Media sosial pada era
terkini memang menjadi salah satu bagian yang cukup penting dalam kehidupan di
masyarakat yang mana hampir di setiap kegiatan pasti selalu melibatkan sosial
media terutama sosial media digital. Bahkan hampir di setiap waktu dapat
dijumpai masyarakat yang membuka sosial medianya seolah-olah sosial media sudah
menjadi bagian yang tidak terpisahkan. Bahkan menurut data survei dari lembaga We
Are Social per Juli 2022, Negara Indonesia termasuk dalam 10 negara dengan
durasi penggunaan media sosial per hari tertinggi.
Tujuan setiap orang
memiliki sosial media memang berbeda-beda, tetapi masing-masing orang pasti
memiliki cara tersendiri untuk membangun personal branding atas akun
sosial media yang dimiliki. Personal branding pada akun sosial media
memang penting untuk dilakukan, dengan tujuan akun sosial media tersebut akan menjadi
ramai atau bahkan menjadi panutan bagi para pengikutnya maupun masyarakat lain
yang tidak sengaja melihat atau menonton isi konten akun sosial media tersebut.
Saat ini sudah banyak konten media sosial yang berlalu lalang melintasi
berbagai kalangan masyarakat, sangat mudah menemui berbagai konten sosial media
yang memiliki manfaat, membantu kehidupan sehari-hari, unik, atau bahkan
sekadar menarik untuk ditonton atau dibaca. Ketertarikan masyarakat akan isi
sosial media yang dilihat merupakan salah satu keberhasilan dari pemilik akun
tersebut dalam membentuk personal branding.
Dikutip dari berbagai
sumber, banyak sekali tips bagaimana cara untuk membangun personal branding
pada akun sosial yang kita miliki agar menarik masyarakat untuk mengunjungi
akun kita bahkan hingga diberikan kesempatan untuk berkolaborasi atau bekerja
sama dengan brand tertentu. Beberapa tips diantaranya adalah dengan membuat
konten sosial media yang unik namun positif atau berguna bagi pengguna sosial
media lain, seperti tutorial membuat sesuatu atau tutorial memperbaiki sesuatu
dengan alat sederhana dan mudah untuk diikuti. Kemudian tips kedua adalah
konsisten, yaitu selalu memberikan konten-konten dengan rajin dan terus menerus
tetapi tidak sampai oversharing, karena konsistensi mem-posting
konten akan menimbulkan persepsi masyarakat bahwa pemilik konten tersebut
memang fokus untuk terjun di salah satu bidang konten sosial media yang
dimiliki. Lalu tips yang selanjutnya adalah selalu memberikan edukasi dalam
setiap konten yang dibuat, hal tersebut akan menjadi nilai tambah bagi penonton
maupun pembaca dari konten yang telah dibuat. Selanjutnya hal yang penting
dalam membangun personal branding adalah dengan menanggapi berbagai feedback
dari para pengguna sosial media maupun pengikut akun yang dimilikinya, hal ini
juga dapat menambah nilai plus bagi akun yang dimiliki karena komunikasi
terjadi secara dua arah karena memberikan tanggapan, dan hal ini juga dapat
membuat stigma bahwa pemilik akun sosial media tersebut terbilang ramah karena
memberikan balasan atas tanggapan atau komentar yang diberikan. Tips yang
terakhir dan tidak kalah penting adalah mempromosikan diri melalui platform
media sosial yang lain maupun melalui orang lain, dengan memperbanyak jaringan
dengan pengguna sosial media yang lain akan memberikan dampak positif terhadap
akun sosial media yang dimiliki karena secara langsung maupun tidak langsung, traffic
akun sosial media kita beserta konten-konten yang telah dibuat akan lebih
terjangkau oleh lebih banyak pengguna sosial media lain.
Berbagai tips dalam membangun personal branding memang perlu untuk dilakukan, akan tetapi yang terpenting adalah selalu bijak dalam menggunakan media sosial. Penggunaan media sosial secara positif dan maksimal pasti akan memberikan dampak yang baik bagi pemilik akun sosial media tersebut. Memang tidak selalu akun media sosial yang dimiliki mendapatkan feedback yang sesuai dengan harapan, akan tetapi hal tersebut jangan sampai menjadi penghalang bagi kita sebagai pengguna sosial media untuk terus berkarya melalui media sosial.