk pendanaan Lingkungan Hidup yang berkelanjutan. (Penulis: Ely Sri M)

Foto Terkait Berita
Kontak
Jl. Sriwijaya No. 1 Pekalongan - 51119
(0285) 436118;
(0285) 436113
kpknlpekalongan@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini