Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Satuan Kerja Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III Wilayah Kalimantan Tengah Menuju Laporan BMN yang Berkualitas
Ichvan Majid
Selasa, 27 Agustus 2019   |   432 kali

Sampit – Jumat 23 Agustus 2019, Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Pangkalan Bun diberikan kepercayaan untuk menjadi narasumber dalam kegiatan pembekalan operator SIMAK BMN dan SIMAN pada satuan kerja wilayah Kalimantan Tengah di lingkungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut. Kegiatan yang bertempat di Meeting Room Aquarius Boutique Hotel Sampit tersebut dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kualitas laporan keuangan satker pada Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III di wilayah Kalimantan Tengah.

KPKNL Pangkalan Bun sebagai narasumber yang diwakili oleh Noverva Pradina Pramesti, memberikan materi mengenai aplikasi Sistem Informasi Manajemen Aset Negara (SIMAN). Materi yang disampaikan oleh Noverva lebih fokus pada fitur Perencanaan. Fitur Perencanaan ini merupakan subsistem dari aplikasi SIMAN yang digunakan untuk penyusunan dan penelaahan Rencana Kebutuhan BMN (RKBMN).

Tujuan dari pemberian materi ini yaitu, fitur perencanaan BMN dapat membantu pengguna barang untuk melakukan penyusunan dan permohonan RKBMN sampai pelaporan BMN. Diketahui bahwa satker Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III di wilayah Kalimantan Tengah merupakan salah satu satker yang memiliki BMN yang cukup banyak dan bernilai signifikan. Noverva menjelaskan secara teknis mengenai alur penggunaan aplikasi SIMAN khusus fitur perencanaan mulai dari instalasi sampai penggunaan fitur perencanaan.

Semua peserta telah diminta untuk membawa laptop, karena pada pembekalan materi kali ini selain diberikan teorinya, peserta juga bisa langsung praktek menggunakan aplikasi. Dengan melakukan praktek aplikasi secara langsung, diharapkan peserta lebih paham dan terampil saat mengoperasikan aplikasi tersebut.

Kegiatan ini diakhiri dengan sesi tanya jawab mengenai permasalahan yang dihadapi oleh peserta terkait teknis penggunan aplikasi SIMAN dan materi yang telah disampaikan. Dengan diselenggarakan kegiatan ini diharapkan pengelolaan BMN serta pelaporannya yang berada pada satuan kerja di lingkungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut khususnya Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III di wilayah Kalimantan Tengah lebih berkualitas dan akuntabel.

(Seksi HI KPKNL Pangkalan Bun)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini