Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Tim Penilai KPKNL Pangkalpinang Lakukan Kegiatan Penilaian Sapi Bali Milik Dinas Pangan dan Pertanian Kota Pangkalpinang
Intan Fitri Ardinasari
Rabu, 31 Maret 2021   |   153 kali

Selasa, 30 Maret 2021 Tim Penilai KPKNL Pangkalpinang melaksanakan kegiatan penilaian Barang Milik Daerah berupa 31 (tiga puluh satu) ekor Sapi Bali Kategori Dewasa milik Dinas Pangan dan Pertanian Kota Pangkalpinang, dimana pada hari lainnya Tim Penilai juga akan melakukan penilaian terhadap 11 (sebelas) ekor Sapi Bali Kategori Anak dan 15 (lima belas) ekor Sapi Bali Kategori Remaja.

Tim Penilai KPKNL Pangkalpinang melakukan penilaian atas objek penilaian tersebut di UPTD Perbibitan Tua Tunu. Penilaian tersebut dilakukan untuk mengetahui nilai wajar Sapi Bali Kategori Dewasa, Remaja, dan Anak dalam rangka penjualan dengan cara lelang melalui KPKNL Pangkalpinang. Pada kegiatan penilaian tersebut, Tim Penilai didampingi oleh beberapa pegawai Dinas Pangan dan Pertanian Kota Pangkalpinang yang mendata berat setiap ekor sapi. Tim Penilai KPKNL Pangkalpinang juga didampingi oleh dokter hewan dari Dinas Pangan dan Pertanian Kota Pangkalpinang yang memberikan  judgement  tentang kesehatan setiap ekor sapi.

Untuk mengetahui nilai wajar setiap ekor sapi, Tim Penilai KPKNL Pangkalpinang harus mengetahui berat sapi, kesehatan sapi, jenis kelamin, dan lain-lain. Selain itu, Tim Penilai KPKNL Pangkalpinang juga perlu melakukan survei objek pembanding untuk mencari data pasar, yaitu data penjualan dan/atau penawaran dari objek pembanding sejenis atau pengganti yang dipilih sebagai pembanding.

Sebagai bahan analisis data, Tim Penilai KPKNL Pangkalpinang juga mengumpulkan data terkait luas wilayah peternakan tersebut, jumlah pangan sapi, jumlah orang yang merawat sapi tersebut, dan lain-lain. Diharapkan dengan penilaian tersebut dapat menghasilkan nilai wajar objek penilaian yang cukup akurat dan reliabel. (Seksi Hukum dan Informasi). 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini