Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Palu > Berita
Bentuk Transparansi sekaligus Pendapatan Daerah, Lelang BMD Kab. Banggai Laku 1,15 Miliar.
Angger Dewantara
Rabu, 18 Mei 2022   |   169 kali

 

Luwuk, Banggai, Kamis (19/5/2022) - Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Palu melaksanakan kegiatan sosialisasi sekaligus pelaksanaan lelang Barang Milik Daerah (BMD) Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Banggai. Kegiatan sosialisasi dilaksanakan di aula kantor Bupati Kab. Banggai dan pelaksanaan lelang keesokan harinya (20/5/2022) dilangsungkan pada Ruang Rapat Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Pemda Banggai.

Kegiatan sosialisasi dihadiri Wakil Bupati Kabupaten Banggai, Furqanuddin M., Kepala BPKAD, Mohammad Rudi Sangadji dan juga masyarakat umum.

“Saya sangat senang dan berterimakasih Tim KPKNL telah hadir di Luwuk, dan juga telah berkenan untuk sinergi yang kita laksanakan untuk melelang BMD yang dipindahtangankan. Hal ini merupakan rangkaian niatan pemerintah kabupaten Banggai untuk memberikan transparansi dan tindak lanjut kami terhadap BMD dengan kondisi yang sudah tidak ekonomis dari segi biaya perawatan dibandingkan biaya pengadaan BMD yang baru.” kata Furqanuddin dalam sambutannya.

Furqanuddin juga menekankan bahwa masih banyak Aparatur Sipil Negara (ASN) yang masih memiliki pemahaman lama untuk memiliki kendaraan dinas dengan cara dem.

“Perlu diketahui, bahwa penjualan BMD melalui lelang merupakan bentuk ketaatan hukum dan transparansi pemerintah daerah dalam mengelola aset daerah. Meski begitu, kita tetap memberikan perhatian terhadap pihak-pihak yang masih memiliki pemahaman yang usang terkait mekanisme penjualan BMD yang dilaksanakan pada kesempatan ini.” terangnya.

KPKNL Palu diwakili oleh tim seksi lelang yaitu Ardat, Banjar (pejabat fungsional pelelang), Umi dan Tegar hadir memberikan sosialisasi terkait lelang dan juga sedikit penjelasan mengenai layanan yang diberikan KPKNL Palu kepada masyarakat.

“Objek lelang BMD didominasi oleh BMD yang masih dipegang oleh ASN atau pihak tertentu. Itu merupakan priviledge tersendiri bagi pemegang objek lelang sebab mengetahui riwayat hingga kondisi terkini barang, namun untuk memiliki secara utuh dan legal saya mengarahkan untuk melakukan penawaran setinggi mungkin sesuai kemampuan masing-masing.” kata Banjar.

Lelang BMD tersebut terdiri atas 2 Lot dengan total barang/item mencapai 113 barang. Hasil pelaksanaan lelang 104 barang laku dengan pokok lelang mencapai Rp1,15 miliar rupiah dengan kenaikan dari nilai limit barang yang laku sekitar 164 persen.

Kepala BPKAD, Mohammad Rudi Sangadji memberikan apresiasi atas pelaksanaan lelang yang telah dilakukan KPKNL Palu.

“Kami berterimakasih atas kerjasama pelayanan yang diberikan KPKNL Palu dari mulai penilaian hingga proses lelang kali ini. Sebagai mitra kerja, kami berharap sinergi selalu dapat kami jaga.” kata Rudi. 

Rudi juga menyinggung rencana pemanfaatan BMD berupa tanah untuk instalasi tower jaringan seluler, dan melibatkan penilai KPKNL Palu untuk melakukan penilaian besaran nilai pemanfaatan objek tersebut.

Penulis : Tim Seksi Hukum dan Informasi KPKNL Palu


Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini