Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Hidden Gem di Sukamara
Justinus Benni Indrianto
Jum'at, 19 Maret 2021   |   3045 kali

Kabupaten Sukamara adalah salah satu kabupaten di Kalimantan Tengah yang termasuk wilayah kerja KPKNL Pangkalan Bun. Terdapat satu kecamatan bernama Kecamatan Pantai Lunci yang ternyata ada spot indah untuk wisata. Lingkungan di Pantai Luci sendiri masih sangat sepi, bisa dilihat dari jarangnya rumah penduduk di sepanjang jalan besar yang dilalui.

Di Kecamatan Pantai Luci terdapat beberapa pantai yang sangat bisa dimanfaatkan untuk pariwisata dan rekreasi. Terletak di ujung Provinsi Kalimantan Tengah menjadikan daerah ini istimewa.

1. Pantai Tanjung Nipah

            Jika di Lampung ada Pantai Teluk Nipah, Sukamara memiliki pantai berupa tanjung yang dinamakan Pantai Tanjung Nipah.  Pantai Tanjung Nipah terletak di Sungai Raja, Jelai, Sukamara. Pantai Tanjung Nipah ditempuh sekitar 1 jam dari pusat Sukamara. Tidak perlu khawatir tersesat arah, karena jalan menuju pantai hanya satu arah saja. Alias, tidak ada jalan lain.

        Dibandingkan dengan Pantai di Pangkalan Bun (Kubu, Bogam, Keraya), Pantai Nipah cenderung “lebih” bersih karena bukan pertemuan muara. Air lebih jernih dan lingkungan di sepanjang bibir pantai pun teduh. Jadi, cocok untuk acara keluarga, kantor, maupun hanya sekedar menghabiskan waktu akhir pekan.

         Di Pantai Tanjung Nipah, dilengkapi oleh gazebo, bangku-bangku kecil, toilet, serta musholla. Pohon pinus yang ada terbentang 3km sepanjang bibir pantai. Pantai ini termasuk salah satu objek yang dikelola Pemda, karena melihat potensi pariwisata yang ada.

Tarif yang dikenakan untuk masuk ke Pantai Tanjung Nipah hanya sebesar Rp10.000 saja. Pada akhir pekan (Sabtu-Minggu), pengelola menyediakan sepeda untuk dapat digunakan pengunjung mengelilingi pantai. Pengunjung juga bisa menginap dengan membawa tenda dan perlengkapan lainnya masing-masing. 

2. Pantai Anugrah

        Tidak jauh dari Pantai Tanjung Nipah, terdapat pantai Anugrah di sisi lain. Pantai Anugrah berlokasi di Desa Sungai Tabuk, Kecamatan Pantai Lunci.

       Ombak di Pantai Anugrah relatif lebih keras dibandingan dengan Pantai Tanjung Nipah. Namun, air di sini lebih jernih dan biru. Fasilitas yang disediakan pun tidak jauh berbeda dengan di Tanjung Nipah.

    Namun, Pantai Anugrah tidak terlalu disarankan untuk anak kecil, karena kedalaman laut di pesisir dalam. Di pesisir pantai sudah ditanami pohon bakau untuk menghalau kerasnya ombak.

    Suasana di Pantai Anugrah nyaman dan asri karena masih banyak pohon pinus di sepanjang pantai.

Selain dua pantai di atas, sebenarnya masih ada pantai lain, yaitu Pantai Citra yang lokasinya tidak terlalu jauh. Namun karena satu dan lain hal, penulis belum bisa mengeksplorasi Pantai Citra. Penulis berharap jika ke depannya, Pemerintah Daerah lebih memperhatikan fasilitas menuju dan di pantai daerah Sukamara. Sangat disayangkan kita tidak mengetahui surga sebagus itu sebenarnya ada didekat kita.


Eka Febri N. S - KPKNL Pangkalan Bun

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Foto Terkait Artikel
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini