Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Palu > Berita
Fokus Produk Unggulan, Parigi Moutong Gelar Festival Durian Internasional Tahun 2023
Angger Dewantara
Jum'at, 07 Juli 2023   |   1083 kali

Puluhan UMKM Durian berkumpul di Pantai Mosing, Siney, Parigi Moutong dalam Festival Durian Internasional Tahun 2023 pada 4-6 Juli 2023.

Provinsi Sulawesi Tengah menjadi salah satu daerah sebagai penghasil durian terbaik di Indonesia. Beragam varietas durian mulai dari Durian Montong, Durian Tembaga, Durian Duri Hitam, Durian Matahari, serta beragam jenis durian lokal di Provinsi Sulawesi Tengah berlimpah dan diperdagangkan bahkan hingga ke tingkat mancanegara. Keunggulan inilah yang diusung oleh Festival Durian Internasional Tahun 2023 di Parigi Moutong, yang digarap oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Parigi Moutong.

“Sebagaimana pesan Presiden Joko Widodo, Festival ini mempresentasikan fokus kami pada produk unggulan daerah.. Untuk itu, Festival Durian ini kami adakan untuk meningkatkan kesejahteraan petani Parigi Moutong” ucap Samsulrizal Tombolotutu selaku Bupati Parigi Moutong.

Samsulrizal juga berharap bahwa hasil pertanian durian Parigi Moutong bisa memperkuat kontribusi pada Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) dan menjadikan Parigi Moutong sebagai tujuan agro wisata, khususnya wisata bahari.

Gelaran festival ini diketuai oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Parigi Moutong, Drs. Hj. Noor Wachida. “Sektor pertanian durian di Parigi Moutong juga harus terus didukung oleh para ibu-ibu untuk mengolah bahan baku durian menjadi beragam produk” jelas Noor Wachida.

Selaras dengan semangat itu, pada festival tersebut, masing-masing perwakilan kecamatan di Parigi Moutong unjuk kebolehan melalui booth dengan menunjukkan beragam produk olahan dan juga kreasi tumpeng buah yang digelar pada parade buah saat puncak acara di Kamis (6/7/2023).

“Kita perlu memiliki strategi pengembangan untuk mengoptimalkan potensi Durian dari Provinsi Sulawesi Tengah, khususnya daerah Parigi Moutong ini. Saya mengapresiasi sesi bussiness matching di hari pertama festival yang mempertemukan para petani dan calon investor untuk membuat durian parigi semakin dikenal di dunia internasional” tutur Prihasto Setyanto, Direktur Jenderal Hortikultura, Kementerian Pertanian yang juga turut hadir pada kesempatan tersebut memberikan sambutan.

Selain itu, Prihasto Setyanto juga turut mengukuhkan sebagai perwakilan dari Menteri Pertanian untuk menjadikan Kabupaten Parigi Moutong sebagai Kabupaten Durian.

Tim Kedai Lelang KPKNL Palu juga turut hadir pada festival yang menyediakan hingga 1.000 Kg durian gratis yang dibagikan pengunjung. Tim Kedai Lelang memperkenalkan mekanisme lelang sebagai salah satu metode penjualan alternatif bagi para pelaku UMKM Durian.

“Durian menjadi produk UMKM dengan angka penjualan tertinggi pada Lelang Sukarela UMKM Tahun 2022. Hal ini menunjukkan bahwa keunggulan durian sebagai wajah Provinsi Sulawesi Tengah, tak terelakkan” papar Tegar O.Z., Ketua Tim Kedai Lelang KPKNL Palu pada Tahun 2022.

Genderang alat musik tradisional yang ditabuh sebagai puncak penyelenggaraan acara, memecah keriuhan para pengunjung dan memancing animo masyarakat untuk menikmati ribuan durian gratis di akhir acara. Seluruh pengunjung tumpah ruah di depan panggung untuk menikmati lezatnya beragam durian hasil pertanian Kabupaten Parigi Moutong. (Teks dan Foto oleh : Tim Seksi Hukum dan Informasi KPKNL Palu).

Foto Terkait Berita
Kontak
Jl. Prof. Moh. Yamin No. 55, Tatura Utara, Kecamatan Palu Utara, Kota Palu, Provinsi Sulawesi Tengah
(0451) 8202737
-
kpknlpalu@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini