Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Pangkal Pinang > Berita
Hakikatnya Setiap Orang Adalah Pemimpin
Intan Fitri Ardinasari
Senin, 08 Juli 2019   |   3124 kali

Pangkalpinang-“Pada prinsipnya, setiap orang adalah pemimpin baik untuk dirinya sendiri ataupun orang lain”, ucap Thaufik, Kepala Kantor Wilayah DJKN Sumatera Selatan, Jambi, dan Bangka Belitung (SJB) dalam acara pengarahan di ruang aula Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Pangkalpinang pada hari Kamis (04/07/2019). Sebelum menjelaskan mengenai kepemimpinan, Thaufik mengingatkan kepada seluruh pegawai KPKNL Pangkalpinang untuk menjaga kedisipilinan dalam bekerja. Disipilin bisa dimulai dari diri sendiri untuk terus melakukan segala sesuatu dengan tertib dan teratur secara berkesinambungan.

Thaufik menjelaskan mengenai sifat-sifat yang perlu dimiliki oleh seorang pemimpin, yaitu sebagai role model, memiliki rasa percaya kepada rekan kerja ataupun stafnya dan dapat dipercaya, sebagai motivator, sebagai decision maker, dan memiliki responsibility. “Guru kencing berdiri, murid kencing berlari. Dari peribahasa tersebut tentu kita tau bahwa pemimpin merupakan role model bagi para pegawainya”, kata Thaufik. Ia berharap kepada jajaran pimpinan di KPKNL Pangkalpinang agar tidak hanya memberi contoh, namun dapat menjadi contoh yang baik bagi para stafnya.

Trust atau kepercayaan antara pemimpin dan yang dipimpin juga sangat diperlukan dalam bekerja, agar tercipta sinergi dan meningkatkan produktivitas kinerja. Pemimpin juga merupakan motivator bagi yang dipimpinnya, ia perlu memberikan motivasi agar yang dipimpinnya lebih bisa berkembang dan menggali potensi diri serta kinerjanya terus meningkat. Apabila timbul suatu masalah atau dihadapkan oleh beberapa pilihan, pemimpin diperlukan sebagai decision maker dengan mempertimbangkan kepentingan organisasi, sehingga tujuan organisasi akan tercapai. Setelah empat sifat tersebut dimiliki oleh seorang pimpinan, pemimpin juga perlu memiliki sifat tanggung jawab atau responsibility. Pemimpin perlu bertanggung jawab pada setiap keputusan yang telah diambil, terhadap para stafnya dan keberhasilan visi misi organisasi.

Sebagai kalimat penutup, Thaufik berharap kepada seluruh pegawai KPKNL Pangkalpinang agar dapat menjadi pemimpin bagi dirinya sendiri ataupun orang lain dan memiliki sifat yang telah disampaikannya. Setelah acara selesai, seluruh pegawai KPKNL Pangkalpinang berfoto bersama Kepala Kantor Wilayah DJKN SJB. (Seksi Hukum dan Informasi)

Foto Terkait Berita
Kontak
Jalan Ahmad Yani Nomor 8 Kel. Batin Tikal, Kec. Taman Sari, Kota Pangkalpinang 33126
(0717) 435333
(0717) 438300
kpknl.pangkalpinang@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini