Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Menuju Digitalisasi, KPKNL Pamekasan Adakan Sosialisasi Permohonan Lelang Online
Wone Shubhanayati
Jum'at, 15 November 2019   |   227 kali

Dalam rangka menyemarakkan Pekan Kekayaan Negara HUT Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Ke-13, Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Pamekasan mengadakan Sosialisasi Permohonan Lelang Secara Online, Kamis (14/11). Acara yang diselenggarakn di ruang rapat KPKNL Pamekasan dengan dihadiri oleh 15 Pengguna Jasa lelang perbankan wilayah Madura, seperti Bank BRI Cabang wilayah Madura (Bangkalan, Sampang, Pamekasan, & Sumenep), Bank BTN Cabang Pamekasan, Bank BNI Cabang Pamekasan, Bank Mandiri Cabang Pamekasan, BPD seluruh Cabang wilayah Madura dan BPRS Bhakti Sumekar.

Acara sosialisasi dimulai pukul 09.30 WIB ini, diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan kemudian dibuka oleh Kepala KPKNL Pamekasan, Harmaji. Dalam sambutannya, Harmaji menyampaikan bahwa saat ini Kementerian Keuangan khususnya DJKN sedang bergerak ke arah digitalisasi, yang dalam hal ini DJKN membuat inovasi lelang internet e-auction yang dapat diakses melalui portal www.lelang.go.id, kemudian untuk melengkapinya dengan permohonan lelang secara online yang diharapkan dapat memudahkan masyarakat dalam proses bisnis lelang. Dengan aplikasi ini, proses bisnis lelang akan semakin efisien dan efektif. Pemohon lelang dapat memantau permohonannya yang diiproses KPKNL serta data digital yang dikirimkan akan tersimpan secara aman. Harmaji juga menjelaskan kesiapan KPKNL dalam memberikan pelayanan kepada Pengguna Jasa dengan mengedepankan nilai-nilai Kemenkeu khususnya Integritas.

Kemudian acara dilanjutkan dengan sosialisasi modul permohonan lelang online yang disampaikan oleh Kepala Seksi Pelayanan Lelang, I Komang Ekadiana. Komang menyampaikan bahwa modul ini merupakan implementasi TIK dalam penyediaan fasilitas layanan data dan informasi bagi seluruh Pengguna Jasa lelang. Modul yang dapat di akses langsung pada Portal Lelang Indonesia ini juga memfasilitasi pemohon lelang dalam mengajukan permohonan lelang secara digital dan dapat memantau tahap penyelesaian permohonannya sebelum dokumen fisik dikirim ke KPKNL.

Setelah materi disampaikan, Mariono sebagai salah satu Pejabat Lelang KPKNL Pamekasan memberikan simulasi tentang tata cara pengajuan permohonan lelang online dan menawarkan salah seorang peserta untuk langsung mempratikkan proses tersebut, yang tentunya juga dapat dipraktikkan oleh peserta lain melalui smartphone masing-masing. Para peserta tidak hanya mempraktikkan langsung, tetapi juga diperkenankan untuk bertanya seputar cara pengajuan permohonan lelang.

Antusiasme peserta sangat tinggi, banyak peserta yang bertanya terkait hal tersebut, selain pertanyaan terkait modul permohonan lelang online, beberapa peserta juga dengan antusias bertanya terkait permasalahan lelang yang terjadi pada pengguna jasa lelang masing-masing. Seperti halnya perwakilan BPD Jawa Timur Kabupaten Sampang yang bertanya tentang lelang eksekusi hak tanggungan dan kemudian dijawab oleh I Komang terkait proses bisnis pelaksanaan lelang eksekusi hak tanggungan.

Di akhir acara Harmaji berpesan kepada para peserta untuk terus menjalin sinergi dan kerja sama yang harmonis, guna meningkatkan produktivitas lelang laku di wilayah Pulau Madura, baik itu jenis lelang eksekusi hak tanggungan yang erat kaitannya dengan perbankan maupun lelang sukarela yang permohonannya dapat diajukan oleh semua lapisan masyarakat. (Teks & Foto: Wone)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini