Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Palu > Berita
Team Adalah Kita Bukan Saya
N/a
Jum'at, 03 Oktober 2014   |   1322 kali

Palu - “Selamat Pagi! Kehangatan sinar matahari pagi di Kota Palu apakah sesuai dengan kondisi hati anda yang membuat pagi ini lebih bersemangat“, sapa Sampurna Budi Utama Widyaswara Pusdiklat Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM) BPPK yang akrab di sapa “SBU”. Budi menyampaikan hal ini saat mengawali salam pembukaan kegiatan In House Training (IHT), Selasa (30/09/2014) di Aula KPKNL Palu. Seluruh Pegawai KPKNL Palu mengikuti acara ini dengan antusias dan semangat dalam suasana yang penuh kegembiraan namun tetap serius. Sampurna Budi Utama dalam pemaparan pertama menjelaskan mengenai pentingnya kompetensi bagi pegawai KPKNL Palu dalam memberikan pelayanan terbaik kepada stakeholders

Kompetensi adalah kumpulan pengetahuan, ketrampilan dan perilaku yang harus ada dan diperlukan dalam suatu posisi agar tugas-tugas dapat berhasil dilaksanakan. Kompetensi luar meliputi Skills (what I can do) dan Knowledge (What I know) yaitu pengetahuan dan ketrampilan yang relatif dapat dikembangkan sehingga dapat teramati. Kompetensi dalam meliputi Value (What do I think is important?), Self Image (How do I see myself), My Traits (What are my habits), My Motives (What energises me?) adalah lebih sulit diukur dan dikembangkan karena cenderung tersembunyi dan menetap. Untuk mendapatkan kompetensi dalam para pegawai KPKNL Palu diharapkan dapat memotivasi diri dan menggali potensi-potensi terbaik yang dimilikinya dengan belajar dan berlatih secara continyu sehingga  muncul soft skill yang kompeten dari masing-masing individu.    

Soft skill adalah salah satu faktor yang memberi kontribusi keberhasilan dan kesuksesan dalam dunia kerja yang harus dimiliki oleh masing-masing pegawai. KPKNL Palu adalah sebuah Team yang memerlukan soft skill yang handal dari para pegawainya dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada stakeholders. “It is Team How to Work” menurut Budi terdapat elemen kunci yang harus dikembangkan oleh KPKNL Palu untuk menjadi sebuah Team yang handal. Elemen tersebut adalah semangat tim, saling percaya, kedekatan dan komunikasi dan yang paling penting adalah hilangkan sifat egois yang mementingkan pribadi atau saya sendiri. Kunci kesuksesan dan keberhasilan Team adalah Kita bukan Saya.

Acara berlangsung meriah dan penuh keakraban juga diisi dengan game yang penuh dengan muatan nilai-nilai kebersamaan sebagai sebuah Team serta mengajak para pegawai untuk fun melupakan sejenak rutinitas pekerjaan kantor.

Dalam sesi selanjutnya disampaikan oleh Raden Ahmad Imam A dari bagian pengembangan SDM Sekretariat DJKN mengenai CHANGE, DJKN sebagai sebuah organisasi yang dinamis selalu berubah dan kita harus siap untuk menghadapi perubahan, karena yang tidak berubah adalah perubahan itu sendiri. Imam juga memaparkan mengenai ketentuan UU ASN, implementasi e-performance, updating data pegawai dalam SIMPEG dan penjelasan mengenai pola mutasi dengan dialog interaktif.

Di akhir acara Kepala KPKNL Palu Ahsanul Marom menyampaikan ucapan terimakasih kepada Kantor Pusat DJKN dan PPSDM BPPK atas terselenggaranya acara IHT. Ahsanul mengharapkan kegiatan ini dapat memberikan pengetahuan dan ketrampilan bagi seluruh pegawai  dan KPKNL Palu menjadi sebuah satu tim yang solid dalam bekerja yang melayani dengan “HATI” Handal, Akuntabel, Tulus, dan Informatif.
(Danang Ariwibowo/HI KPKNL Palu)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini