Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Pangkalan Bun > Artikel
Tips Membangun Personal Branding pada Akun Sosial Media
Dina Arinda Putri
Selasa, 27 Juni 2023   |   1070 kali

Media sosial pada era terkini memang menjadi salah satu bagian yang cukup penting dalam kehidupan di masyarakat yang mana hampir di setiap kegiatan pasti selalu melibatkan sosial media terutama sosial media digital. Bahkan hampir di setiap waktu dapat dijumpai masyarakat yang membuka sosial medianya seolah-olah sosial media sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan. Bahkan menurut data survei dari lembaga We Are Social per Juli 2022, Negara Indonesia termasuk dalam 10 negara dengan durasi penggunaan media sosial per hari tertinggi.

Tujuan setiap orang memiliki sosial media memang berbeda-beda, tetapi masing-masing orang pasti memiliki cara tersendiri untuk membangun personal branding atas akun sosial media yang dimiliki. Personal branding pada akun sosial media memang penting untuk dilakukan, dengan tujuan akun sosial media tersebut akan menjadi ramai atau bahkan menjadi panutan bagi para pengikutnya maupun masyarakat lain yang tidak sengaja melihat atau menonton isi konten akun sosial media tersebut. Saat ini sudah banyak konten media sosial yang berlalu lalang melintasi berbagai kalangan masyarakat, sangat mudah menemui berbagai konten sosial media yang memiliki manfaat, membantu kehidupan sehari-hari, unik, atau bahkan sekadar menarik untuk ditonton atau dibaca. Ketertarikan masyarakat akan isi sosial media yang dilihat merupakan salah satu keberhasilan dari pemilik akun tersebut dalam membentuk personal branding.

Dikutip dari berbagai sumber, banyak sekali tips bagaimana cara untuk membangun personal branding pada akun sosial yang kita miliki agar menarik masyarakat untuk mengunjungi akun kita bahkan hingga diberikan kesempatan untuk berkolaborasi atau bekerja sama dengan brand tertentu. Beberapa tips diantaranya adalah dengan membuat konten sosial media yang unik namun positif atau berguna bagi pengguna sosial media lain, seperti tutorial membuat sesuatu atau tutorial memperbaiki sesuatu dengan alat sederhana dan mudah untuk diikuti. Kemudian tips kedua adalah konsisten, yaitu selalu memberikan konten-konten dengan rajin dan terus menerus tetapi tidak sampai oversharing, karena konsistensi mem-posting konten akan menimbulkan persepsi masyarakat bahwa pemilik konten tersebut memang fokus untuk terjun di salah satu bidang konten sosial media yang dimiliki. Lalu tips yang selanjutnya adalah selalu memberikan edukasi dalam setiap konten yang dibuat, hal tersebut akan menjadi nilai tambah bagi penonton maupun pembaca dari konten yang telah dibuat. Selanjutnya hal yang penting dalam membangun personal branding adalah dengan menanggapi berbagai feedback dari para pengguna sosial media maupun pengikut akun yang dimilikinya, hal ini juga dapat menambah nilai plus bagi akun yang dimiliki karena komunikasi terjadi secara dua arah karena memberikan tanggapan, dan hal ini juga dapat membuat stigma bahwa pemilik akun sosial media tersebut terbilang ramah karena memberikan balasan atas tanggapan atau komentar yang diberikan. Tips yang terakhir dan tidak kalah penting adalah mempromosikan diri melalui platform media sosial yang lain maupun melalui orang lain, dengan memperbanyak jaringan dengan pengguna sosial media yang lain akan memberikan dampak positif terhadap akun sosial media yang dimiliki karena secara langsung maupun tidak langsung, traffic akun sosial media kita beserta konten-konten yang telah dibuat akan lebih terjangkau oleh lebih banyak pengguna sosial media lain.

Berbagai tips dalam membangun personal branding memang perlu untuk dilakukan, akan tetapi yang terpenting adalah selalu bijak dalam menggunakan media sosial. Penggunaan media sosial secara positif dan maksimal pasti akan memberikan dampak yang baik bagi pemilik akun sosial media tersebut. Memang tidak selalu akun media sosial yang dimiliki mendapatkan feedback yang sesuai dengan harapan, akan tetapi hal tersebut jangan sampai menjadi penghalang bagi kita sebagai pengguna sosial media untuk terus berkarya melalui media sosial.


Oleh: Elisabeth Sangayu Puthu Krisnawati

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini