Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Upaya Meningkatkan Kualitas Pelayanan dengan Inovasi Terbaru
Dian Novianto Prihantono
Kamis, 23 Juli 2020   |   214 kali

Pamekasan - Rabu (22/7) Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Pamekasan melaksanakan agenda rutin mingguan, yakni “rabu berilmu” atau “sharing session” secara virtual. Kegiatan sharing session kali ini membahas mengenai monitoring dan evaluasi (monev) inovasi KPKNL Pamekasan tahun 2020 yang terdiri dari inovasi “CanTing”, “Quick Respon”, dan “LINK”.

 

Kegiatan yang diikuti oleh seluruh pegawai KPKNL Pamekasan, baik pegawai ASN maupun Non ASN ini dibuka oleh kepala KPKNL Pamekasan, Harmaji. Dalam sambutannya tidak lupa Harmaji mendoakan agar seluruh pegawai KPKNL Pamekasan senantiasa diberikan kesehatan oleh Allah SWT, karena dengan kesehatan yang baik menjadi faktor penting untuk dapat tetap beraktivitas di masa pendemi Covid-19 ini, walaupun dengan gerak yang masih terbatas. Monev inovasi ini dimaksudkan untuk mengetahui nilai manfaat yang dapat dirasakan dengan implementasi inovasi yang ada terhadap para pengguna layanan, baik yang di internal pegawai maupun pengguna jasa eksternal, Satuan Kerja K/L, Pemerintah Daerah, Pemohon Lelang, Penyerah Piutang, dan Masyarakat, dapat diketahui before-after-nya. Kemudian diharapkan juga membuka ruang untuk penyempurnaan inovasi serta nantinya inovasi tersebut dapat ditetapkan dalam proses bisnis KPKNL Pamekasan.

 

Untuk giliran yang pertama, Harmaji mempersilakan kepada Odie Harda Muslim untuk memaparkan monev hasil penerapan inovasi-nya, yaitu CanTing (Catatan Penting) Pegawai. Aplikasi CanTing merupakan basis data dan informasi tambahan para pegawai KPKNL Pamekasan yang diciptakan agar para pemangku kepentingan di KPKNL Pamekasan, yaitu Kepala Kantor, Kepala Subbagian Umum, dan Kepala Seksi Kepatuhan Internal bisa melakukan monitoring sewaktu-waktu dan mengambil kebijakan terkait dengan para pegawai KPKNL Pamekasan, untuk lebih mengetahui kondisi para pegawai (ASN dan Non ASN) sesuai prinsip knowing your employ, sehingga terjadi work-life balance, bekerja dengan tidak mengabaikan semua aspek kehidupan kerja, pribadi, keluarga, spiritual, dan sosial. Aplikasi CanTing memuat data pegawai, info kepegawaian, kode etik pegawai, dan sosial media pegawai. Karena merupakan basis data dan informasi tambahan, di dalam data pegawai ditambahkan terkait data keluarga, data kesehatan, data finasial, maupun tanggapan dan persepsi atas kebijakan mutasi yang terjadi. Di dalam info kepegawaian, selain terdapat data kenaikan pangkat dan data kenaikan gaji berkala juga ditambahkan jadwal WFO dan WFH, jadwal Petugas APT, Catatan Hukuman Disiplin Pegawai, dan lain sebagainya.

 

Untuk giliran yang kedua, Andi Hakim Ahmad pelaksana Subbagian Umum memaparkan monev hasil inovasi-nya, yaitu terkait layanan gerak cepat Subbagian Umum melalui Quick Respon. Layanan Quick Respon merupakan layanan pengaduan yang digunakan oleh pengguna layanan Subbabgian Umum KPKNL Pamekasan. Pengguna layanan Quick Respon dapat mengisikan pengaduan atau keluhannya melalui formulir yang telah disediakan di bit.ly/LayananQuickRespon. Pengisian formulir tersebut bertujuan untuk mengetahui secara langsung nama pengguna layanan dan jenis layanan yang dikeluhkan, agar dapat ditindaklanjuti dengan segera oleh Subbagian Umum. Adapun jenis keluhan yang dapat disampaikan dalam layanan ini, antara lain adalah layanan keuangan, layanan kepegawaian, dan layanan tata usaha dan rumah tangga, sedangkan manfaatnya adalah untuk mempercepat pemenuhan dan kepastian atas keluhan dari pengguna layanan Subbagian Umum, sebagai alat monitoring dari Kepala Kantor dan Kepala Subbagian Umum dalam hal pemenuhan keluhan layanan Subbagian Umum, dan dengan mengisi formulir ini mempunyai kelebihan dapat disampaikan di mana saja dan kapan saja serta disertai dokumentasi obyek yang dikeluhkan serta penanganannya.

 

Berbeda dengan inovasi CanTing dan Quick Respon, terakhir Yohanova Adi Prasetyo memaparkan monev hasil inovasi LINK (Layanan Informasi KPKNL) Pamekasan yang diperuntukan guna memenuhi kebutuhan stakeholder eksternal. LINK Pamekasan terdiri dari LINK WhatsApp dan LINK Google Drive. LINK WhatsApp merupakan layanan yang diberikan guna memenuhi kebutuhan stakeholder dalam rangka mendapatkan layanan informasi Pengelolaan Kekayaan Negara, Penilaian, Pengurusan Piutang Negara, dan layanan Lelang tanpa tatap muka. Adapun manfaat dari LINK WhatsApp adalah memberikan kemudahan bagi stakeholder dalam memperoleh layanan informasi KPKNL Pamekasan tanpa harus datang ke kantor, namun cukup berinteraksi melalui aplikasi WhatsApp di Nomor 0823-3200-3838 dan akan ditanggapi secara cepat oleh operator/petugas APT (Area Pelayanan Terpadu) KPKNL Pamekasan setiap saat di jam kerja. Di masa pandemi Corona Virus Desease 2019 (Covid-19) sekarang ini, LINK WhatsApp cukup membantu dalam pencegahan penyebaran wabah Covid-19. Sedangkan LINK Google Drive merupakan layanan yang diberikan guna memenuhi kebutuhan stakeholder dalam rangka mendapatkan file/data yang dibutuhkan terkait Pengelolaan Kekayaan Negara, Penilaian, Pengurusan Piutang Negara, dan Lelang secara daring. Adapun manfaat dari LINK Google Drive adalah memberikan kemudahan bagi stakeholder dalam mendapatkan file/data yang dibutuhkan dari KPKNL Pamekasan tanpa harus datang ke kantor, namun cukup mengunduh sendiri secara daring melalui alamat bit.ly/Publik_KPKNL_Pamekasan.

 

Sesuai motto KPKNL Pamekasan SIAP ALAKOH, yang artinya kami siap bekerja secara profesional dengan memanfaatkan kemajuan teknologi di era digital, sehingga dapat meningkatkan kualitas pelayanan kepada para pengguna layanan dengan tetap menjaga nilai integritas.

 


(HI KPKNL Pamekasan)
Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini