Pamekasan - Rabu (22/7) Kantor Pelayanan
Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Pamekasan melaksanakan agenda rutin
mingguan, yakni “rabu berilmu” atau “sharing session” secara virtual.
Kegiatan sharing session kali ini membahas mengenai monitoring dan evaluasi
(monev) inovasi KPKNL Pamekasan tahun 2020 yang terdiri dari inovasi “CanTing”,
“Quick Respon”, dan “LINK”.
Kegiatan yang diikuti oleh seluruh
pegawai KPKNL Pamekasan, baik pegawai ASN maupun Non ASN ini dibuka oleh kepala
KPKNL Pamekasan, Harmaji. Dalam sambutannya tidak lupa Harmaji mendoakan agar
seluruh pegawai KPKNL Pamekasan senantiasa diberikan kesehatan oleh Allah SWT,
karena dengan kesehatan yang baik menjadi faktor penting untuk dapat tetap beraktivitas
di masa pendemi Covid-19 ini, walaupun dengan gerak yang masih terbatas. Monev inovasi ini dimaksudkan untuk mengetahui
nilai manfaat yang dapat dirasakan dengan implementasi inovasi yang ada
terhadap para pengguna layanan,
baik yang di internal pegawai maupun pengguna jasa eksternal,
Satuan Kerja K/L, Pemerintah
Daerah, Pemohon Lelang,
Penyerah Piutang, dan Masyarakat, dapat diketahui before-after-nya. Kemudian diharapkan juga membuka ruang untuk penyempurnaan inovasi serta
nantinya inovasi tersebut dapat ditetapkan
dalam proses bisnis KPKNL Pamekasan.
Untuk giliran yang pertama, Harmaji mempersilakan kepada Odie Harda Muslim untuk memaparkan monev hasil penerapan inovasi-nya, yaitu CanTing (Catatan Penting) Pegawai. Aplikasi CanTing merupakan basis data dan informasi tambahan para pegawai KPKNL Pamekasan yang diciptakan agar para pemangku kepentingan di KPKNL Pamekasan, yaitu Kepala Kantor, Kepala Subbagian Umum, dan Kepala Seksi Kepatuhan Internal bisa melakukan monitoring sewaktu-waktu dan mengambil kebijakan terkait dengan para pegawai KPKNL Pamekasan, untuk lebih mengetahui kondisi para pegawai (ASN dan Non ASN) sesuai prinsip knowing your employ, sehingga terjadi work-life balance, bekerja dengan tidak mengabaikan semua aspek kehidupan kerja, pribadi, keluarga, spiritual, dan sosial. Aplikasi CanTing memuat data pegawai, info kepegawaian, kode etik pegawai, dan sosial media pegawai. Karena merupakan basis data dan informasi tambahan, di dalam data pegawai ditambahkan terkait data keluarga, data kesehatan, data finasial, maupun tanggapan dan persepsi atas kebijakan mutasi yang terjadi. Di dalam info kepegawaian, selain terdapat data kenaikan pangkat dan data kenaikan gaji berkala juga ditambahkan jadwal WFO dan WFH, jadwal Petugas APT, Catatan Hukuman Disiplin Pegawai, dan lain sebagainya.
Untuk giliran yang kedua, Andi Hakim Ahmad
pelaksana Subbagian Umum memaparkan monev hasil inovasi-nya, yaitu terkait layanan gerak
cepat Subbagian Umum melalui Quick Respon. Layanan Quick Respon
merupakan layanan pengaduan yang digunakan oleh pengguna layanan Subbabgian
Umum KPKNL Pamekasan. Pengguna layanan Quick
Respon dapat mengisikan pengaduan atau keluhannya melalui formulir yang
telah disediakan di bit.ly/LayananQuickRespon.
Pengisian formulir tersebut bertujuan untuk mengetahui secara langsung nama
pengguna layanan dan jenis layanan yang dikeluhkan, agar dapat ditindaklanjuti dengan
segera oleh Subbagian Umum. Adapun jenis keluhan yang dapat disampaikan dalam layanan ini,
antara lain adalah layanan keuangan, layanan kepegawaian, dan layanan tata
usaha dan rumah tangga, sedangkan manfaatnya adalah untuk mempercepat pemenuhan
dan kepastian atas keluhan dari pengguna layanan Subbagian Umum, sebagai alat
monitoring dari Kepala Kantor dan Kepala Subbagian Umum
dalam hal pemenuhan keluhan layanan Subbagian Umum, dan dengan mengisi formulir ini
mempunyai kelebihan dapat disampaikan di mana saja dan kapan saja serta disertai dokumentasi obyek yang dikeluhkan serta penanganannya.
Berbeda dengan inovasi CanTing dan Quick
Respon, terakhir Yohanova Adi Prasetyo memaparkan monev hasil inovasi LINK
(Layanan Informasi KPKNL) Pamekasan yang diperuntukan guna memenuhi kebutuhan stakeholder eksternal.
LINK Pamekasan terdiri dari LINK WhatsApp dan LINK Google
Drive. LINK WhatsApp merupakan layanan yang diberikan guna memenuhi
kebutuhan stakeholder dalam rangka mendapatkan layanan
informasi Pengelolaan Kekayaan Negara, Penilaian, Pengurusan Piutang Negara,
dan layanan Lelang tanpa tatap muka. Adapun manfaat dari LINK WhatsApp
adalah memberikan kemudahan bagi stakeholder
dalam memperoleh layanan informasi KPKNL
Pamekasan tanpa harus datang ke kantor, namun cukup berinteraksi melalui aplikasi WhatsApp di Nomor
0823-3200-3838 dan akan ditanggapi secara cepat oleh operator/petugas APT (Area
Pelayanan Terpadu) KPKNL Pamekasan setiap saat di jam kerja. Di masa pandemi Corona Virus Desease
2019 (Covid-19) sekarang ini, LINK WhatsApp cukup membantu dalam
pencegahan penyebaran wabah Covid-19. Sedangkan LINK Google
Drive merupakan layanan yang diberikan guna memenuhi kebutuhan stakeholder dalam
rangka mendapatkan file/data yang dibutuhkan terkait Pengelolaan
Kekayaan Negara, Penilaian, Pengurusan Piutang Negara, dan Lelang secara
daring. Adapun manfaat dari LINK Google Drive adalah
memberikan kemudahan bagi stakeholder dalam mendapatkan file/data yang
dibutuhkan dari KPKNL Pamekasan
tanpa harus datang ke kantor, namun cukup mengunduh sendiri secara daring melalui alamat
bit.ly/Publik_KPKNL_Pamekasan.
Sesuai motto KPKNL Pamekasan
SIAP ALAKOH, yang artinya kami siap bekerja secara profesional dengan memanfaatkan
kemajuan teknologi di era digital, sehingga dapat meningkatkan
kualitas pelayanan kepada para pengguna layanan dengan
tetap menjaga nilai integritas.