Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Pamekasan Memasuki Tahap Kunjungan Lapangan pada Kompetisi KOIN MAS DJKN 2022/2023
Garditto Gema Nuswantoro
Senin, 11 September 2023   |   23 kali

Tim Kompetisi dan Inovasi Manajer Aset (KOIN MAS) KPKNL Pamekasan - Kanwil DJKN Jawa Timur, telah berhasil memasuki Babak Kunjungan Lapangan pada Kompetisi KOIN MAS DJKN 2022/2023. Pada Babak Kunjungan Lapangan ini, Tim Dewan Juri dari Tenaga Pengkaji Optimalisasi Kekayaan Negara DJKN melaksanakan kunjungan pada tanggal 6 s.d. 7 September 2023 guna menilai secara lebih komprehensif dengan melihat implementasi dari project optimalisasi secara langsung berdasar kriteria-kriteria yang ditentukan. Babak Kunjungan Lapangan ini sendiri terdiri dari dua sesi. Sesi pertama yaitu presentasi project oleh Tim KOIN dan tanya jawab dengan Tim Dewan Juri, serta sesi kedua yaitu sesi kunjungan ke lokasi project.

Pada kompetisi kali ini Tim KOIN KPKNL Pamekasan - Kanwil DJKN Jawa Timur turut berkompetisi pada kategori Optimalisasi Aset pada Pengguna Barang dengan mengangkat tema "Optimalisasi Pemanfaatan Barang Milik Negara untuk Peningkatan PNBP dan Nilai Ekonomi Sosial Masyarakat Sekitar". Adapun project optimalisasi ini dilaksanakan dengan melakukan optimalisasi terhadap aset eks. PPA yang telah ditetapkan status penggunaannya oleh Menteri Keuangan melalui Keputusan Penetapan Status Penggunaan nomor 775/KM.6/2017 tanggal 12 Agustus 2017 yang sejak awal perolehannya belum dimanfaatkan secara optimal.

Dalam penjelasannya di hadapan tim juri, Joko Surono selaku Ketua Tim menyampaikan bahwa mekanisme optimalisasi dilakukan dalam bentuk pemanfaatan berupa sewa berpedoman pada peraturan perundang-undangan di bidang pengelolaan kekayaan negara, khususnya Peraturan Menteri Keuangan Nomor 115/PMK.06/2020 tentang Pemanfaatan Barang Milik Negara. "Optimalisasi dilakukan dengan melalui usaha-usaha kreatif, kolaboratif dan inovatif, yang pada akhirnya kami berkesimpulan bahwa penggunaan tertinggi dan terbaik atas aset BMN tersebut adalah dalam bentuk pemanfaatan sewa dalam rangka mendukung bertumbuhnya Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Madura pada umumnya, dan Pamekasan pada khususnya", jelas Joko dalam pemaparannya. Dalam prosesnya, terpilih mitra pemanfaatan sewa, yaitu Sdr. Abdul Basid SP yang berkomitmen untuk mengusahakan sebagian lahan sewa tersebut sebagai usaha cafĂ© tradisional, distribusi bahan kebutuhan pokok, serta pemberdayaan UMKM masyarakat sekitar. "Dari beberapa pemohon sewa, kami memutuskan memilih Pak Basid sebagai mitra karena adanya kesamaan visi dalam pemberdayaan UMKM sekaligus menciptakan potensi penyerapan/penyediaan lapangan kerja bagi masyarakat sekitar", jelas Joko.

Kegiatan dilanjutkan sesi berikutnya yaitu kunjungan ke lokasi project yang terletak di Jalan Raya Pasar Pao, Kelurahan Murtajih, Kecamatan Pademawu, Kabupaten Pamekasan. Pada kesempatan ini Tim Dewan Juri berkesempatan untuk melihat secara langsung implementasi project yang telah dipaparkan pada sesi sebelumnya. Selain itu, Tim Dewan Juri juga berkesempatan untuk bertanya dan menggali informasi lebih rinci kepada mitra sewa maupun masyarakat sekitar sehingga penilaian dapat dilaksanakan secara lebih komprehensif. Setelah Tim Dewan Juri merasa cukup mengumpulkan informasi yang diperlukan, rangkaian kegiatan pada Babak Kunjungan Lapangan KOIN MAS DJKN 2022/2023 ditutup. Dari beberapa tim yang berhasil lolos ke Babak Kunjungan Lapangan ini, nantinya akan dipilih dua tim terbaik untuk melaju ke Babak Grand Final KOIN MAS DJKN 2022/2023.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini