Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Pangkalpinang, Kota Timah, Kota Ramah, Beribu Senyuman
Wahyu Dwi Prasetya
Selasa, 15 November 2022   |   23785 kali

            Taukah anda bahwa kaleng makanan, alumunium foil, kertas, lapisan pembungkus makanan, kaleng makanan, berbagai komponen otomotif, komputer, pipa, , kaca, gigi palsu, pelindung pada pintu dan jendela merupakan beberapa barang yang berbahan timah. Timah merupakan salah satu unsur kimia dalam table periodik disimbolkan dalam Sn dan nomor atom 50. Dalam kehidupan kita sehari-hari timah biasa digunakan sebagai kombinasi atau campuran untuk logam lainnya, karena timah merupakan bahan kimia yang tahan terhadap karat.

            Indonesia merupakan produsen timah terbesar kedua di dunia,  Produksi tambang timah di Indonesia pada tahun 2021 mencapai 71 ribu ton. Jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, produksi timah di Indonesia hanya 53 ribu ton, yang artinya mengalami peningkatan 33,9 persen.  Adapun cadangan untuk timah Indonesia yang telah diketahui, angkanya mencapai 800 ribu ton.



Lalu dimanakah ditemukan tambang timah di Indonesia? Jika kita naik pesawat ke Pangkalpinang kita dapat melihat dataran putih di berbagai wilayah pulau Bangka, itu merupakan areal pertambangan timah atau bekas tambang timah. Pulau Bangka Belitung merupakan penghasil timah terbesar di Indonesia. Pulau Bangka disebut-sebut sebagai  kawasan sabuk timah Asia Tenggara yang menyebar dari daratan Thailand, Malaysia, Kepulauan Riau hingga ke Pulau Bangka dan Belitung. 

Sejarah panjang usaha pertambangan timah di Indonesia yang sudah berlangsung lebih dari 200 tahun. Penambangan timah di Pulau Bangka dan Belitung dilakukan oleh PT. Kobatin yang memulai eksploitasi pada tahun 1973 dilanjutkan oleh PT. Timah (Persero) Tbk.

 


















Foto Kegiatan Tambang Timah (Bangka Pos)


















Foto: Tambang timah rakyat (liputan 6.com)


Namun disisi lain aktivitas pertambangan timah di Pulau Bangka juga menimbulkan kerusakan lingkungan akibat terbentuknya kubangan raksasa serta hamparan tailing dan overburden. Arah pengeloalan lingkungan yang berkelanjutan sudah mulai dilakukan hal ini merupakan salah satu komitmen PT Timah Tbk dalam melaksanakan proses penambangan.

            Sebagai Pulau penghasil timah terbesar di Indonesia Pulau Bangka terus berbenah, explorasi sumber daya alam tanpa merusak lingkungan Tanggungjawab lingkungan yang dilakukan PT Timah Tbk sejalan dengan program reklamasi yang mulai dilakukan. Hal itu merupakan komitmen PT Timah Tbk sebagai operator penambangan timah.

Areal bekas tambang timah yang dimanfaatkan secara optimal dapat meningkatkan perekonomian wilayah. Salah satu tantangan dan kesempatan pemanfaatannya adalah dengan mengembangkannya sebagai bagian dari kawasan pariwisata salah satu contohnya kawasan wisata Danau Kaolin

 

Foto: Danau Kaolin (wdp)


Danau Kaolin (Kulong Biru) terletak di Desa Nibung Kecamatan Koba Kabupaten Bangka Tengah, berjarak ±60 Km dari Bandara Depati Amir dan sekitar ±15 Km dari Koba, Ibukota Kabupaten Bangka Tengah. Kita dapat melihat kejernihan air danau yang berwarna biru tosca dan sangat kontras dipadukan gundukan tanah berpasir putih.

PT. Timah Tbk berkantor pusat di Kota Pangkalpinang, Provinsi Kep.Bangka Belitung. Kota Pangkalpinang  merupakan ibu kota Provinsi Kep.Bangka Belitung yang terletak di bagian timur Pulau Bangka.

Menilik sejarah secara etimologi, kata "Pangkalpinang" berasal dari dua kata yaitu Pangkal atau Pengkal dan Pinang. Kata Pengkal atau Pangkal, dalam bahasa Melayu diartikan sebagai pusat atau awal mulanya. Atau dapat diartikan sebagai pusat pengumpulan timah, walaupun kemudian berkembang artinya sebagai pusat distrik, kota tempat pasar, tempat berlabuh kapal atau perahu dan pusat segala aktifitas dan berbagai aktivitas dimulai.

 Sedangkan kata Pinang, berasal dari pohon Pinang, yakni sejenis palma yang tumbuh di daerah Pasifik, Asia dan Afrika bagian Timur. Pinang juga merupakan nama buahnya yang diperdagangkan banyak orang.

Kota Pangkalpinang sebagai pusat kota timah bersama PT Timah Tbk terus berupaya agar penambangan di Pulau Bangka tetap ”Ramah” lingkungan sekaligus menjadikan Kota Pangkalpinang sebagai kota beribu “Senyum”-an (Sejahtera, Nyaman, Unggul dan Mandiri).

(wdp)


Sumber:

https://www.suara.com/bisnis/2022/04/22/160510/5-daerah-penghasil-timah-terbesar-di-indonesia-salah-satunya-di-pulau-laskar-pelangi

https://www.merdeka.com/jabar/11-manfaat-timah-dalam-kehidupan-sehari-hari-kenali-sifat-dan-karakteristiknya-kln.html

https://kabar24.bisnis.com/read/20220917/79/1578453/ini-5-negara-penghasil-timah-terbesar-di-dunia-ada-indonesia.

https://bappeda.babelprov.go.id/content/pemulihan-dan-pemanfaatan-lahan-bekas-penambangan-timah

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini