Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Palu > Berita
Tim Kedai Lelang KPKNL Palu Tahun 2022 Maju Sebagai Delegasi Short Course UI/UX Designer Malaysia 2023
Angger Dewantara
Rabu, 02 Agustus 2023   |   42 kali

Malaysia (26/07/2023), Sebanyak 4 Delegasi terdiri dari Tegar, Angger, Ashari, dan Daffa yang seluruhnya merupakan pegawai KPKNL Palu, menjadi delegasi peserta short cource User Interfce/User Experience (UI/UX) di Malaysia. Keempat pegawai KPKNL Palu menjadi yang menjadi delegasi merupakan anggota dari Tim Kedai Lelang KPKNL Palu tahun 2022. Selain keempat delegasi diatas, hadir juga delegasi dari Tim KOIN Mas DJKN, dan dan juga beberapa pegawai dari kantor pusat DJKN.

Rustanto, Kepala Bagian Kepegawaian DJKN menyampaikan dalam sambutannya, “Shortcourse ini merupakan bentuk keinginan DJKN untuk terus menghidupkan inovasi, yang selalu menjadi kunci kemajuan DJKN. UI/UX ini merupakan salah satu concern penting kami untuk meningkatkan pengalaman user atau pengguna dalam mengakses layanan DJKN khususnya dalam bentuk digital di beberapa laman resmi milik DJKN seperti Lelang.go.id, laman DJKN, dan lain lain.”

Materi UI/UX yang dibawakan oleh Ir. Bengris Pasaribu MM., yang merupakan UX Master International Certified Design for the 21st century with Don Norman from Interaction Design Foundation Denmark. Pada kesempatan tersebut Bengris menekankan, bahwa “UX yang kita bayangkan saat ini tidak hanya berbasis digital experience, namun Segalanya, pengalaman Anda tentang kehidupan, pengalaman Anda tentang sebuah layanan, dan pengalaman terhadap segala sesuatu dari sebuah sistem.”

Bengris juga menyampaikan bahwa UX yang baik, pada dasarnya adalah UX yang berguna bagi penggunanya. Di mana istilah berguna didukung dari beberapa poin penting seperti fitur, konten yang ada, efisiensi, mudah dipelajari, mudah diingat, hingga kepuasan pengguna layanan. “Era industry 4.0 memungkinkan kita membuat paradigma di mana terjadi pergeseran interaksi antara manusia dan teknologi, yaitu mesin akan beradaptasi dengan manusia, bukan sebaliknya.”

Pelatihan juga diisi dengan case study, yaitu praktik evaluasi UI/UX yang diterapkan pada laman yang dimiliki DJKN. Peserta diminta untuk mengidentifikasi kekurangan serta masukan perbaikan terhadap temuannya berdasarkan prinsip-prinsip interaksi desain. Peserta juga diminta menambahkan inovasi UX yang dapat ditambahkan kepada laman DJKN tersebut.

Ashari, salah satu delegasi menyampaikan, “Pelatihan ini sangat menarik bagi saya, selain karena isi materi merupakan hal yang baru, banyak juga prinsip-prinsip desain bagi pengguna layanan yang tidak berbasis digital dapat diterapkan minimal di lingkungan kerja terdekat, dalam hal ini KPKNL Palu.” Dirinya juga mengungkapkan bahwa pelatihan ini  me-recall perspektif bahwa layanan apapun, sekecil dan semudah apapun khususnya oleh pemerintah, harus berorientasi pada kepuasan masyarakat. (Tulisan dan Gambar oleh : Angger Dewantara)

Foto Terkait Berita
Kontak
Jl. Prof. Moh. Yamin No. 55, Tatura Utara, Kecamatan Palu Utara, Kota Palu, Provinsi Sulawesi Tengah
(0451) 8202737
-
kpknlpalu@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini