Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Pamekasan > Berita
20 Unit Kendaraan Dinas Pemkab Bangkalan Terjual Lelang dengan Harga Optimal
Dian Novianto Prihantono
Senin, 08 Februari 2021   |   534 kali

Bangkalan - Jumat (05/02), Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Pamekasan bersama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangkalan melaksanakan lelang Non Eksekusi Wajib Barang Milik Daerah (BMD) secara online kendaraan dinas roda empat, bertempat di Command Center Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Pemkab Bangkalan, Jalan Soekarno-Hatta Nomor 35 Kabupaten Bangkalan.

Hadir dalam acara tersebut, Kepala Bidang Lelang Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (Kanwil DJKN) Jawa Timur beserta staf, Kepala KPKNL Pamekasan dengan didampingi Kepala Seksi Pelayanan Lelang beserta Staf, dan dari pihak Pemerintah Kabupaten Bangkalan hadir Wakil Bupati Bangkapan dengan didampingi Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), Kepala Dinas Kominfo, Kepala Bagian Keuangan dan Perlengkapan, dan Kepala Bidang Administrasi Aset beserta Staf.

Tepat pada pukul 09.00 WIB, acara dibuka oleh Abdul Aziz selaku Kepala BPKAD, kemudian dilanjutkan dengan sambutan Kepala KPKNL Pamekasan, Harmaji. Dalam sambutannya Harmaji menyampaikan terima kasihnya kepada Pemkab Bangkalan atas acara lelang yang diselenggarakan. Harmaji mengatakan “Diharapkan dengan adanya lelang secara online ini bisa menghindari fraud yang menjadi celah jika dilaksanakan secara konvensional, dikarenakan para pembeli dan penjual tidak bertemu secara langsung, sehingga dapat menghasilkan penawaran yang maksimal, karena lelang dilaksanakan secara terbuka dan adil”. Ahid Iwanudin selaku Kepala Bidang Lelang Kanwil DJKN Jawa Timur menambahkan “Lelang kali ini sangat baik untuk percontohan lelang barang inventaris, selanjutnya diharapkan lelang yang sama dilakukan oleh pemda-pemda lain di wilayah kerja KPKNL Pamekasan”.

H. Mohni, Wakil Bupati Bangkalan dalam sambutannya menyampaikan terima kasihnya kepada Kepala Bidang Lelang Kanwil DJKN Jawa Timur dan Kepala KPKNL Pamekasan yang telah hadir dalam acara lelang ini, “Saya sangat berbahagia dengan adanya lelang ini, karena dapat menghapuskan barang inventaris dengan cara terbuka, adil, dan tanpa ada intervensi dari orang lain, serta sebagai salah satu komitmen Pemerintah Daerah dalam keterbukaan pengelolaan aset negara/daerah”, ujarnya.

Selanjutnya pada acara inti, pelaksanaan lelang dipimpin langsung oleh Mariono selaku Pelelang Ahli Muda KPKNL Pamekasan. Adapun kendaraan dinas yang dilelang sebanyak 21 unit kendaraan roda empat. Dari pelaksanaan lelang tersebut, kendaraan yang laku terjual sebanyak 20 unit dengan total hasil lelang sebesar Rp1.083.857.000,00 (satu milyar delapan puluh tiga juta delapan ratus lima puluh tujuh ribu rupiah) dari nilai limit sebesar Rp866.857.000,00 (delapan ratus enam puluh enam juta delapan ratus lima puluh tujuh ribu rupiah), sehingga terdapat kenaikan harga sebesar Rp217.000.000,00 (dua ratus tujuh belas juta rupiah). Proses lelang secara online melalui internet dengan cara penawaran open bidding ini membuktikan bahwa pelaksanaan lelang yang terbuka, adil, dan kompetitif, sehingga dapat membentuk harga pokok lelang yang optimal.

Setelah pelaksanaan lelang selesai, Kepala KPKNL Pamekasan dan Kepala Bidang Lelang Kanwil DJKN Jawa Timur melaporkan secara langsung kepada Bupati Bangkalan dan beliau memberikan apresiasi yang tinggi atas kerja keras KPKNL Pamekasan demi terlaksananya acara ini. Suksesnya lelang perdana ini membuat Pemkab Bangkalan sangat antusias untuk melaksanakan lelang asetnya pada kesempatan berikutnya.


(Seksi HI KPKNL Pamekasan)





Foto Terkait Berita
Kontak
Jalan Stadion Nomor 104 Pamekasan, Jawa Timur - 69323
(0324) 330830
(0324) 336330
kpknlpamekasan@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini