Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Pamekasan Bersinergi untuk Penyelesaian Sertipikasi Tanah BMN
Wone Shubhanayati
Jum'at, 24 Juli 2020   |   223 kali

"Awali dengan perencanaan yang baik, karena gagal dalam merencanakan berarti merencanakan kegagalan" Anonim. Sebagai upaya dalam menjalankan tugas dan fungsi Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) di bidang pengelolaan asset, Kamis (23/7) KPKNL Pamekasan menyelenggarakan “Rapat Koordinasi Pembahasan  Persiapan Percepatan Penyelesaian Sertipikasi BMN Berupa Tanah Target Tahun 2021”. Rapat yang diikuti oleh 21 peserta ini dilakukan secara daring menggunakan aplikasi zoom meeting.

Rapat dimulai pada pukul 10.00 WIB dan dibuka oleh Kepala KPKNL Pamekasan, Harmaji. Dalam pembukaannya, Harmaji menyampaikan bahwa dengan adanya rapat koordinasi ini diharapkan setiap permasalahan sertipikasi BMN mendapat jalan keluar dan lancar dalam setiap prosesnya, mengingat target sertipikasi tahun 2020 mengalami penundaan terkait adanya perubahan anggaran pada Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) karena pandemi COVID-19 yang dialami bersama saat ini. Hal ini juga tidak terlepas dari sinergi yang harmonis antara KPKNL, Kantor Pertanahan dan Satuan Kerja terkait yang bersama-sama menyukseskan program percepatan sertipikasi ini.

Selanjutnya, pembahasan rapat diawali dengan pemaparan oleh Kepala Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara, Khusnul Arifin. Dalam pemaparannya, Khusnul menjelaskan terkait penundaan pelaksanaan program pada tahun 2020 yang didasari oleh Surat Kepala Kanwil Kementerian ATR/BPN Provinsi Jatim Nomor 729/14-35.500/V/2020 tanggal 13 Mei 2020 dan Nota Dinas Kepala Kanwil DJKN Jawa Timur Nomor ND-463/WKN.10/2020 tanggal 04 Juni 2020. Kemudian, rapat dilanjutkan dengan pembahasan dari masing-masing Satuan Kerja dan Kantor Pertanahan terkait dengan jumlah bidang tanah yang menjadi target pensertipikatan BMN di tahun 2021. Sebagai contoh, Satuan Kerja PJN Wilayah III Jawa Timur menyampaikan kesiapannya dalam melaksanakan program sertipikasi BMN tersebut. Terkait dengan target, ada bidang tanah yang teridentifikasi pencatatan ganda, tercatat di PJN Wilayah III Jawa Timur dan BBPJN VIII Surabaya. Untuk bidang tanah tersebut telah disiapkan penggantinya.

Secara umum, penyampaian dari Kantor Pertanahan adalah harapan agar sinergi yang baik dapat dibangun selama pelaksanaan program percepatan pensertipikatan BMN ini. Satuan Kerja diharapkan aktif berkoordinasi dan saling membantu dalam kegiatan di lapangan sesuai dengan porsi masing-masing. Dalam hal penyampaian berkas, untuk keperluan identifikasi, Satuan Kerja dipersilahkan menyampaikan berkas dalam bentuk scan file softcopy, sehingga prosesnya dapat lebih cepat.

Rapat yang mengundang seluruh Kantor Pertanahan di wilayah Pulau Madura (Kab. Bangkalan, Kab. Sampang, Kab. Pamekasan, dan Kab. Sumenep), Subdenzibang 051 Pamekasan beserta Kodim di wilayahnya, Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional VIII Surabaya, Satuan Kerja Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah III Jawa Timur, Balai Besar Wilayah Sungai Brantas - PPK Air Tanah dan Air Baku II, dan Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas II Branta ini berjalan sangat interaktif. Untuk memastikan sinergi berjalan dengan baik, khususnya dalam situasi pandemi saat ini, maka akan dibentuk grup menggunakan aplikasi Whatsapp.

Di akhir acara, Kepala KPKNL Pemekasan berharap semoga semuanya dalam kondisi sehat dan yang direncanakan dapat dilaksanakan dengan baik dan lancar. Sekiranya ada permasalahan diharapkan seluruh Satuan Kerja untuk segera berkoordinasi dengan KPKNL Pamekasan atau Kantor Pertanahan setempat, sesuai bidang tanah yang akan disertipikatkan.

(HI – PKN KPKNL Pamekasan)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini